Traveloka Paylater: Manfaat, Kerugian, dan Tips Menggunakannya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 Maret 2024 - 13:49 WIB

Ilustrasi perjalanan udara
Ilustrasi perjalanan udara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Paylater merupakan sistem pembayaran modern yang memudahkan para penggunanya. Pengguna paylater sendiri dari berbagai kalangan, mulai mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai pengusaha. Salah satu jenis paylater yang terpercaya adalah Traveloka Paylater. Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut, simak artikel ini!

Manfaat Traveloka Paylater

Menggunakan paylater proses pembayaran lewat cicilan sesuai jangka waktu yang anda tentukan sendiri. Ada yang cepat dan ada yang lama. Selanjutnya, anda harus melakukan pembayaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Sebelum anda menggunakan Traveloka Paylater. Akan lebih baik ketahui dahulu manfaat paylater Traveloka berikut:

1. Pembayaran Fleksibel

Pembayaran paylater sangat fleksibel, anda bisa memilih pembayaran melalui berbagai metode, tenor sesuai keinginan, dan ada perhitungan cicilan bulanan yang jelas. Sistem semacam ini berbeda dari pinjaman yang lain, seperti kartu kredit.

2. Proses yang Mudah dan Cepat

Bagi anda yang ingin mendaftar menggunakan paylater, prosesnya mudah dan cepat. Hal ini sangat berbeda dengan kartu kredit yang membutuhkan persyaratan cukup ribet.

Akses menggunakan paylater lebih gampang, sebab bisa daftar hanya lewat smartphone dan tidak mengharuskan anda datang ke kantor cabang. Proses pendaftaran paylater juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Banyak Diskon

Pengguna paylater sering mendapatkan berbagai diskon yang menarik. Hal inilah kenapa banyak orang tertarik menggunakan paylater, karena memang lebih banyak diskonnya daripada pengguna biasa.

Kerugian Menggunakan Paylater

Meski terdapat berbagai manfaat yang menguntungkan, sayangnya paylater jika tidak digunakan dengan bijak akan merugikan anda. Inilah beberapa kerugian paylater yang perlu diketahui:

1. Biaya Tambahan Saat Telat Bayar

Sebaiknya anda jangan sampai telat membayar paylater. Bagaimana jika telat bayar paylater? Jika telat membayar anda akan mendapatkan biaya tambahan.

Biaya ini tergantung persentase paylater yang anda gunakan. Bahkan ada paylater yang mematok biaya denda dengan sangat tinggi. Alhasil anda sendiri yang kelabakan.

2. Kecanduan

Menggunakan paylater rentan risiko kecanduan. Anda yang merasakan kemudahan membayar akan semakin senang berbelanja menggunakan paylater.

Akhirnya tanpa disadari tagihan menumpuk dan inilah yang mengakibatkan orang-orang gagal bayar. Jika ini terjadi, paylater yang telah mendapatkan izin OJK bisa dengan mudah memblacklist nama anda.

Cara Daftar Paylater Traveloka

Traveloka merupakan marketplace yang melayani pemesanan dan pembelian hotel dan tiket perawatan. Anda bisa memesan semuanya secara daring. Selain itu, anda bisa menemukan atraksi lokal hingga produk layanan keuangan di Traveloka.

Bagi anda yang ingin menggunakan paylater, inilah cara mendaftar Traveloka paylater :

1. Wajib berusia 21-70 tahun.

2. Mempunyai KTP.

3. Buka aplikasi Traveloka.

4. Pilih Travelokapay.

5. Pilih Paylater.

6. Isikan semua data yang diminta.

7. Jangan lupa foto diri untuk proses verifikasi.

8. Tunggu proses verifikasi selama 1x24 jam.

Tips Sebelum Menggunakan Traveloka Paylater

Sebelum menggunakan paylater apapun, anda harus memahami dahulu bagaimana tips menggunakan paylater yang bertanggung jawab. Dengan demikian anda dan perusahaan penyedia paylater tidak merasa dirugikan.

Inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Traveloka paylater, yaitu:

3. Memahami Skema Pembayaran dan Bunga

Pahami dahulu skema paylater, mulai cicilan yang harus dibayar dan bunga yang ada. Biasanya maing-masing perusahaan paylater memiliki skema yang berbeda-beda.

Pada Traveloka paylater bunga yang berlaku adalah 2,25% - 4,8% per bulannya. Pembayaran bisa melalui berbagai metode baik e-wallet, lewat ATM, maupun virtual account, dan lainnya.

4. Perhatikan Keuangan Anda

Menggunakan paylater harus memperhatikan kondisi keuangan anda. Memang pembayaran menggunakan paylater hanya lewat cicilan, namun jika tidak anda imbangi dengan pemasukan tentu sangat berat membayar cicilan tersebut.

Jadi, alangkah baiknya gunakan paylater menyesuaikan dengan kemampuan anda. Memperhatikan keuangan bisa membantu anda terhindar dari jeratan piutang.

5. Gunakan Hanya Saat Kepepet

Anda sebaiknya menggunakan paylater hanya saat kepepet saja. Contohnya, ada kabar orang kesayangan sakit parah dan harus pulang hari ini juga. Jika anda tidak memiliki uang, maka bisa menggunakan paylater.

6. Sisihkan Pembayaran Utang

Sebelum jatuh tempo anda wajib mempersiapkan uang pembayaran cicilan. Untuk mendapatkan uang ini, anda harus mempunyai rencana anggaran dari gaji yang ada.

Contohnya, dengan formula 10:20:30:40. 10% alokasi biaya sosial, 20% alokasi tabungan, 30% alokasi cicilan hutang, dan 40% alokasi biaya rumah tangga.

Demikianlah penjelasan tentang Traveloka Paylater yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang ingin menggunakan paylater alangkah baiknya menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Semoga membantu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…