Kepedulian Heru Budi Hartono Menyentuh Masyarakat Jakarta

Oleh : Sofa Nurdiyanti. | Rabu, 28 Februari 2024 - 14:23 WIB

Sofa Nurdiyanti. Dia adalah Penulis dan Editor Buku
Sofa Nurdiyanti. Dia adalah Penulis dan Editor Buku

INDUSTRY.co.id - Salah satu tugas pemimpin utama adalah mengayomi masyarakat. Mengayomi dalam arti melindungi, menciptakan rasa aman, dan membantu warga masyarakat meningkatkan kesejahteraan dengan mengelola pemerintahan dengan baik. Hal itu rasanya telah diupayakan baik oleh PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ia dinilai sejumlah pihak telah menunjukkan performa kerja optimal.

Dalam penanganan 3 masalah utama yang biasa menghiasi Jakarta yaitu banjir, kemacetan dan tata ruang kota Jakarta, Heru Budi Hartono dinilai berhasil. Kinerja gubernur yang dilantik pada 17 Oktober 2022 juga dinilai jeli dalam meneruskan beberapa program baik dari gubernur-gubernur sebelumnya. Contoh, posko pengaduan di Balai Kota yang pernah dibuat oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama kembali dibuka. Ia juga menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung yang sempat berhenti pada masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan. Penyelesaian sodetan tersebut juga merupakan salah satu hal yang efektif dalam menangani banjir.

               Berikut ini merupakan sejumlah kebijakan PJ Gubernur DKI Jakarta yang patut diapresiasi.

 

Penambahan Ruang Terbuka Hijau

Sejak 2 minggu pertama menjabat PJ Gubernur, ia telah menginisiasi penanaman pohon di lingkungan pejabat DKI Jakarta. Anggaran penanaman pohon diambil dari Bina Marga DKI dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Ia mengevaluasi lokasi-lokasi yang belum memiliki banyak ruang terbuka hijau dan memerintahkan jajaran terkait untuk ikut menanam pohon. Mulai dari wali kota hingga lurah juga wajib menanam pohon.

               Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di berbagai wilayah Jakarta. Pada tahun 2023, ada 23 RTH seluas 6,7 hektare yang telah dibangun dan 29 RTH seluas 5,1 hektare yang rencananya dibangun pada tahun 2024.

Pembangunan ruang terbuka hijau dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan membuat warga masyarakat lebih nyaman tinggal di Jakarta. Harapannya, pembangunan RTH mampu mengurangi dampak polusi berat yang terjadi belakangan ini.

 

Percepatan Kesamaan Data Penduduk 

Kepala Sekretariat Presiden ini mendorong percepatan kesamaan data untuk program kesejahteraan warga. Perhatian terhadap kesamaan data dari Badan Pusat Statistik, Kementerian Sosial, Bappenas, dan Kementerian Koordinator agar tidak ada pemborosan APBD dan penerima jaring pengaman sosial tepat sasaran.

PJ Gubernur Heru Budi Hartono berhasil memimpin pemprov DKI Jakarta agar garis kemiskinan tidak merangkak naik. Hal ini tentu tidak lepas dari upaya Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan dana Rp17,8 triliun setiap tahun untuk memberikan bantuan dan jaminan sosial. Anggaran sebesar itu dikeluarkan untuk mendukung berbagai program pemerintah pusat. Adanya kesamaan data akan mendorong efisiensi anggaran berbagai program pemerintah. Efisiensi anggaran dialihkan untuk mendukung program pembangunan yang sedang berlangsung di Jakarta.

 

Peduli dengan Masyarakat Marginal

Heru Budi Hartono merupakan salah satu gubernur yang memperhatikan masyarakat marginal di Muara Angke. Ia memberikan perhatian kepada masyarakat marginal yang belum memiliki KTP dan tinggal di daerah kumuh. Adanya KTP tentu memudahkan pelayanan lain seperti akses untuk BPJS, membuat akta kelahiran anak, dan pendaftaran sekolah anak-anak.

KTP merupakan salah satu identitas penduduk yang penting. Dengan KTP, masyarakat marginal memperoleh hak yang sama dengan penduduk DKI lainnya. Salah satu yang merasakan manfaat pencatatan penduduk adalah masyarakat marginal yang tinggal di daerah muara angke.

               Selain memberikan KTP, Heru Budi Hartono memberikan pendampingan agar masyarakat Muara Angke. Masyarakat Muara Angke didorong menjadi pelaku UMKM sesuai dengan sumber daya perikanan yang ada. Tidak hanya itu, Heru Budi Hartono mendirikan rumah pangan. Rumah pangan ini menjadi pusat pembinaan UMKM masyarakat Muara Angke di bawah Dinas KPKP DKI Jakarta dan Yayasan Sahabat Hati Bunda.

Peduli dengan Krisis Pangan

Menghadapi dampak krisis global elnino yang menyebabkan kegagalan panen di sejumlah tempat membuat harga beras menjadi meroket dan keberadaannya mulai sulit dicari. Mahalnya beras juga diikuti dengan merangkaknya harga kebutuhan pokok lain jelang bulan Ramadan. Melihat hal itu, Heru Budi Hartono segera memerintahkan jajarannya untuk mengadakan bazar sembako murah.

Adanya sembako murah tersebut tentunya merupakan langkah strategis yang dapat menekan inflasi dan tepat sasaran membantu masyarakat kecil. Bazar sembako murah terus dilaksanakan Pemprov DKI sejak 2 bulan terakhir. Bazar sembako murah tersebut merupakan kolaborasi dari Kementerian Perdagangan RI, Dinas PPKUKM, Badan Pangan Nasiona, Bulog, dan UMKM lokal. Program sembako murah terus dilaksanakan di lima wilayah DKI Jakarta hingga bulan Maret.

 

Peduli dengan Kaum Disabilitas

Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta memfasilitasi 5 unit bus untuk siswa-siswi penyandang disablitas. Secara bertahap, Heru Budi Hartono akan meningkatkan jumlah armada dan fasilitasnya berdasar hasil evaluasi program yang sudah berjalan. Program bus ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikannya.

               Bus dengan kapasitas 36 orang itu dilengkapi dengan CCTV, teknologi hidrolik untuk mengangkat kursi roda, dan lantai tektil. Lantai tektil ini berguna untuk siswa tunanetra sebagai panduan berjalan. Pengadaan armada bus yang mendukung siswa disabilitas ini sesuai dengan amanat UU No. 8 Tahun 2016 yang mengatur akomodasi layak bagi penyandang disabilitas.

               Sejumlah langkah strategis yang telah dilakukan oleh PJ Gubernur ini tentunya menghasilkan dampak positif bagi perkembangan DKI Jakarta. Meskipun ada program yang masih perlu dievaluasi, sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi positif dan kritik membangun demi pembangunan yang lebih baik. Sukses Jakarta

Sofa Nurdiyanti. Penulis dan Editor Buku

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…