Menciptakan Peluang Baru Melalui Social Commerce di Bulan Ramadhan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Maret 2024 - 09:57 WIB

Menciptakan Peluang Baru Melalui Social Commerce di Bulan Ramadhan
Menciptakan Peluang Baru Melalui Social Commerce di Bulan Ramadhan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- – Dalam semangat Ramadhan yang penuh berkah,social commerce telah menjadi salah satu tonggak penting bagi para pelaku Usaha KecilMenengah (UKM) dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Hasil survei Suara UKM Negeri Vol. 4 yang dilakukan oleh Ninja Xpress, mengungkapkan keuntungan besar yangdiperoleh UKM dengan berbisnis melalui social commerce seperti instagram, facebook, ataupunwhatsapp.

Kemudahan tersebut meliputi dapat mengetahui preferensi konsumen di luar batasdemografi dan proses transaksi, serta membangun kekuatan merek di tengah-tengah dinamikaplatform marketplace yang dapat berubah sewaktu-waktu. Contohnya, Pempek Belida Pusattelah berhasil membangun hubungan yang erat dengan konsumen setianya dan memberikanpenawaran khusus sesuai dengan momen-momen penting dalam bulan Ramadhan melaluipenjualan mereka di Instagram dan komunitas di whatsapp.

Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, UKM dapat mengadopsi konten yang relevan untukmeningkatkan penjualan di social commerce dengan tema kedermawanan, kebaikan, dansolidaritas untuk menarik perhatian konsumen..

Dengan memanfaatkan momen ramadhan ini,UKM dapat menciptakan kampanye pemasaran yang unik dan menarik, membangun hubunganemosional yang kuat dengan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka melalui socialcommerce.

Selanjutnya, menurut Survei suara UKM Negeri vol 4, ada beberapa tantangan dari sisimarketing, yang akan dihadapi oleh UKM, dalam melakukan penjualan melalui Social Commerce, yaitu:

1. 50% mengatakan bahwa membuat konten yang efektif adalah hal yang menantangDalam menjawab tantangan ini, UKM dapat memanfaatkan strategi “Reduce, Reuse,dan Recycle” untuk membantu menekankan efisiensi dalam pengelolaan konten.

Reduce fokus pada penghematan waktu dengan mengurangi pembuatan konten baru.Reuse memanfaatkan kembali konten yang sudah ada, sementara Recyclemengoptimalkan konten pengguna untuk meningkatkan keterlibatan di berbagai aspek bisnis. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kontennya secara efisien, mencapai tujuan pemasaran, dan memperkuat koneksi dengan audiens.2. 48% mengatakan bahwa sulit bagi mereka untuk mengejar algoritma platformyang terus berubah

Eksperimen yang terus-menerus di berbagai platform dengan berbagai konten daristrategi 3R lalu Konsultasikan dengan konsumen UKM yang memiliki nilai paling tinggi dikanal sosial yang mereka sukai. Identifikasi tiga platform teratas yang sering merekakunjungi dan kembangkan di sana. Jadi, UKM bisa fokus di platform tersebut.

Selain itu, Dalam upaya untuk mengatasi tantangan pemasaran di social commerce, Ninja Xpress juga memberikan tips bagi UKM dalam menghadapi tantangan pemasaran dalam social commerce dengan:

1. Membangun Keterlibatan Komunitas

Dengan memanfaatkan fitur interaktif dari platform social commerce untuk mendorongpartisipasi komunitas melalui berbagi pengetahuan, jajak pendapat, kontes, hinggahadiah eksklusif. Membangun komunitas tidak hanya meningkatkan loyalitas suatubrand tetapi juga memberikan platform untuk membangun hubungan yang luas denganpelanggan.

2. Membangun Brand.com atau Situs Web Penjualan Mandiri

Dengan membangun brand.com atau situs web penjualan secara mandiri, pendekatanini membuka peluang dalam mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness,serta meningkatkan peringkat kata kunci Google dan optimasi mesin pencari.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menjelaskan “social commercebukan hanya sekedar tren tetapi juga alat yang kuat bagi UKM. Untuk menjawab tantangantersebut, Ninja Xpress memberi dukungan kepada UKM untuk mendukung pemanfaatan socialcommerce bagi para pelaku UKM dengan menyediakan layanan foto & video produk danpembuatan website untuk mendukung promosi produk di social commerce dan mendorongUKM untuk membentuk brand.com nya secara mandiri.”

Langkah-langkah ini bukan hanya merupakan upaya untuk mengatasi tantangan, tetapi jugauntuk membuka peluang baru bagi UKM. Dengan dukungan dari Ninja Xpress dan penerapanstrategi pemasaran yang cerdik, UKM dapat meraih kesuksesan dalam mengoptimalkan potensisocial commerce dan membangun bisnis yang tangguh di era digital, khususnya di bulanRamadhan ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirimi Kementerian ESDM Surat Evaluasi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…