Permintaan Tinggi, Konsumsi Plastik di Proyksikan Tumbuh 5,2% Sepanjang Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 12:07 WIB

Industri Plastik
Industri Plastik

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) menyatakan, akibat tingginya permintaan di pasar nasional, konsumsi plastik diproyeksikan tumbuh 5,2% sepanjang tahun ini.

"Pemulihan konsumsi pada kuartal terakhir tahun ini mengkompensasi permintaan yang menurun setelah Hari Raya Idul Fitri. Permintaan atas resin plastik meningkat tajam pada kuartal IV tahun ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Inaplas, Fajar Budiyono di Jakarta, Selasa (27/12).

Menurut Fajar, Permintaan plastik pulih pada akhir tahun setelah terpukul pada kuartal III tahun ini akibat kelesuan konsumsi makanan dan minuman olahan setelah Lebaran.

"Kami memperkirakan pendorong pertumbuhan konsumsi plastik adalah gelontoran belanja pemerintah menjelang akhir tahun. Konsumsi plastik juga terbantu oleh memudarnya wacana kebijakan cukai plastik dan penghentian kebijakan kantong plastik berbayar," ujarnya.

Fajar menilai, kenaikan konsumsi pada kuartal terakhir akan mendorong konsumsi plastik sepanjang tahun ini sekitar 4,8 juta ton atau tumbuh 5,2% dibandingkan dengan konsumsi tahun lalu sekitar 4,5 juta ton.

"Apabila kondisinya semakin bagus seperti saat ini, tahun depan konsumsi plastik bisa tumbuh 5,4%. Tergantung pertumbuhan industri makanan dan minuman," kata Fajar.

Industri makanan dan minuman konsumen terbesar plastik lewat permintaan atas kemasan. Penjualan kepada industri makanan dan minuman menyumbangkan sekitar 68% dari total omzet industri kemasan pada tahun lalu.

Mayoritas kemasan yang digunakan oleh industri di Indonesia adalah kemasan plastik. Porsi material plastik fleksibel mencapai 42% dari total bahan baku yang digunakan oleh industri kemasan, diikuti oleh kemasan kardus sebanyak 28%, dan kemasan plastik solid sebanyak 14%. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto (kedua dari kanan)

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:02 WIB

Startup Portfolio Telkom Listing di Australia Stock Exchange

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadiri acara pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) Whispir di Australian Securities Exchange (ASX) dengan kode…

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…