Perkuat Ekosistem Syariah di Pulau Jawa, Allianz Syariah Lankutkan Roadshow di Semarang

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 November 2023 - 18:45 WIB

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana
Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana

INDUSTRY.co.id - Semarang - Sebagai kelanjutan dari rangkaian aktivitas roadshow pasca kelahiran entitas baru, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) juga menargetkan Kota Semarang dalam perjalanan roadshow kali ini. 

Kegiatan roadshow di Ibukota Jawa Tengah merupakan perhentian ketiga Allianz Syariah guna menjangkau dan mengedukasi lebih banyak masyarakat Indonesia mengenai asuransi syariah di berbagai kota besar Pulau Jawa, setelah Ibukota Jawa Timur dan Jawa Barat. 

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana mengatakan, untuk terus memperluas akses ke berbagai lapisan masyarakat, Allianz Syariah melaksanakan kegiatan roadshow ke berbagai wilayah di Indonesia, diawali dengan kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Bandung, dan Surabaya. 

"Melalui kegiatan ini, Allianz Syariah berharap agar kehadiran kami dapat mewujudkan percepatan pertumbuhan industri asuransi, agar dapat melindungi lebih banyak individu dan keluarga, khususnya lewat proteksi asuransi syariah," kata Achmad K. Permana yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (28/11/2023). 

Dilihat dari data penduduk pada Juni 2022, Jawa Tengah merupakan provinsi dengan porsi penduduk muslim tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Jawa Barat yakni sebesar 97,26 persen. 

Besaran persentase penduduk muslim di Jawa Tengah ini kemudian turut mendorong pemerintah untuk mengupayakan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di kalangan masyarakat Jawa Tengah melalui keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 500/6/Tahun 2023 tentang pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Tengah. 

Dukungan dan upaya pemerintah dalam memperkuat ekosistem syariah di Jawa Tengah ini mengartikan besarnya peluang pasar asuransi syariah di Jawa Tengah yang masih dapat dioptimalkan. 

Meski pangsa pasar asuransi syariah di Indonesia serta persentase indeks literasi dan inklusi keuangan syariah masih bertumbuh secara bertahap, hal tersebut tetap membuktikan adanya pergeseran gaya hidup halal di kalangan masyarakat yang merambah di segala bidang, termasuk sektor keuangan dan asuransi. 

Hal tersebut juga secara lebih lanjut berdampak pada perkembangan minat masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari lewat penggunaan produk yang lebih inklusif dan halal, salah satunya pemilihan proteksi jiwa dan kesehatan seperti produk asuransi syariah. 

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat masa kini, Allianz Syariah kembali menonjolkan keunggulan produk asuransi yang mengutamakan nilai kebaikan dan tolong menolong. Melalui berbagai produk asuransi syariah yang disediakan, Allianz Syariah senantiasa berupaya menjawab kebutuhan perlindungan masyarakat yang beragam dengan menghadirkan layanan kesehatan kelas dunia yang inklusif dan relevan sesuai pegeseran minat masyarakat ini. 

Perkembangan minat masyarakat dalam menentukan proteksi kesehatan ini juga menjadi dasar optimisme Allianz Syariah untuk melindungi lebih banyak masyarakat Jawa Tengah dengan asuransi syariah, melihat jumlah pihak yang diasuransikan di wilayah Jawa Tengah dan Semarang saat ini baru mencapai lebih dari 18 ribu dan 6 ribu orang. 

Optimisme Allianz Syariah dalam memperluas akses asuransi syariah di Jawa Tengah salah satunya juga dinyatakan lewat peluncuran “Pencanangan Gerakan Perlindungan Asuransi Jiwa Syariah bagi 10,000 Masyarakat Indonesia” secara gratis.

Seperti yang telah dilakukan di Surabaya dan Bandung, gerakan ini merupakan inisiatif keberlanjutan dari Allianz Syariah dalam rangka mendongkrak angka literasi dan penetrasi asuransi syariah serta menebar semangat “berbagi kebaikan yang menguatkan” dan mewujudkan kelima nilai Allianz Syariah, yakni Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative di kalangan masyarakat Jawa Tengah. 

Kegiatan peluncuran program ini disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah Drs. K. H. Muhyiddin, MA dan Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Sumarjono yang turut memberikan kata sambutan. 

Pada kesempatan roadshow ini, Allianz Syariah membagikan asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana yang manfaatnya berupa perlindungan jiwa bagi nasabah sebesar dua juta rupiah selama 6 bulan dan dapat memberikan perlindungan di masa depan apabila peserta asuransi (pencari nafkah) telah meninggal dunia. 

Asurasi syariah ini diberikan secara cuma-cuma kepada beberapa komunitas-komunitas di Semarang seperti Paguyuban Pengemudi Gojek Tembalang – Semarang, Sanggar Senam N’Fit Semarang, Majelis Pengajian Liqo’ Mawadah – Wilayah Batusari, Semarang Timur, Komunitas Gowes SKPD (Satuan Kerja Perangkat Desa) Kabupaten Demak, Komunitas Honda PCX Club Indonesia – Semarang, BAZNAS Kota Semarang, Rumah Zakat Jawa Tengah, dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:00 WIB

Banggar DPR RI Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin optimistis situasi perekonomian nasional akan meningkat seiring kepercayaan investor yang berbanding lurus keamanan dan kondusifitas nasional pasca usai Pemilihan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 12:15 WIB

Mitsubishi XForce, Mobil SUV yang Bikin 'Syahdu' Pengemudi & Penumpang

Nyaman, mewah, dan elegan. Itulah kata-kata yang terbesit saat mengendarai Mitsubishi XForce. Maklum saja, SUV besutan PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini memamg memiliki…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:46 WIB

Bahaya Krisis Air Dunia Jadi Sorotan, Indonesia Bawa Enam Isu di World Water Forum ke-10 2024

Jakarta– Indonesia mendorong enam isu untuk dibahas pada World Water Forum ke-10 di Bali pada 18 hingga 24 Mei 2024.