Masyarakat Siap Siap, Pemerintah Akan Buka program Bantuan Pasang Baru Listrik

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 02 Desember 2023 - 11:24 WIB

Program BPBL Sasar Masyarakat Gresik, Masyarakat Hidup Lebih Baik/ Foto Kementerian ESDM
Program BPBL Sasar Masyarakat Gresik, Masyarakat Hidup Lebih Baik/ Foto Kementerian ESDM

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap listrik, termasuk di Provinsi Jawa Timur. Salah satu upaya tersebut adalah melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Pada tahun 2023, pemerintah telah berhasil memasang listrik baru bagi 20.250 rumah tangga di Jawa Timur dan telah menyala semua atau selesai 100%. Program ini menyasar rumah tangga yang belum berlistrik dengan daya 900 VA.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), M.P. Dwinugroho mengatakan dari target 20.250 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Gresik mendapat alokasi 36 rumah tangga di 2 Kecamatan, yang saat ini telah menyala 100 persen.

"Program BPBL ini tentu dapat menambah jumlah pelanggan PLN dan diharapkan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan," terang Nugroho saat Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Kamis (30/11/2023).

Nugroho menjelaskan bahwa pemasangan listrik baru dilakukan secara gratis dan meliputi biaya instalasi, pemeriksaan, dan pengujian instalasi, serta biaya token listrik perdana sebesar Rp100.000.

Sementara Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri, menyampaikan bahwa pemasangan akses listrik dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti memudahkan aktivitas sehari-hari, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan akses terhadap informasi dan hiburan.

"Tadinya gelap gulita sekarang terang benderang. Jadi Bapak Ibu bisa kerja," ujar Roro.

Senada dengan Roro, Executive Vice President Niaga dan Pemasaran PT PLN (Persero), Fintje Lumembang menyampaikan bahwa dengan program ini juga dapat meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat, seperti memudahkan belajar di malam hari, meningkatkan akses terhadap informasi kesehatan, dan mendukung kegiatan penelitian.

"Saya harapkan warga dapat memanfaatkan listrik ini sebaik mungkin. Adik-adik sekolah bisa belajar di malam hari, listrik juga bisa digunakan untuk bidang pertanian atau industri rumah tangga, agar program ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat ke kehidupan yang lebih baik," ujar Fintje.

Salah satu penerima manfaat BPBL adalah Bu Darsi (56 tahin), warga Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengaku sangat bersyukur telah mendapatkan bantuan pemasangan listrik baru.

"Senang banget, selama ini mau pasang listrik tapi uangnya belum terkumpul, sehingga mau tidak mau harus menyalur ke rumah saudara," ungkap Darsi. (Kementerian ESDM)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…