Penghijauan di Kawasan Industri Dinikmati Rakyat Bekasi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Desember 2023 - 13:15 WIB

Kawasan industri Jababeka (Ist)
Kawasan industri Jababeka (Ist)

INDUSTRY.co.id - Penghijauan di kawasan industri sejatinya memiliki beberapa manfaat bagi rakyat sekitarnya, antara lain:

1. Peningkatan kualitas udara: 

Tanaman yang ditanam dalam penghijauan dapat menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen, yang membantu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan rakyat.

2. Penyerapan air hujan: 

Tanaman dan pepohonan dapat menyerap air hujan, mengurangi risiko banjir dan melindungi rakyat dari dampak negatif banjir.

3. Peningkatan estetika dan kualitas hidup: 

Penghijauan dapat meningkatkan penampilan kawasan industri dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan indah bagi penduduk sekitarnya.

4. Peningkatan habitat satwa liar: 

Kawasan hijau dapat menjadi habitat bagi satwa liar dan meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitarnya, yang bisa menjadi sumber kebanggaan dan potensi pendidikan bagi masyarakat.

5. Peningkatan nilai properti: 

Lingkungan yang hijau dan berwawasan lingkungan dapat meningkatkan nilai properti di sekitarnya, memberikan manfaat ekonomis bagi pemilik properti.
 
6. Kesempatan rekreasi: 

Ruang hijau dapat digunakan oleh penduduk setempat untuk rekreasi, olahraga, atau bersantai, meningkatkan kualitas hidup mereka.

7. Penyerapan panas: 

Tanaman dan pohon dapat membantu mengurangi efek pulau panas di kawasan industri, menjaga suhu lebih nyaman bagi penduduk sekitarnya.

Dengan demikian, penghijauan di kawasan industri memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat sekitarnya.

Jababeka Pionir Pengembang Kawasan Hijau 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Senin (11/12) memberikan Apresiasi Resilience and Sustainable Industry (ARSI) 2023 untuk kategori Pelaporan Emisi Kawasan Industri Terbaik I kepada Kawasan Industri Jababeka (KIJA), di Cikarang, Bekasi yang komitmen mengimplementasikan ESG dan industri hijau.

Menperin Agus berharap, penerima penghargaan dapat menjadi contoh bagi kawasan industri lain. Penghargaan ini diberikan ke Jababeka sekaligus juga dimaksudkan untuk memicu kawasan lain meningkatkan tanggung-jawab nya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…

Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno selaku Ketua Tim Assessment (paling kiri), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza (kedua dari kiri), VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto (kedua dari kanan), dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani (paling kanan)

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:04 WIB

Telkom Perkuat Praktik Keberlanjutan, Skor ESG Meningkat Signifikan hingga Raih Predikat Sangat Baik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencapai peningkatan signifikan dalam penilaian ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan…

Hewan ternak

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:39 WIB

Wabah SE di Bengkulu, Kementan Tingkatkan Upaya Pengendalian dan Pencegahan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan langkah pengendalian terhadap kasus penyakit Septicaemia Epizootica (SE), yang juga dikenal sebagai penyakit sapi ngorok, di Provinsi Bengkulu.…

LPPNU bersama BPDPKS serta GAPKI dan Ketua Umum PBNU resmikan Sawit masuk Pesantren

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:21 WIB

LPPNU Luncurkan Program Sawit Goes to Pesantren

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Sawit Goes to Pesantren untuk mengedukasi santri dan warga Nahdliyin terkait manfaat serta…