Penghijauan di Kawasan Industri Dinikmati Rakyat Bekasi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Desember 2023 - 13:15 WIB

Kawasan industri Jababeka (Ist)
Kawasan industri Jababeka (Ist)

INDUSTRY.co.id - Penghijauan di kawasan industri sejatinya memiliki beberapa manfaat bagi rakyat sekitarnya, antara lain:

1. Peningkatan kualitas udara: 

Tanaman yang ditanam dalam penghijauan dapat menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen, yang membantu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan rakyat.

2. Penyerapan air hujan: 

Tanaman dan pepohonan dapat menyerap air hujan, mengurangi risiko banjir dan melindungi rakyat dari dampak negatif banjir.

3. Peningkatan estetika dan kualitas hidup: 

Penghijauan dapat meningkatkan penampilan kawasan industri dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan indah bagi penduduk sekitarnya.

4. Peningkatan habitat satwa liar: 

Kawasan hijau dapat menjadi habitat bagi satwa liar dan meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitarnya, yang bisa menjadi sumber kebanggaan dan potensi pendidikan bagi masyarakat.

5. Peningkatan nilai properti: 

Lingkungan yang hijau dan berwawasan lingkungan dapat meningkatkan nilai properti di sekitarnya, memberikan manfaat ekonomis bagi pemilik properti.
 
6. Kesempatan rekreasi: 

Ruang hijau dapat digunakan oleh penduduk setempat untuk rekreasi, olahraga, atau bersantai, meningkatkan kualitas hidup mereka.

7. Penyerapan panas: 

Tanaman dan pohon dapat membantu mengurangi efek pulau panas di kawasan industri, menjaga suhu lebih nyaman bagi penduduk sekitarnya.

Dengan demikian, penghijauan di kawasan industri memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat sekitarnya.

Jababeka Pionir Pengembang Kawasan Hijau 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Senin (11/12) memberikan Apresiasi Resilience and Sustainable Industry (ARSI) 2023 untuk kategori Pelaporan Emisi Kawasan Industri Terbaik I kepada Kawasan Industri Jababeka (KIJA), di Cikarang, Bekasi yang komitmen mengimplementasikan ESG dan industri hijau.

Menperin Agus berharap, penerima penghargaan dapat menjadi contoh bagi kawasan industri lain. Penghargaan ini diberikan ke Jababeka sekaligus juga dimaksudkan untuk memicu kawasan lain meningkatkan tanggung-jawab nya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…