PT KAI Bangun Jalur Penghubung KA Cepat Jakarta-Bandung

Oleh : Ridwan | Rabu, 16 Agustus 2017 - 09:19 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan
Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Kereta Api Indonesia akan membangun jalur kereta api dari stasiun terakhir Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, yaitu Stasiun Tegalluar untuk menghubungkan ke pusat kota Bandung.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro peninjauan satu rangkaian kereta bandara di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8/2017)  mengatakan jalur dari Cimekar ke Bandung sudah tersedia, jadi tinggal menghubungkan dari Tegalluar ke Cimekar.

"Kami sudah kirim surat ke gubernur, ini kita tunggu dan itu sudah disampaikan kepada gubernur," katanya.

Edi menambahkan lokasi sudah ditetapkan, total jarak dari Tegalluar ke Cimekar, yaitu dua hingga tiga kilometer.

Dia menjelaskan nilai investasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek tersebut, yaitu Rp150 miliar per kilometer.

Namun, dia mengatakan terdapat alternatif, yaitu kereta "light rail transit" (LRT) sesuai dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Edi menjelaskan apabila dibuat menjadi LRT akan dilanjutkan hingga pusat kota Bandung, ke Paris van Java-Insitut Teknologi Bandung- Universitas Padjajaran-Dukomesel.

"Direncanakan menjadi loop. Ini bayangan kita nanti didetilkan, jadi masuk kota bandung, itu langsung masuk ke PVJ (paris van java mall), menyebrang lari ke ITB, ITB ke Unpad, lalu Dukomsel, turun terus bablas balik lagi," katanya.

Namun, saat ini Edi mengatakan masih dikaji terkait dua alternatif tersebut.

"Tapi kalau ini direncanakannya LRT, arahan dari bu menteri kan ini LRT,v itu pasti listrik dan itu kita lihat supaya nanti efisien, kalau (bukan LRT) lahannya sawah tidak usah pakai 'elevated' (bertingkat), pakai urugan atau bahasa kerennya 'embankment'. Jadi diurug saja supaya dia lebih atas," katanya kepada awak media.

Pembangunan konstruksi KA Cepat Jakarta Bandung telah dimulai pada 7 Juli lalu di mana peletakan batu pertama telah dilakukan di Walini, Jawa Barat.

Pembangunan proyek transportasi massal sepanjanv 142 kilometer (km) diperkirakan memakan waktu tiga tahun, sehingga operasi pertama ditargetkan pada 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…

Press conference di Gedung Perpustakaan Nasional terkait Rakornas dan HUT ke-44 Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:21 WIB

Rayakan HUT Ke-44 Perpusnas, Ini Rangkaian Acara Yang Dilaksanakan Tanggal 7-31 Mei 2024

Rayakan HUT ke-44, Perpusnas menggelar sebanyak 27 rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai 7-31 Mei 2024.

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.