Mudahkan Masyarakat, Jababeka Hadirkan Layanan Shuttle Bus LRT City Bekasi

Oleh : Ridwan | Kamis, 14 Desember 2023 - 19:30 WIB

Peresmian layanan shuttle bus Jababeka - LRT City Bekasi
Peresmian layanan shuttle bus Jababeka - LRT City Bekasi

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk kembali menegaskan komitmennya dalam mewujudkan Kota Mandiri berkonsep Transit Oriented Development (TOD) dan environmentally sustainable melalui Trans-Jababeka.

Terbaru, Jababeka meluncurkan layanan angkutan antar jemput atau shuttle bus dari Jababeka menuju LRT City Bekasi.

Shuttle bus LRT City Bekasi ini merupakan layanan angkutan massal berbasis bus point to point dengan rute perjalanan Hollywood Junction Jababeka - Kawasan Industri - LRT City Bekasi yang di provide oleh AO Shuttle By AO Group.

Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Direktorat Angkutan BPTJ, Baju Sutanto mengatakan, kehadiran shuttle bus LRT di Kota Jababeka sangat penting dalam memudahkan mobilitas bagi masyarakat Kota Jababeka yang ingin naik kendaraan umum dengan harga terjangkau.

"Kami berharap hadirnya angkutan feeder menuju LRT City Bekasi ini dapat memudahkan masyarakat dan pekerja di dalam Kota Jababeka mendapatkan layanan transportasi yang aman dan nyaman," kata Suharto di Jababeka, Cikarang, Kamis (14/12).

Cynthia Hendrayani, COO PT Jababeka Infrastruktur mengungkapkan bahwa hadirnya shuttle bus Jababeka - LRT City Bekasi akan semakin melengkapi sejumlah layanan angkutan umum massal di Trans-Jababeka.

Adapun saat ini, sudah tersedia layanan Jabodetabek Residence Connexion dengan rute Hollywood Junction ke Blok M-Jakarta, Jabodetabek Airport Connexion (Hollywood Junction-Bandara Internasional Soekarno-Hatta), AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dari Sinar Jaya yang beroperasi setiap hari ke Bogor, AKDP dari Primajasa (HJ-Bandung).

Dirinya juga sudah menyiapkan sejumlah strategi promosi layanan shuttle bus LRT City Bekasi ini secara offline dan online.

"Kami pastikan layanan ini dan jadwal shuttle terinformasikan ke semua tenant, sehingga yang kami harapkan dari layanan ini bisa memudahkan warga dan pekerja di kawasan Kota Jababeka benar-benar terlayani. Dan minat masyarakat atau pekerja di kawasan kami untuk menggunakan transportasi umum semakin meningkat," jelas Cynthia.

Dirinya berharap kolaborasi yang baik dengan pihak provider dan LRT City Bekasi bisa terus terjaga dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Jawa Barat serta Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan kualitas layanan trasnportasi di Kota Jababeka.

"Karena, penggunaan transportasi massal merupakan prioritas kami yang menjadi pilar keenam kami dalam roadmap mencapai net zero Industrial cluster 2050," tutup Cynthia.

Hal senada juga diungkapkan Project Director LRT City Bekasi, Ferdian Jamal. Dirinya berharap kerja sama ini dapat mendukung dan meningkatkan traffic dan demand di Kota Jababeka menuju LRT City Bekasi.

"Kami melihat shuttle bus LRT City Bekasi ini sudah tepat untuk masyarakat bisa mengakses moda transportasi LRT untuk mereka berpergian atau bekerja. Karena LRT ini merupakan public transport di jabodebek dan animo masyarakat terhadap penggunaan LRT City Bekasi sangat tinggi, hal itu bisa dilihat lewat penambahan jadwal perjalanan dari LRT Jabodebek," tuturnya.

Sementara itu, Manager Operasional AO Shuttle, Benaya menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal, mulai dari ketepatan waktu, pelayanan crew serta menyediakan armada yang bersih dan nyaman, sehingga shuttle bus LRT bisa diandalkan karyawan yang bekerja di Jababeka menggunakan LRT atau warga kawasan yang mau pergi ke pusat-pusat aktivitas di Jakarta.

Menurutnya, pelayanan yang memiliki standar adalah kunci penting dalam masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

"Kami bersama dengan Jababeka, LRT City Bekasi dan berbagai instansi sedang mempromosikan layanan baru ini agar bisa diketahui masyarakat luas, terutama warga kawasan Kota Jababeka maupun pekerja yang di dalam kawasan. Sehingga, setelah flag off, pengguna angkutan feeder ini ramai setiap hari," terang Benaya.

Adapun angkutan yang dipakai saat uji coba 14 Desember 2023 ialah medium bus dengan kapasitas 30 seat konfigurasi 2-2 dan minibus dengan kapasitas 14 seat konfigurasi 2-1. 

Untuk jadwal jam operasionalnya, beroperasi setiap hari keberangkatan pagi hari mulai dari jam 6 pagi dan keberangkatan sore hari mulai dari jam 5 sore dari Hollywood Junction Jababeka menuju LRT City Bekasi. 

Sementara LRT City Bekasi menuju Hollywood Junction Jababeka beroperasi mulai jam 7 pagi di keberangkatan pagi hari dan keberangkatan sore hari mulai jam 6 sore. 

Untuk Pemesanan tiket dan pembayaran bisa dilakukan secara on the spot baik cash maupun cashless dan reservasi online melalui aplikasi AO shuttle (IOS dan Android) dan website AO transportbus.com.

"Disamping itu kami menyediakan fitur dalam aplikasi maupun website untuk customer mengetahui dan melacak posisi armada yang akan tiba di tempat titik poin keberangkatan dan kedatangan armada AO Shuttle dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM)," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Operation Officer Kideco, Edra Emilza saat mewakili PT Kideco Jaya Agung menerima penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Kamis, 09 Mei 2024 - 08:35 WIB

Kideco Sukses Raih Penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Ajang penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024, bertemakan CSR Activity Awareness and CSR Image. Di ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT…

Ketua MPT Bambang Soesatyo

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:16 WIB

Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

KEMENTERIAN Keuangan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/5), merilis kabar gembira. Dua institusi negara itu melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia per triwulan I-2024 tetap…

Kebun Hidroponik CSR Bank DKI

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:05 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024 Berkat Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL

Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi. Kali…

Stevent Sumantri, dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktek di RS Siloam Lippo Village (UPH)

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:01 WIB

Waspada Bahaya Penyakit Autoimun, Pandemi Masa Kini!

Penyakit autoimun, seperti lupus, sindrom sjogren, artritis reumatoid, psoriasis, miastenia gravis, tiroiditis Hashimoto dan multipel sklerosis, adalah kelompok penyakit kompleks di mana sistem…

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:51 WIB

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran konten kreator dan youtuber semakin mendapat pengakuan dan menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang. Untuk mendukung para talenta…