Bos Jababeka Lirik Potensi Wisata Ende Flores

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 29 Agustus 2017 - 18:38 WIB

Foto: Ketua Yayasan Universitas Flores, Lori Gadi Djou - Pendiri dan Chairman PT Jababeka, S.D Darmono - Wakil Bupati Ende Djafar Achmad - Rektor Universitas Flores, Stefanus - Akademisi, Komaruddin Hidayat (Dok: TPP)
Foto: Ketua Yayasan Universitas Flores, Lori Gadi Djou - Pendiri dan Chairman PT Jababeka, S.D Darmono - Wakil Bupati Ende Djafar Achmad - Rektor Universitas Flores, Stefanus - Akademisi, Komaruddin Hidayat (Dok: TPP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Chairman PT Jababeka Tbk S.D Darmono menyatakan niatnya untuk membangun kota baru di Ende, Flores. Pembangunan kota tersebut diawali dari peningkatan industri pariwisatanya disana. Hal itu diutarakannya dalam peluncuran bukunya “Building A Ship While Sailing” di Universitas Flores, Ende, Flores, Jumat (25/8).

“Kementerian Pendidikan harus mewajibkan anak SMA untuk kesini dan dimasukan ke kurikulum. Anggap satu juta anak datang kemari setiap tahun, maka pesawat bisa lebih banyak dan lebih murah sehingga lebih banyak wisatawan datang ke Ende,” ujarnya.

Darmono juga menjelaskan daya saing daerah bisa ditingkatkan apabila peraturan daerah disini lebih menarik daripada pulau Jawa.

“Misalkan di Jakarta sangat sulit membuat pabrik alkohol, tapi kalau disini memungkinkan, maka Ende bisa ekspor alkohol tersebut ke Jepang, Korea dan Eropa, bukan untuk konsumsi dalam negeri. Ini hanya satu contoh kalau daya saing bisa ditingkatkan melalui regulasi,” ungkapnya

Pada hari peluncuran bukunya, di depan lebih dari 200 orang yang terdiri dari mahasiswa Universitas Flores, pengusaha dan SKPD, Darmono pun menyampaikan betapa potensialnya Ende dan Flores secara keseluruhan. Tidak lupa menyampaikan pentingnya modal Ende yang sudah ada yaitu kota lahirnya Pancasila.

Darmono juga mengingatkan bahwa dahulu kita berani melawan penjajah hanya bermodalkan bambu runcing dengan tanpa modal dan sedikit orang pandai, namun sekarang makin banyak modal dan orang pandai kok justru takut untuk bergerak.

“Karena itulah buku ini hadir, bagaimana kita bisa terus membangun kapal sambil berlayar. Karena tantangan akan terus hadir tapi kita masih harus mensejahterakan banyak saudara-saudara kita melalui pembangunan kota-kota baru di Indonesia,” ujarnya.

Banyak hadirin yang merasa judulnya tidak mungkin dikerjakan, yaitu sambil membangun kapal tapi juga berlayar.

 Darmono lalu menjelaskan, “Justru kita bersama-sama dengan sampan kecil mengawal kapal besar yang sedang dibangun tersebut, ditengah jalan kita akan bertemu dengan kapal lainnya dan kita bisa meminta bantuannya untuk turut membangun kapal besar tersebut.” Papar Darmono

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU oleh Darmono selaku pendiri PT Jababeka dan President University dengan Rektor Universitas Flores dan Pemerintah Kabupaten Ende yang diwakili oleh Wakil Bupati Djaar Achmad. Diakhiri dengan penandatanganan buku oleh Darmono dan Komaruddin Hidayat.

 

 

(TPP)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…