Kepedulian Heru Budi Hartono Menyentuh Masyarakat Jakarta

Oleh : Sofa Nurdiyanti. | Rabu, 28 Februari 2024 - 14:23 WIB

Sofa Nurdiyanti. Dia adalah Penulis dan Editor Buku
Sofa Nurdiyanti. Dia adalah Penulis dan Editor Buku

INDUSTRY.co.id - Salah satu tugas pemimpin utama adalah mengayomi masyarakat. Mengayomi dalam arti melindungi, menciptakan rasa aman, dan membantu warga masyarakat meningkatkan kesejahteraan dengan mengelola pemerintahan dengan baik. Hal itu rasanya telah diupayakan baik oleh PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ia dinilai sejumlah pihak telah menunjukkan performa kerja optimal.

Dalam penanganan 3 masalah utama yang biasa menghiasi Jakarta yaitu banjir, kemacetan dan tata ruang kota Jakarta, Heru Budi Hartono dinilai berhasil. Kinerja gubernur yang dilantik pada 17 Oktober 2022 juga dinilai jeli dalam meneruskan beberapa program baik dari gubernur-gubernur sebelumnya. Contoh, posko pengaduan di Balai Kota yang pernah dibuat oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama kembali dibuka. Ia juga menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung yang sempat berhenti pada masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan. Penyelesaian sodetan tersebut juga merupakan salah satu hal yang efektif dalam menangani banjir.

               Berikut ini merupakan sejumlah kebijakan PJ Gubernur DKI Jakarta yang patut diapresiasi.

 

Penambahan Ruang Terbuka Hijau

Sejak 2 minggu pertama menjabat PJ Gubernur, ia telah menginisiasi penanaman pohon di lingkungan pejabat DKI Jakarta. Anggaran penanaman pohon diambil dari Bina Marga DKI dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Ia mengevaluasi lokasi-lokasi yang belum memiliki banyak ruang terbuka hijau dan memerintahkan jajaran terkait untuk ikut menanam pohon. Mulai dari wali kota hingga lurah juga wajib menanam pohon.

               Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di berbagai wilayah Jakarta. Pada tahun 2023, ada 23 RTH seluas 6,7 hektare yang telah dibangun dan 29 RTH seluas 5,1 hektare yang rencananya dibangun pada tahun 2024.

Pembangunan ruang terbuka hijau dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan membuat warga masyarakat lebih nyaman tinggal di Jakarta. Harapannya, pembangunan RTH mampu mengurangi dampak polusi berat yang terjadi belakangan ini.

 

Percepatan Kesamaan Data Penduduk 

Kepala Sekretariat Presiden ini mendorong percepatan kesamaan data untuk program kesejahteraan warga. Perhatian terhadap kesamaan data dari Badan Pusat Statistik, Kementerian Sosial, Bappenas, dan Kementerian Koordinator agar tidak ada pemborosan APBD dan penerima jaring pengaman sosial tepat sasaran.

PJ Gubernur Heru Budi Hartono berhasil memimpin pemprov DKI Jakarta agar garis kemiskinan tidak merangkak naik. Hal ini tentu tidak lepas dari upaya Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan dana Rp17,8 triliun setiap tahun untuk memberikan bantuan dan jaminan sosial. Anggaran sebesar itu dikeluarkan untuk mendukung berbagai program pemerintah pusat. Adanya kesamaan data akan mendorong efisiensi anggaran berbagai program pemerintah. Efisiensi anggaran dialihkan untuk mendukung program pembangunan yang sedang berlangsung di Jakarta.

 

Peduli dengan Masyarakat Marginal

Heru Budi Hartono merupakan salah satu gubernur yang memperhatikan masyarakat marginal di Muara Angke. Ia memberikan perhatian kepada masyarakat marginal yang belum memiliki KTP dan tinggal di daerah kumuh. Adanya KTP tentu memudahkan pelayanan lain seperti akses untuk BPJS, membuat akta kelahiran anak, dan pendaftaran sekolah anak-anak.

KTP merupakan salah satu identitas penduduk yang penting. Dengan KTP, masyarakat marginal memperoleh hak yang sama dengan penduduk DKI lainnya. Salah satu yang merasakan manfaat pencatatan penduduk adalah masyarakat marginal yang tinggal di daerah muara angke.

               Selain memberikan KTP, Heru Budi Hartono memberikan pendampingan agar masyarakat Muara Angke. Masyarakat Muara Angke didorong menjadi pelaku UMKM sesuai dengan sumber daya perikanan yang ada. Tidak hanya itu, Heru Budi Hartono mendirikan rumah pangan. Rumah pangan ini menjadi pusat pembinaan UMKM masyarakat Muara Angke di bawah Dinas KPKP DKI Jakarta dan Yayasan Sahabat Hati Bunda.

Peduli dengan Krisis Pangan

Menghadapi dampak krisis global elnino yang menyebabkan kegagalan panen di sejumlah tempat membuat harga beras menjadi meroket dan keberadaannya mulai sulit dicari. Mahalnya beras juga diikuti dengan merangkaknya harga kebutuhan pokok lain jelang bulan Ramadan. Melihat hal itu, Heru Budi Hartono segera memerintahkan jajarannya untuk mengadakan bazar sembako murah.

Adanya sembako murah tersebut tentunya merupakan langkah strategis yang dapat menekan inflasi dan tepat sasaran membantu masyarakat kecil. Bazar sembako murah terus dilaksanakan Pemprov DKI sejak 2 bulan terakhir. Bazar sembako murah tersebut merupakan kolaborasi dari Kementerian Perdagangan RI, Dinas PPKUKM, Badan Pangan Nasiona, Bulog, dan UMKM lokal. Program sembako murah terus dilaksanakan di lima wilayah DKI Jakarta hingga bulan Maret.

 

Peduli dengan Kaum Disabilitas

Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta memfasilitasi 5 unit bus untuk siswa-siswi penyandang disablitas. Secara bertahap, Heru Budi Hartono akan meningkatkan jumlah armada dan fasilitasnya berdasar hasil evaluasi program yang sudah berjalan. Program bus ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikannya.

               Bus dengan kapasitas 36 orang itu dilengkapi dengan CCTV, teknologi hidrolik untuk mengangkat kursi roda, dan lantai tektil. Lantai tektil ini berguna untuk siswa tunanetra sebagai panduan berjalan. Pengadaan armada bus yang mendukung siswa disabilitas ini sesuai dengan amanat UU No. 8 Tahun 2016 yang mengatur akomodasi layak bagi penyandang disabilitas.

               Sejumlah langkah strategis yang telah dilakukan oleh PJ Gubernur ini tentunya menghasilkan dampak positif bagi perkembangan DKI Jakarta. Meskipun ada program yang masih perlu dievaluasi, sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi positif dan kritik membangun demi pembangunan yang lebih baik. Sukses Jakarta

Sofa Nurdiyanti. Penulis dan Editor Buku

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tambah Dua Tanker Gas Raksasa, PIS Sukses Jadi ‘Top Tier’ Pengangkut LPG di Asia Tenggara

Kamis, 09 Mei 2024 - 15:03 WIB

Tambah Dua Tanker Gas Raksasa, PIS Sukses Jadi ‘Top Tier’ Pengangkut LPG di Asia Tenggara

PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali memperkuat posisinya sebagai pengangkut LPG 'top tier' di Asia Tenggara dengan menambah dua kapal tanker gas raksasa Very Large Gas Carrier…

Pegawai menjelaskan produk Bank Mandiri ke nasabah

Kamis, 09 Mei 2024 - 12:16 WIB

Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

Bank Mandiri kembali dinobatkan sebagai salah satu bank terbaik dalam daftar World´s Best Bank 2024 versi Forbes. Media ekonomi internasional ini menobatkan Bank Mandiri sebagai bank pelat…

Merger Tjufoo dan Sinbad : Berlayar Menuju ‘Horizon’ Baru

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:25 WIB

Tjufoo dan Sinbad Wujudkan Omnichannel Consumer Goods Berbasis Teknologi

TNB Aura, perusahaan modal ventura asal Singapura yang beroperasi di Asia Tenggara, telah menyelesaikan proses merger antara Tjufoo dan Sinbad, yang menghasilkan perusahaan baru bernama ‘Horizon’.…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batu bara Indonesia (ASPEBINDO) Anggawira

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:11 WIB

Ketum ASPEBINDO: Hari Buru Internasional Jadi Momentum Membangun Kolaborasi Positf antara Pengusaha dan Pekerja

Ketua Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Baturbara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira menilai Hari Buruh Internasional menjadi momentum adanya kolaborasi pengusaha dengan pekerja untuk mewujudkan…

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:03 WIB

The Architecture of Love

Dua orang yg pernah terluka, bertemu dan jatuh cinta lagi. Bisa jadi saling menyembuhkan atau malah menambah luka dan gelisah ? Hampir dua jam, film ini menuturkan luka awal Raia, yabg dimainkan…