Kideco Sukses Raih Penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Mei 2024 - 08:35 WIB

Chief Operation Officer Kideco, Edra Emilza saat mewakili PT Kideco Jaya Agung menerima penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector
Chief Operation Officer Kideco, Edra Emilza saat mewakili PT Kideco Jaya Agung menerima penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Mewujudkan Indonesia Emas yang ditargetkan tercapai pada tahun 2045, bukan hanya mewujudkan Indonesia yang mapan secara ekonomi. Dalam visi tersebut, Indonesia juga harus mewujudkan kelestarian lingkungan dalam bentuk Ekonomi Hijau. 

Kepala Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Muhammad Ahdiyar Syahrony mengatakan, untuk menuju Indonesia Emas, perlu adanya inovasi di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mewujudkan Ekonomi Hijau

"Perlu adanya inovasi CSR bidang ekonomi, lingkungan dan sosial. Salah satunya transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau, sehingga dapat berdampak langsung pada keberlanjutan pembangunan di Indonesia, dalam mengejar Indonesia Emas 2045,” ujar Muhammad Ahdiyar Syahrony dalam sambutannya di acara penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024 yang diselenggarakan oleh The Iconomics, di Borobudur Hotel Jakarta Pusat, Selasa (7/05/2024),

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendanaan Bilateral Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Rd Siliwanti mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, dana CSR harus dioptimalisasi untuk kepentingan pembangunan nasional.

 “Kita sama-sama ingin mencapai Indonesia Emas 2045, tentunya dengan peran kita semua dalam pembangunan di wilayah-wilayah di Indonesia. Dalam Strategi Pendanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 - 2045 ada pembiayaan inovatif, salah satunya dana CSR perusahaan yang perlu kita optimalisasi sebagai peran pembangunan nasional,” kata Rd Siliwanti.

Ajang penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024, bertemakan CSR Activity Awareness and CSR Image. Acara tersebut bertujuan untuk mendukung berbagai inovasi dan terobosan, yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pada kegiatan CSR.

Indikator penilaian yang diberikan kepada penerima awards meliputi jumlah kumulatif kegiatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR, termasuk aspek lingkungan, sosial, ekonomi, kesehatan, iklim dan pendidikan. 

Tahap penilaian selanjutnya adalah kualitas implementasi yang dilihat dari standard implementation, sustainability implementation, innovative implementation dan impact.

Di ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, meraih Indonesia Best CSR in Mining Sector. Penghargaan diberikan langsung oleh Bram S. Putro selaku Founder & CEO The Iconomics kepada Edra Emilza selaku Chief Operation Officer Kideco.

Edra Emilza menyampaikan bahwa penghargaan tersebut, akan menjadi penyemangat Kideco dalam membuat program-program CSR yang berkelanjutan.

“Penghargaan ini akan menjadi penyemangat Kideco dalam membuat program-program CSR yang berkelanjutan, serta dapat menginspirasi perusahaan lainnya dalam pembuatan program CSR yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Edra Emilza.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Bastian dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional, bantuan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui dana CSR, juga harus ditingkatkan. 

 "Kapasitas program Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus ditingkatkan agar terus berkembang dan berdaya saing. Kemampuan berwirausaha harus meningkat, produk yang dihasilkan harus inovatif dan solutif, serta mampu beradaptasi dengan kemajuan komunikasi saat ini. Semoga dengan adanya acara ini dapat menambah semangat, networking dan pengetahuan,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…