Tingkatkan Kepiasan Pelanggan Capai 99%, Beam Mobility Indonesia Buktikan Kualitas Pelayanan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2024 - 09:11 WIB

Tingkatkan Kepiasan Pelanggan Capai 99%, Beam Mobility Indonesia Buktikan Kualitas Pelayanan
Tingkatkan Kepiasan Pelanggan Capai 99%, Beam Mobility Indonesia Buktikan Kualitas Pelayanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-   Kesadaran akan hidup sehat dan lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari BEAM Mobility, perusahaan mobilitas mikro berbagi terbesar di Asia Pasifik, menunjukan keberhasilan Perusahaan untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan hingga 99%.

Dengan rata-rata keluhan sebesar 0.55% setiap bulannya, menunjukan tingkat kepuasan yang sangat tinggi dari pelanggan setia layanan Beam Mobility khususnya di Kawasan Bintaro Jaya. Sementara dari total keluhan yang diterima oleh divisi layanan pelanggan Beam Mobility, beberapa membahas unit yang tidak bisa digunakan (20.5%), ketidak pahaman konsumen untuk melakukan end trip (18%) serta Informasi tambahan yang dibutuhkan (16%). 

Country Lead Beam Mobility Indonesia, Ricky Sjofyan mengatakan, “Ini adalah sebuah hasil upaya kolektif atas komitmen kami untuk terus mengoptimalkan kualitas layanan Beam Mobility dalam hal layanan pelanggan, dan response-time bagi rangers dan Marshals menjadi di bawah 30 menit, disamping peningkatan kinerja perangkat lunak kami yang selalu lakukan setiap saat.”

“Beam Mobility terus berupaya untuk menyediakan layanan mikromobilitas yang terjangkau dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.”

“Secara spesifik kami juga melihat pola perjalanan armada Beam Mobility pada kawasan Bintaro khususnya, lebih banyak terpusat pada area perkantoran dan stasiun kereta. Berdasarkan data operasional penggunaan armada Beam Mobility, perjalanan dari stasiun Pondok Ranji Baru dan stasiun Jurang Mangu menjadi salah satu kontributor yang signifikan bagi jumlah perjalanan di Bintaro dari 3 titik parkir, disusul dengan perjalanan yang dilakukan ke beberapa area apartemen di Bintaro dari 10 titik,” tambah Ricky.

Manager Pengelola kawasan Bintaro PT. Bintaro Jaya, Isdianto Prasetyotomo mengapresiasi upaya Beam Mobility memperkenalkan layanan armada mikro mobilitas ramah lingkungan di Bintaro. “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya Beam Mobility memperkenalkan layanan armada mikromobilitas ramah lingkungan di Bintaro. Setelah hadirnya layanan ini, kami melihat perubahan signifikan dari masyarakat di Bintaro yang mulai menerapkan sustainable lifestyle, salah satunya adalah penggunaan armada Beam khususnya warga yang biasanya melakukan perjalanan singkat dengan kendaraan bermotor sekarang telah berganti menggunakan armada ramah lingkungan Beam. Kolaborasi dengan Beam ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk menyediakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan bebas dari polusi bagi penghuni Bintaro” 

 

Sementara itu, salah satu Pengguna Setia Layanan Beam Mobility di Bintaro, Ika Pramono, mengungkapkan "Tidak hanya memenuhi kebutuhan mobilisasi harian saya sebagai pengguna Commuter Line yang membutuhkan transportasi cepat menuju stasiun terdekat, armada Beam Mobility juga telah menjadi armada pilihan dibanding moda transportasi lain ketika menjelajah area Bintaro. Berbagai destinasi di sekitar Bintaro sangat mudah dicapai tanpa harus merasa khawatir akan biaya perjalanan yang membengkak. Ini benar-benar memberikan kenyamanan dan kebebasan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari saya."

Selain itu, selama tahun 2023, penggunaan armada Beam Mobility juga berhasil menghindarkan 238-ton CO2 jika dibandingkan dengan emisi CO2 yang dihasilkan unit sepeda motor, data ini diperoleh melalui perhitungan default dari layanan Beam secara real time di 7 area, sehingga didapatkan jumlah trip, unit yang digunakan serta waktu penggunaan.

Layanan Beam Mobility

Seluruh armada Beam Mobility sudah dilengkapi dengan teknologi IoT canggih yang disebut Geofence. Teknologi ini memungkinkan Beam Mobility untuk memonitor kondisi kendaraan secara real-time, memberi batasan untuk wilayah ataupun area yang bisa dilewati oleh setiap pengendara e-bike Beam, serta secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan pada kendaraan Beam. Teknologi Geofence juga digunakan untuk mendeteksi ketika armada membutuhkan pergantian baterai.

Armada Beam Mobility memiliki kecepatan yang dibatasi maksimal 25km/jam. Beam Mobility memastikan armadanya dapat diakses oleh penggunanya, setiap armada dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan petunjuk keselamatan dalam berkendara. Selain itu sebagai upaya untuk pengenalan armada Beam Mobility kepada masyarakat lebih dalam, terdapat program pelatihan armada secara cuma-cuma yang disebut Beam Safe Academy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…