Danau Kedalaman 100 Meter Bekas Tambang Ini Berada di Blok Penambangan Ata Selatan, Simpan Cadangan Air 20 juta Kubik

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 28 Oktober 2023 - 13:00 WIB

Danau Paska Tambang Blok Penambangan Ata Selatan Simpan Cadangan Air 20 juta Kubik
Danau Paska Tambang Blok Penambangan Ata Selatan Simpan Cadangan Air 20 juta Kubik

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Proses reklamasi tambang adalah langkah penting dalam menjaga lingkungan dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Reklamasi tambang bisa dilakukan dengan beragam cara, menanami kembali lahan bekas tambang dan manjadikan lubang bekas tambang menjadi danau sebagai tempat eco wisata, budi daya dan penyimpan cadangan air. Secara umum reklamasi tambang adalah proses untuk mengembalikan lahan bekas tambang ke kondisi yang lebih baik secara ekologis dan sosial setelah tambang selesai beroperasi.

Proses reklamasi yang dilakukan pelaku tambang harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti yang sudah dilakukan PT Arutmin Batulicin, Kalimantan Selatan disalah satu Blok Tambangnya yakni Blok Penambangan Ata Selatan (Atasela).

Pit Ata Selatan mulai ditambang pada tahun 2003 dan telah selesai ditambang pada tahun 2012 dengan total bukaan lahan tambang seluas 296,74 ha diantaranya 218,39 ha telah direklamasi, 76,2 ha berupa danau pascatambang, dan fasilitas berupa jalan pemantauan seluas 2,12 ha serta penanaman kembali hutan seluas 295 hektar yang setara dengan 250.000 pohon.

Danau paskatambang seluas 76,2 ha tersebut memiliki kedalaman maksimal sampai dengan 100 meter, void ini mampu menampung air sebanyak 20 juta m3. Air void dipantau setiap bulannya oleh Laboratorium pihak ketiga yang memiliki sertifikat KAN dengan kualitas air memenuhi baku mutu lingkungan. Air ini disalurkan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat di sekitar lokasi Ata Selatan.

"Fit bekas tambang yang dijadikan danau sebagai tempat penampungan cadangan air untuk kebutuhan masyarakat sudah layak dipakai dalam arti untuk mandi, cuci dan kakus (MCK) bisa, tetapi jika untuk air minum perlu ada proses tambahan,"ujar Mine Manager PT Arutmin Indonesia Site Batulicin, Cipto Prayitno, kemarin, Rabu (25/10).

ikan hasil dari budidaya di danau paska tambang layak konsumsi berdasarkan hasil pemeriksaan organ dalam ikan oleh pihak yang berkompeten dengan kada ambang batas yang normal.

"Ikan hasil budidaya telah dilakukan uji laboratorium terhadap daging, insang, hati dan limpa dengan hasil uji layak konsumsi jauh di bawah kadar ambang batas yang masih diperbolehkan," jelas Cipto.

Selain danau sebagai tempat menampung cadangan air dan budidaya ikan, area reklamasi Atasela mempunyai beberapa fasilitas penunjang seperti, toilet, gazebo, kapal, dek kapal, rumah pohon, area camping ground (glamping) dan arboretum seluas 3,5 ha yang mengkoleksi 44 jenis tumbuhan lokal termasuk tanaman langka serta berbagai jenis anggrek species meratus. (Kementerian ESDM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Binawan dengan Susie Care di Belanda.

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:55 WIB

Binawan Siap Tempatkan Perawat Indonesia Bekerja di Fasilitas Milik Pemerintahan Belanda

Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa, khususnya Belanda, kini terwujud lewat kerjasama yang terjalin antara Binawan Group dengan Susie Care.

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai…

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:48 WIB

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Fortune meluncurkan peringkat 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara atau disebut Fortune Southeast Asia 500 untuk tahun 2024, daftar pertama perusahaan-perusahaan terbesar di kawasan ini,…

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:00 WIB

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan inovasi terbarunya, fasilitas Call Center untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Fasilitas Call Centre…

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:27 WIB

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Sejalan dengan semangat berbagi di Hari Raya Idul Adha 1445 H di tahun ini, Danone Indonesia kembali menyumbangkan dan membagikan hewan kurban kepada masyarakat melalui pabrik-pabriknya yang…