Riset Magnite Tunjukkan Peluang bagi Brand di Tengah Pertumbuhan Layanan Streaming Beriklan di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 November 2023 - 11:04 WIB

Magnite (NASDAQ: MGNI), perusahaan periklanan sell-side independen
Magnite (NASDAQ: MGNI), perusahaan periklanan sell-side independen

INDUSTRY.co.id - Jakartra - Magnite (NASDAQ: MGNI), perusahaan periklanan sell-side independen terbesar di dunia, hari ini meluncurkan hasil riset terbarunya, “Streaming TV’s New Era: Embracing Ad-supported Streaming Across Screens in Indonesia” ("Era Baru Layanan Streaming TV: Menyambut Tayangan Streaming Beriklan Lewat Berbagai Perangkat di Indonesia"). Riset ini menemukan bahwa layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan 69% dari penonton TV di Indonesia menonton konten streaming yang diselingi iklan.

Berdasarkan riset tersebut, para penonton di Indonesia menghabiskan rata-rata dua jam sehari untuk menonton konten pada layanan streaming dan memiliki kecenderungan tinggi untuk menonton melalui perangkat yang berbeda-beda. Meskipun smartphone adalah perangkat utama yang digunakan untuk menonton, 61% penonton konten TV yang diselingi iklan justru paling sering, bahkan selalu, menonton lewat smart TV, bahkan hampir sepanjang waktu dalam seminggu. Penggunaan berbagai perangkat untuk menonton ini menciptakan interaksi yang lebih bermakna antara brand dengan konsumen, sebab hampir semua (97%) penonton konten streaming yang diselingi iklan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli produk dari brand yang mereka tonton lewat berbagai perangkat tersebut.

"Layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan karena para penonton lebih menyukai konten televisi premium yang mudah diakses," ujar Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite. "Riset kami menunjukkan bahwa streaming mampu meningkatkan kepercayaan dan visibilitas brand, di mana interaksi dengan penonton tidak terbatas pada konten streaming, tetapi juga pada iklan yang ditayangkan. Seiring dengan perkembangan layanan streaming yang terus meningkat, brand pun harus mulai melirik channel ini untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen yang tertarik."

"Hasil riset Magnite membuktikan efektivitas konten streaming yang diselingi iklan dan kemampuannya untuk meningkatkan interaksi dengan penonton dalam jangka waktu yang lama melalui pengalaman menonton yang menyeluruh dari berbagai perangkat," tutur Yogi Triharso, Head of Emtek Digital Data & Programmatic. "Meningkatnya preferensi terhadap konten streaming yang diselingi iklan di kalangan konsumen menunjukkan peluang bagi brand dalam melakukan diversifikasi strategi pemasaran mereka untuk menyelami pasar konsumen konten streaming yang kian dinamis dan memperluas jangkauan pasar."

“Perpaduan konten berkualitas tinggi dan pengalaman menonton tanpa hambatan, telah mendorong pertumbuhan layanan streaming beriklan di Indonesia," kata Anurag Sure, Lead Biddable, Mindshare Unilever Indonesia. "Hasil riset Magnite menunjukkan bahwa layanan streaming telah menjadi channel yang sangat berdampak, sehingga brand perlu mempertimbangkannya ketika mengevaluasi strategi media mereka, mengingat tingginya tingkat interaksi dari penonton konten streaming yang diselingi iklan melalui berbagai perangkat. Tingkat interaksi yang tinggi tersebut memberikan kesempatan berharga bagi brand untuk memperkuat relasi mereka dengan konsumen dan memperluas jangkauan iklan mereka lewat beragam perangkat."

Berikut informasi menarik lainnya dari hasil riset Magnite:

●            Layanan streaming sangat penting bagi keluarga-keluarga di Indonesia dan 86% penonton konten streaming yang diselingi iklan menganggap layanan streaming sebagai sebuah kebutuhan. Di sisi lain, hampir 7 dari 10 penonton mengatakan bahwa mereka menonton lebih banyak konten streaming yang diselingi iklan dibandingkan tahun sebelumnya.

●            Penonton konten streaming yang diselingi iklan merasa nyaman untuk memberikan informasi tentang preferensi mereka, jika informasi tersebut dapat menghasilkan penyajian iklan yang lebih relevan dengan mereka, di mana penyesuaian jenis iklan dengan preferensi ini mampu menghasilkan performa iklan yang lebih baik. 94% dari penonton konten streaming yang diselingi iklan cenderung lebih memperhatikan tayangan iklan yang relevan dengan minat mereka.

●            Konten streaming lebih menarik perhatian penonton daripada media sosial, di mana 94% penonton konten streaming yang diselingi iklan mengaku menghabiskan waktu yang lama setiap kali mereka menonton konten streaming. Sementara itu, 89% pengguna media sosial justru akan menggeser feed mereka dengan cepat sampai menemukan konten yang menarik bagi mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:44 WIB

Pemerintah Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di Tahun 2024 dan Lebih Baik Lagi di Tahun 2025

Hingga saat ini Indonesia masih dihadapkan berbagai risiko ketidakpastian global. Ekonomi global di tahun 2024-2025 diproyeksikan masih di bawah tren jangka panjang. Demikian halnya untuk Inflasi,…

Di Car Free Day Jakarta, Mowilex ajak masyarakat kurangi jejak karbon.

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:12 WIB

Mowilex Ajak Masyarakat Ikut Kurangi Jejak Karbon di Car Free Day

Dihadiri oleh lebih dari 800 pengunjung momen Car Free Day di Anjungan Sarinah, Mowilex beri edukasi pentingnya menurunkan jejak karbon yang dapat dimulai dari hal-hal kecil.

Presiden Joko Widodo Kunjungi Booth Jamkrindo di Pameran INACRAFT

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:05 WIB

Presiden Joko Widodo Kunjungi Booth Jamkrindo di Pameran INACRAFT

PT Jamkrindo mempromosikan UMKM binaannya di ajang pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, International Handicraft Trade Fair atau INACRAFT.