Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

SPKLU
SPKLU

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti mendorong penggunaan energi listrik tenaga surya, serta mendorong penggunaan kendaraan listrik bagi masyarakat.

Upaya tersebut dinilai cukup berhasil yang dinilai dari popularnya penggunaan pembangkit Listrik tenaga surya pada bangunan perkantoran, industri, hingga digunakan pada bangunan rumah tangga. Disisi lain juga terlihat peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Masyarakat. Pada tahun 2023, tercatat jumlah motor dan mobil listrik meningkat sebanyak 190% dari tahun sebelumnya.

Tidak hanya terjadi perubahan tren di masyarakat, namun industri manufaktur kendaraan listrik dan industri berbasis renewable energy juga kian banyak bertumbuh di Indonesia. Seperti salah satu contohnya, Indonesia berhasil memiliki pabrik solar sel dan solar panel pertama di tahun 2023 yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. 

Pabrik ini merupakan hasil kerjasama antara PLN serta perusahaan swasta asal Indonesia dan China dengan nama PT Trina Mas Agra Indonesia. Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi sebesar 1 GWp per tahunnya pada fase-1 masa operasionalnya.

Tak hanya industri panel surya, pembangunan industri energi terbarukan melalui sektor otomotif juga terus bertumbuh di Kendal. Di tahun yang sama, 2 pabrik komponen baterai listrik asal China juga melakukan pembangunan di Kawasan Industri Kendal. Di antaranya PT LBM Energi Baru Indonesia dengan produksi LFP Cathode Material dan PT Indonesia BTR New Energy Material dengan produksi Anode Material untuk baterai lithium kendaraan listrik.

Dengan terlaksananya pembangunan tiga pabrik berbasis industri renewable energy secara bersamaan di tahun yang sama di Kabupaten Kendal, menjadi sebuah fakta baru bahwa saat ini terjadi diversifikasi jenis industri manufaktur di Jawa Tengah. 

"Saat ini telah terjadi perubahan tren industri di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kendal. Di awal berdirinya KIK, mayoritas Industri yang ada adalah Tekstil, Garmen, FnB, dan juga Furniture. Namun dalam beberapa tahun ini terlihat perubahan jenis industri yang datang ke Kendal, sepert industri energi terbarukan, komponen otomotif, hingga industri pembuatan kendaraan bermotor," kata Stanley Ang selaku Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) dalam keterangan resmi, Senin (20/5/2024). 

Baru-baru ini, KIK juga kembali berhasil mendatangkan pabrik kendaraan Listrik pertama di Kabupaten Kendal. Tepatnya di tanggal 2 Mei 2024, secara resmi PT Sunra Asia Pacific Hitech melaksanakan ground breaking Pembangunan pabrik sepeda motor Listrik seluas 12,700 m2 dengan nilai investasi sebesar 120 juta USD. Nantinya pada tahap-1 pabrik Sunra Asia Pacific Hitech akan memproduksi sekitar 1 juta unit sepeda motor Listrik.

Perubahan tren jenis industri yang kian berkembang di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Kendal tentunya didorong oleh beberapa faktor. “Sebelumnya seperti industri otomotif ini banyak berkonsentrasi di wilayah barat dan juga timur Pulau Jawa. Akan tetapi berbagai faktor seperti pesatnya Pembangunan infrastruktur, kebijakan kemudahan investasi, dan potensi sumber daya manusia, menjadikan jawa Tengah lokasi investasi yang menarik dan juga kompetitif” ungkap Stanley Ang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…