Traveloka Paylater: Manfaat, Kerugian, dan Tips Menggunakannya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 Maret 2024 - 13:49 WIB

Ilustrasi perjalanan udara
Ilustrasi perjalanan udara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Paylater merupakan sistem pembayaran modern yang memudahkan para penggunanya. Pengguna paylater sendiri dari berbagai kalangan, mulai mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai pengusaha. Salah satu jenis paylater yang terpercaya adalah Traveloka Paylater. Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut, simak artikel ini!

Manfaat Traveloka Paylater

Menggunakan paylater proses pembayaran lewat cicilan sesuai jangka waktu yang anda tentukan sendiri. Ada yang cepat dan ada yang lama. Selanjutnya, anda harus melakukan pembayaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Sebelum anda menggunakan Traveloka Paylater. Akan lebih baik ketahui dahulu manfaat paylater Traveloka berikut:

1. Pembayaran Fleksibel

Pembayaran paylater sangat fleksibel, anda bisa memilih pembayaran melalui berbagai metode, tenor sesuai keinginan, dan ada perhitungan cicilan bulanan yang jelas. Sistem semacam ini berbeda dari pinjaman yang lain, seperti kartu kredit.

2. Proses yang Mudah dan Cepat

Bagi anda yang ingin mendaftar menggunakan paylater, prosesnya mudah dan cepat. Hal ini sangat berbeda dengan kartu kredit yang membutuhkan persyaratan cukup ribet.

Akses menggunakan paylater lebih gampang, sebab bisa daftar hanya lewat smartphone dan tidak mengharuskan anda datang ke kantor cabang. Proses pendaftaran paylater juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Banyak Diskon

Pengguna paylater sering mendapatkan berbagai diskon yang menarik. Hal inilah kenapa banyak orang tertarik menggunakan paylater, karena memang lebih banyak diskonnya daripada pengguna biasa.

Kerugian Menggunakan Paylater

Meski terdapat berbagai manfaat yang menguntungkan, sayangnya paylater jika tidak digunakan dengan bijak akan merugikan anda. Inilah beberapa kerugian paylater yang perlu diketahui:

1. Biaya Tambahan Saat Telat Bayar

Sebaiknya anda jangan sampai telat membayar paylater. Bagaimana jika telat bayar paylater? Jika telat membayar anda akan mendapatkan biaya tambahan.

Biaya ini tergantung persentase paylater yang anda gunakan. Bahkan ada paylater yang mematok biaya denda dengan sangat tinggi. Alhasil anda sendiri yang kelabakan.

2. Kecanduan

Menggunakan paylater rentan risiko kecanduan. Anda yang merasakan kemudahan membayar akan semakin senang berbelanja menggunakan paylater.

Akhirnya tanpa disadari tagihan menumpuk dan inilah yang mengakibatkan orang-orang gagal bayar. Jika ini terjadi, paylater yang telah mendapatkan izin OJK bisa dengan mudah memblacklist nama anda.

Cara Daftar Paylater Traveloka

Traveloka merupakan marketplace yang melayani pemesanan dan pembelian hotel dan tiket perawatan. Anda bisa memesan semuanya secara daring. Selain itu, anda bisa menemukan atraksi lokal hingga produk layanan keuangan di Traveloka.

Bagi anda yang ingin menggunakan paylater, inilah cara mendaftar Traveloka paylater :

1. Wajib berusia 21-70 tahun.

2. Mempunyai KTP.

3. Buka aplikasi Traveloka.

4. Pilih Travelokapay.

5. Pilih Paylater.

6. Isikan semua data yang diminta.

7. Jangan lupa foto diri untuk proses verifikasi.

8. Tunggu proses verifikasi selama 1x24 jam.

Tips Sebelum Menggunakan Traveloka Paylater

Sebelum menggunakan paylater apapun, anda harus memahami dahulu bagaimana tips menggunakan paylater yang bertanggung jawab. Dengan demikian anda dan perusahaan penyedia paylater tidak merasa dirugikan.

Inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Traveloka paylater, yaitu:

3. Memahami Skema Pembayaran dan Bunga

Pahami dahulu skema paylater, mulai cicilan yang harus dibayar dan bunga yang ada. Biasanya maing-masing perusahaan paylater memiliki skema yang berbeda-beda.

Pada Traveloka paylater bunga yang berlaku adalah 2,25% - 4,8% per bulannya. Pembayaran bisa melalui berbagai metode baik e-wallet, lewat ATM, maupun virtual account, dan lainnya.

4. Perhatikan Keuangan Anda

Menggunakan paylater harus memperhatikan kondisi keuangan anda. Memang pembayaran menggunakan paylater hanya lewat cicilan, namun jika tidak anda imbangi dengan pemasukan tentu sangat berat membayar cicilan tersebut.

Jadi, alangkah baiknya gunakan paylater menyesuaikan dengan kemampuan anda. Memperhatikan keuangan bisa membantu anda terhindar dari jeratan piutang.

5. Gunakan Hanya Saat Kepepet

Anda sebaiknya menggunakan paylater hanya saat kepepet saja. Contohnya, ada kabar orang kesayangan sakit parah dan harus pulang hari ini juga. Jika anda tidak memiliki uang, maka bisa menggunakan paylater.

6. Sisihkan Pembayaran Utang

Sebelum jatuh tempo anda wajib mempersiapkan uang pembayaran cicilan. Untuk mendapatkan uang ini, anda harus mempunyai rencana anggaran dari gaji yang ada.

Contohnya, dengan formula 10:20:30:40. 10% alokasi biaya sosial, 20% alokasi tabungan, 30% alokasi cicilan hutang, dan 40% alokasi biaya rumah tangga.

Demikianlah penjelasan tentang Traveloka Paylater yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang ingin menggunakan paylater alangkah baiknya menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Semoga membantu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…