Inisiatif Kerja Bersama Mendukung Perkembangan Startup dan Talent Digital

Oleh : Irvan AF | Senin, 14 Agustus 2017 - 00:05 WIB

Indonesia Kerja Bersama. Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DIGICOOP) dengan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), tahu
Indonesia Kerja Bersama. Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DIGICOOP) dengan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), tahu

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menjelang HUT RI Ke-72 tanggal 17 Agustus 2017, dimana pemerintah telah menetapkan slogan “Indonesia Kerja Bersama”. Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DIGICOOP) dengan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), tahun ini menggelar event kompetisi Startup Grand Prix road to Liga Digital Indonesia.

Startup Grand Prix rencananya akan diselenggarakan di 8 wilayah yaitu Jabodetabek & Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sumatera Utara. Format kompetisi yang diselenggarakan adalah apps beauty contest (pirching) dan thematic Hackathon.

Acara ini mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), karena format dimana para talent digital akan diberikan tantangan menyelesaikan masalah-masalah di berbagai sektor unggulan.

Sebagai contoh yang diadakan di wilayah Jabodetabek & Banten, peserta diberikan tantangan hackathon bertema Bandara Soekarno Hatta yang diberikan PT. Angkasa Pura 2 (Persero). Dirjen APTIKA Kemkominfo Semuel A. Pangerapan dalam pembukaan Keynote Speech yang berjudul “Indonesia Kerja Bersama Mendukung Perkembangan Startup dan Talent Digital” menyampaikan penyelenggaraan Hackathon bertema Bandara ini sejalan dengan semangat Kerja Bersama untuk mendorong digitalisasi seluruh sektor unggulan, mengingat Transportasi adalah sektor prioritas dalam program Nawacita pemerintah.

Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan “Startup Grand Prix merupakan event untuk mengajak para pemilik Apps untuk bergabung dalam Liga Digital Indonesia yang telah diselenggarakan APJII selama 2 tahun terakhir”. “Sosialisasi Liga akan dilaksanakan di setiap wilayah penyelenggaraan Startup Grand Prix dengan dukungan para pengurus wilayah APJII”, lanjut Jamalul Izza.

Ketua Umum MASTEL berharap Startup yang tengah merintis dapat terus memvalidasi produknya ke market dan melakukan monetisasi secara cepat. “Startup Grand Prix dimaksudkan agar para Startup termotivasi untuk ngebut, seperti di balapan, disamping program ini juga beririsan dengan pilar local related content dalam Digital Inclusion yang dicanangkan MASTEL, APJII dan ATSI”.

Grand Prix Day, Penjurian Wilayah Jabodetabek & Banten

Jabodetabek dan Banten adalah wilayah yang pertama kali diselenggarakan Startup Grand Prix, dan berhasil menggaet PT. Angkasa Pura 2 (Persero) sebagai partner dalam proposition and challenge untuk kategori Hackathon yang diberi nama CGK Airport Code Race.

Rangkaian acara wilayah Jabodetabek dan Banten telah dimulai dari pembukaan pendaftaran pada tanggal 22 Juni 2017, pre Hackathon/Warming up Class pada tanggal 23 Juli 2017, tur eksklusif khusus peserta CGK Airport Code Race ke Bandara Internasional Soekarno Hatta pada tanggal 5 Agustus 2017, dan terakhir yang dilaksanakan pada hari ini (13/8) yang merupakan sesi Grand Prix Day (penjurian).
 
Berdasarkan pendaftaran ulang peserta pada Grand Prix Day wilayah Jabodetabek dan Banten, total peserta yang mengikuti penjurian pada hari ini (13/8) berjumlah 57 tim dimana setiap tim minimal beranggotakan 3 orang dan peserta anggota tim juga tidak dibatasi hanya untuk yang berprofesi pengembang aplikasi saja. Peserta mendapat kesempatan 8-10 menit untuk mempresentasikan karya timnya di hadapan Juri.

Terkait jumlah peserta yang mencapai 57 tim, Project Director Startup Grand Prix Arki Rifazka mengungkapkan kekagumannya atas antusiasme rekan-rekan yang mendaftar sebagai peserta di wilayah Jabodetabek dan Banten dan sekaligus berharap akan mendapatkan tanggapan yang tidak kalah banyaknya di 7 wilayah berikutnya. “Kami sangat kagum dengan antusiasme di wilayah Jabodetabek dan Banten”, ungkap Arki.

Sebagai informasi, pendaftaran Startup Grand Prix road to Liga Digital Indonesia sudah dibuka untuk wilayah di luar Jabodetabek dan Banten. Masyarakat dapat mengakses website startupgp.id untuk berpartisipasi sebagai peserta dan memilih wilayah penyelenggaraan yang ingin diikuti pada saat mendaftarkan timnya.

Pada Startup Grand Prix road to Liga Digital di wilayah Jabodetabek dan Banten, MASTEL, APJII dan Digicoop bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura 2 (Persero), PT. Telkom Indonesia, Indigo Creative Nation, Indotelko, recap.id dan teknopreneur. Dukungan dari pemerintahan berasal dari Kemkominfo, Galeri Indonesia WOW Kemenkop UKM dan BEKRAF RI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.