Mentan Optimis Indonesia Capai Swasembada

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 03 Februari 2024 - 18:22 WIB

Mentan Amran
Mentan Amran

INDUSTRY.co.id-Palopo-Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengku optimis Indonesia dapat mencapai swasembada dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini disampaikan Mentan saat mengisi Kuliah Umum Universitas Andi Djema Palopo di Kantor Wali Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kalau kita melanjutkan program yang saat ini kuta dibangun, saya yakin 3 tahun ke depan kita swasembada. Bahkan saya yakin kita bisa kendalikan dunia dengan pangan dan menjadi negara super power," ujar Mentan dalam kuliah umum tersebut, Sabtu, 3 Februari 2024.

Mentan mengatakan sektor pertanian selama ini menjadi kekuatan utama bangsa Indonesia karena lokasinya yang berada di garis katulistiwa. Dia pun bercerita bahwa percikan kekuatan itu kini sudah dekat dan ada di depan mata. Terlebih Indonesia terbukti mampu melewati masa sulit seperti krisis pandemi dan juga dampak krisis lainya.

"Dari pangan bisa menjadi kekuatan besar kita karena kita berada di garis khatulistiwa sehingga iklimnya sangat bagus untuk memproduksi pangan yang dunia butuhkan. Ingat, kita telah melewati krisis pangan dan kita bisa menjadi leader menjadi pemimpin pangan untuk dunia," katanya.

Namun sebelum mencapai itu semua, Mentan mengingat agar mahasiswa dan juga generasi muda lainya terus memperkuat ketulusan dan juga kejujuran agar terhindar dari praktek kotor seperti tindak pidana korupsi.

"Yeng juga sangat penting adalah jangan sampai kita korupsi. Karena itu program yang sudah ada saat ini harus kita awasi bersama-sama," katanya.

Mentan menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo baru saja menambah jumlah anggaran pupuk subsidi sebesar 14 triliun. Penambahan ini sebagai komitmen kuat sekaligus perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian.

Mentan mengatakan, pihaknya telah mempermudah pengambilan pupuk subsidi karena hanya dengan menggunakan kartu KTP. Regulasi ini kata Mentan merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap produksi dan nasib petani.

"Cara mengambil pupuknya tidak usah macam-macam dan jangan ada yang mempersulit. Cukup hanya menggunakan KTP bapak ibu sudah bisa ambil pupuk subsidi," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…