Penghijauan di Kawasan Industri Dinikmati Rakyat Bekasi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Desember 2023 - 13:15 WIB

Kawasan industri Jababeka (Ist)
Kawasan industri Jababeka (Ist)

INDUSTRY.co.id - Penghijauan di kawasan industri sejatinya memiliki beberapa manfaat bagi rakyat sekitarnya, antara lain:

1. Peningkatan kualitas udara: 

Tanaman yang ditanam dalam penghijauan dapat menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen, yang membantu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan rakyat.

2. Penyerapan air hujan: 

Tanaman dan pepohonan dapat menyerap air hujan, mengurangi risiko banjir dan melindungi rakyat dari dampak negatif banjir.

3. Peningkatan estetika dan kualitas hidup: 

Penghijauan dapat meningkatkan penampilan kawasan industri dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan indah bagi penduduk sekitarnya.

4. Peningkatan habitat satwa liar: 

Kawasan hijau dapat menjadi habitat bagi satwa liar dan meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitarnya, yang bisa menjadi sumber kebanggaan dan potensi pendidikan bagi masyarakat.

5. Peningkatan nilai properti: 

Lingkungan yang hijau dan berwawasan lingkungan dapat meningkatkan nilai properti di sekitarnya, memberikan manfaat ekonomis bagi pemilik properti.
 
6. Kesempatan rekreasi: 

Ruang hijau dapat digunakan oleh penduduk setempat untuk rekreasi, olahraga, atau bersantai, meningkatkan kualitas hidup mereka.

7. Penyerapan panas: 

Tanaman dan pohon dapat membantu mengurangi efek pulau panas di kawasan industri, menjaga suhu lebih nyaman bagi penduduk sekitarnya.

Dengan demikian, penghijauan di kawasan industri memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat sekitarnya.

Jababeka Pionir Pengembang Kawasan Hijau 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Senin (11/12) memberikan Apresiasi Resilience and Sustainable Industry (ARSI) 2023 untuk kategori Pelaporan Emisi Kawasan Industri Terbaik I kepada Kawasan Industri Jababeka (KIJA), di Cikarang, Bekasi yang komitmen mengimplementasikan ESG dan industri hijau.

Menperin Agus berharap, penerima penghargaan dapat menjadi contoh bagi kawasan industri lain. Penghargaan ini diberikan ke Jababeka sekaligus juga dimaksudkan untuk memicu kawasan lain meningkatkan tanggung-jawab nya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…