Silpa APBD Kendal Turun, Pengamat: Bupati Dico Pemimpin yang Berfikir Visioner dan Sustainbility

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 Mei 2024 - 18:06 WIB

Bupati Kendal Dico M Ganinduto
Bupati Kendal Dico M Ganinduto

INDUSTRY.co.id - Kendal - Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) APBD Kendal tahun 2023 mencapai Rp103 miliar. Jumlah tersebut dinilai mengalami penurunan sebesar 31,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahardiansah menilai bahwa penurunan Silpa tersebut merupakan suatu prestasi Bupati Kendal Dico Ganinduto yang patut diapresiasi kinerjanya.

"Iya itu bagus, sebagai prestasi lho, itu menunjukkan kinerja yang baik kan, penurunan Silpa-nya itu," kata Trubus kepada wartawan, Senin (20/5/2024). 

Dengan begitu, menurutnya selama kepemimpinan Dico, pembangun di Kabupaten Kendal telah berjalan dengan efektif dan memuaskan publik.

"Kemudian program-program kerja tepat sasaran, kemudian juga banyak layanan-layanan publik yang memuaskan," kata dia.

Selain itu, Trubus menyebut bahwa dengan adanya penurunan Silpa, sebagai salah satu upaya Dico untuk mempersiapkan kepemimpinan selanjutnya. 

"Iya kalau ada penurunan Silpa berarti ada upaya atau usaha untuk istilahnya mentransformasikan ke pemimpinan generasi berikutnya, ke pemimpin berikutnya," kata Trubus.

"Artinya ini kan sekarang incumbent ke pengganti yang berikutnya. Jadi ada keberlanjutan program," lanjutnya. 

Ia pun berharap bahwa dengan adanya penurunan Silpa di Kabupaten Kendal, program yang telah berjalan baik tetap berlanjut.

"Jadi nama kebijakannya incremental kalau yang baik-baik ya dilanjutkan terus dengan anggaran yang ada," katanya.

Dengan begitu, Dico pun dinilai sebagai sosok pemimpin yang berfikir visioner dan sustainbility dalam mempersiapkan kemajuan Kabupaten Kendal.

Kemudian, Trubus mengatakan bahwa kebijakan yang kurang baik juga harus dievaluasi dan diperbaiki lagi tata kelolanya demi memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. 

"Termasuk evaluasinya, pengawasannya, kemudian regulasinya diperbaiki semua," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Kendal Dico Ganinduto menyebut bahwa Silpa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kendal tahun 2023 sebesar Rp103 miliar.

Hal tersebut disampaikan dalam laporan nota keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kendal pada rapat paripurna Rabu 15 Mei 2024.

Angka tersebut diklaim mengalami penurunan sebesar 31,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Silpa tersebut yaitu terdiri dari sisa kas dan bank di bendahara umum daerah sebesar Rp93 miliar.

Lalu, sisa kas di bendahara penerimaan Rp49 juta, kas di BLUD RSUD Soewondo Kendal sebesar Rp3,1 miliar, kas BLUD Puskesmas Rp4,7 miliar, kas bendahara BOS Rp3,9 juta, dan kas lainnya sebesar Rp1,9 miliar.

"Itu Silpa terikat. Kalau Silpa yang tidak terikat itu di angka Rp 10 miliar. Dan belum pernah Silpa di Kendal sekecil itu," kata Dico.

Lebih lanjut, Dico juga mengklaim bahwa di era kepemimpinannya Silpa APBD Kendal terus mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya.

"Memang ada yang harus disisihkan di sana (BLUD). Gak boleh diotak-atik. Kalau bicara penyelenggaraan pemerintahan di 2023 ini sangat-sangat efektif dan maksimal," ujarnya.

Dico memprediksi bahwa pada pertengahan 2023 akan terjadi defisit anggaran. Tetapi, bisa segera diantisipasi dengan efisiensi sesuai dengan prioritas.

Sehingga, Dico menyebut bahwa anggaran yang ada di pemerintah hingga akhir tahun 2023 bisa terpelihara dan terserap maksimal.

"Itu membuat anggaran di 2024 ini jadi aman. Insyaallah pemerintahan berjalan efektif," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…