Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe
Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November 2024 mendatang.

“Saat ini saya amati ada beberapa nama figur muda, termasuk dari kalangan figur senior potensial yang akan meniatkan diri maju di Pilkada Lembata November 2024. Munculnya sejumlah nama figur baik di internal partai politik maupun di luar partai tentu menjadi hal menarik,” ujar Herman Wutun di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/4).

Namun, menurut Ketua Umum Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) Indonesia beberapa periode, satu hal prinsip dan penting dipegang figur-figur itu bila kelak mendapat mandat formal masyarakat sebagai bupati-wakil bupati di lewotana, leu awuq (kampung halaman) Lembata lima tahun mendatang yaitu sungguh-sungguh menempatkan kepentingan masyarakat Lembata di atas segala kepentingan kelompok dan golongan.

“Siapapun terpilih nanti memimpin Lembata, satu hal yang perlu menjadi komitmen yaitu harus loyal kepada kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan. Mereka juga harus bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme,” ujar Herman Wutun.

Sejauh ini, sejumlah nama kader internal partai politik di Lembata mencuat masuk dalam bursa Pilkada 2024. Dari Partai Demokrat muncul nama mantan Penjabat Bupati Thomas Ola Langoday dan Imo Wulakada.

Sedangkan dari PDI Perjuangan, muncul nama anggota DPRD NTT Viktor Mado Watun, Wakil Ketua DPRD Lembata Frans Gewura, dan Wakil Ketua Taruna Merah Putih sekaligus chief engineer di Saudi Arabia Marianus Wilhelmus Lawe.

Dari Partai Gerindra mencuat nama Ketua DPC Partai Gerindra Vianey Burin, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Simeon Lake Odel, Partai Golkar Yohanes de Rosari dan Petrus Gero serta, Partai NasDem anggota DPRD NTT Alex Ofong.

Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Lembata mulai 8-30 April 2024 membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024. Pendaftaran berlangsung di Kantor Sekretariat DPD PAN Lembata, Lamahora, Kota Lewoleba, Nubatukan.

Selain memprioritaskan kader internal untuk diseleksi masuk bursa Pilkada Lembata, nama Marianus Lawe mulai menonjol dan disebut-sebut di internal partai. Marianus adalah tokoh muda NTT kelahiran Lembata. Kini, ia merenda karier sebagai kepala kamar mesin (chief engineer) di kapal berbendera asing di perairan Arab Saudi.

Ketua Partai Amanat Nasional Partai Amanat Nasional Lembata Lorens Keraf menyebutkan pembukaan pendaftaran untuk bakal calon kepala daerah merupakan instruksi langsung dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional.

“Informasi yang beredar nama Marianus Wilhelmus Lawe mulai didiskusikan dalam pertemuan internal partai. Kita buka kesempatan untuk siapa saja. Yang bersangkutan (Lawe) tentu juga nanti perlu komunikasi dengan saya sebagai ketua," kata Lorens, tentang Marianus, Master Marine Engineer (S2) lulusan BP3I Jakarta dan Sarjana Ekonomi jurusan Transportasi Laut Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…