Pertama di Dunia, Weichai Power Rilis Termal Mesin Diesel dengan Efisiensi Sebesar 53.09%

Oleh : Candra Mata | Selasa, 23 April 2024 - 11:31 WIB

Empat Kali Pecahkan Rekor Dunia Weichai Power Mengumumkan Efisiensi Termal Mesin Diesel Pertama di Dunia Sebesar 53.09%
Empat Kali Pecahkan Rekor Dunia Weichai Power Mengumumkan Efisiensi Termal Mesin Diesel Pertama di Dunia Sebesar 53.09%

INDUSTRY.co.id - Pembukaan konferensi mesin pembakaran internal dunia 2024 diadakan di Tianjing, Tiongkok pada tanggal 20 April 2024. Pada acara tersebut dengan hormat mengumumkan hasil teknologi terbaru pada industri ini - Mesin diesel pertama di dunia dengan efisiensi termal sebesar 53,09% yang dikembangkan oleh Weichai Power.

Laporan dan sertifikat pengujian produk diterbitkan secara masing-masing oleh TÜV Rheinland Jerman sebuah asosiasi inspeksi teknis otoritatif internasional dan China Automotive Technology and Research Center kepada Wechai Power. Hal tersebut menandakan bahwa indikator ekonomi kunci ini yang efisiensi termal mesin diesel sekali lagi memperbarui rekor dunia.  

Impian seumur hidup dari ahli teknologi industeri global adalah meningkatkan efisiensi termal sejak 127 tahun dengan adanya mesin diesel. Hal tersebut merupakan sebuah sistem proyek yang sangat kompleks dan juga sebagai simbol kekuatan komprehensif mesin pembakaran internal pada suatu negara. Efisiensi termal mesin diesel terus ditingkatkan menjadi masalah yang suli internasional dalam waktu yang lama.

Weichai Power mendirikan tim peneliti mesin efisiensi termal tinggi, tim ini terdiri dari ratusan doktor muda dan ribuan insinyur, dan bekerja sama dengan otak paling kuat dan mitra Produksi-Pendidikan-Penelitian dalam dan luar negeri untuk melakukan penelitian teknis dan terus berjuang untuk mencapai tantangan sejak tahun 2015. Wechai Power pertama kali mengumumkan mesin diesel yang efisiensi termal 50,23% pada tanggal 16 September 2020; Efisiensi termal ditingkatkan lagi menjadi 51,09% pada tanggal 8 Januari 2022; Ditingkatkan lagi menjadi 52,28% dengan tingkat pencapaian ke 3 kali dan memimpin peningkatan teknologi industri mesin pembakaran internal global pada tanggal 20 November 2022.

Dengan dasar tersebut, Tim peneliti ilmiah Weichai Power telah menghabiskan waktu lebih dari 500 hari untuk berfokus pada 4 sistem utama yaitu sistem pembakaran, udara, BBM dan gesekan, kemudian berhasil mengatasi 4 macam teknologi kunci, yaitu teknologi pembakaran ekspansi tinggi, penambahan tekanan campuran, teknologi injeksi BBM yang efisien dan pengurangan gesekan resistansi rendah. Teknologi ini berkembang dengan kesulitan dalam setiap akumulasi 0,1%, pencapaian pertama di dunia 53% setara dengan manusia yang berlari dalam lomba lari 100 meter dalam waktu 9 detik. Kami telah mendapatkan 176 paten penemuan resmi dan 68 paten model utilitas selama proses penelitian dan pengembangan.

Fan Huade, CEO TÜV Rheinland Jerman kawasan Asia Utara, menyampaikan ucapan selamat kepada Weichai Power melalui video, Beliau mengatakan melihat panggung global, hasil ini masih jauh di depan, ini tidak hanya cerminan kekuatan dari tim peneliti Weichai Power dan juga menunjukkan kekuatan teknologi mesin pembakaran internal Weichai Power pada industri ini, kami berharap hasil teknologi ini dapat menambah nilai pada tujuan karbon ganda dan perkembangan hijau di Tiongkok dan hal ini juga dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan hemat energi dan pengurangan emisi untuk industri global.

Dengan ini dilaporkan bahwa berdasarkan perhitungan persediaan mesin diesel saat ini di Tiongkok, tingkat ekonomi mesin diesel yang efisiensi termal 53% akan ditingkatkan kurang lebih 14% dibandingkan dengan tingkat efisiensi termal 45%-46%. Hal ini dapat menghemat BBM sekitar 31 juta ton dan mengurangi emisi karbon sebesar 97 juta ton pada setiap tahun. Setiap tahun dapat menghemat solar sekitar 12.000 liter dihitung dari truk traktor berat dapat menempuh 250.000 kilometer per tahun. Sekarang harga solar di pasar adalah 7,8 Yuan per liter, setahun dapat membantu pemilik kendaraan untuk menghemat 980.000 Yuan. Selain bidang transportasi, hasil teknologi ini juga akan diterapkan mesin rekayasa, peralatan pertanian, kapal, peralatan pembangkit listrik, dan bidang lainnya di masa depan, memberikan kontribusi baru bagi perkembangan ekonomi dan sosial dunia.

Tan Xugang sebagai Ketua Wakil Institut Mesin Pembakaran Internal Tiongkok, Kepala Laboratorium Kunci Nasional Sistem Mesin Pembakaran Internal dan Tenaga, dan Direktur Utama Weichai Power. Dia mengatakan bahwa Weichai Power telah empat kali berturut-turut memecahkan rekor efisiensi termal mesin diesel dunia. Hasil ini berkat kerjasama para insinyur Weichai Power selama hampir 4000 hari dan setiap malam untuk mengatasi masalah tersebut, dan memanfaatkan kerjasama terbuka dengan universitas dan lembaga penelitian terkemuka di seluruh dunia, memanfaatkan inovasi kolaboratif dengan industri global. Hasil pencapaian ini tidak hanya milik WEI CHAI juga milik industri global!

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…