Solusi Teknologi Cloud untuk Keamanan Data Perusahaan

Oleh : Rival Achmad Labbaika | Minggu, 23 Juli 2017 - 14:15 WIB

Rival Achmad Labbaika. (Foto: IST)
Rival Achmad Labbaika. (Foto: IST)

PERNAHKAH anda mendengar “cloud computing” mungkin masih banyak yang samar dengan istilah yang memang jarang terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media social

 

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

 

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

Manfaat Cloud Computing Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Lalu manfaat manfaat apa saja yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2. Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet.

Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi.

Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya.

Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Cloud Computing, adalah sistem yang telah mendunia yang dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam efisiensi penyimpanan data.

Beberapa faktor seperti ketersediaan internet yang dibutuhkan sebagai jalur utama dalam distribusi data, kualitas vendor akan layanan sistem Cloud maupun masalah keamanan dan privasi seperti serangan peretas/hacker dalam meretas internet patut menjadi pertimbangan tersendiri sebelum anda beralih ke sistem Cloud.
Selain vendor yang harus meningkatkan kualitas pelayanan mereka, pengguna juga diharapkan dapat lebih bijak dalam memilih kualitas vendor yang akan mereka gunakan untuk mengelola data berbasis Cloud Computing.

Pengguna Cloud

Cloud Computing semakin berkembang di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya perusahaan-perusahaan multinasional yang bermigrasi menggunakan cloud untuk meningkatkan kemudahan juga kenyamanan. Baik kenyamanan klien maupun kenyamanan pegawai mereka.

Ada tiga perusahaan yang menarik perhatian di antara perusahaan yang berskala multinasional yang sudah bermigrasi menggunakan Cloud Computing, sebut saja Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia Merupakan BUMN pertama yang bermigrasi menggunakan cloud. Salah satu visi Garuda Indonesia adalah “IT Based Airlines”. Mereka ingin selalu terdepan dalam melakukan terobosan dan inovasi penerapan teknologi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. “Cloud Office Collaboration” merupakan sebuah sistem aplikasi pendukung pekerjaan yang mulai berkembang di dunia.

Perusahaan yang telah menerapkan teknologi berbasisi “Cloud Office Colaboration” akan mendapatkan banyak kemudahan serta kelebihan. Khususnya dari sisi efisiensi “cost infrastucture”.

Sejak awal 2015 Garuda mulai menerapkan sistem “Cloud Office Collaboration” dan menjadi BUMN pertama yang menggunakannya. Sampai saat ini mereka sudah berhasil memigrasikan lebih dari 90% akun karyawan ke sistem ini.

BCA. Bekerjasama dengan Microsoft BCA menghadirkan fasilitas mobile learning bagi karyawan. Mobile learning ini berbasis komputansi awan Microsoft Azure. Fasilitas mobile ini memungkinkan karyawan untuk mengakses konten pembelajaran serta ujian secara mobile.

Mobile learning BCA ini diluncurkan pada tanggal 26 Agustus 2015 dengan tujuan menjadi model pembelajaran yang nyaman juga aman bagi karyawan.

Sistem ini memberikan keleluasaan kepada 22 ribu karyawan BCA di seluruh Indonesia untuk mengakses materi di mana saja dan kapan saja.

Perlindungan informasi tentu selalu menjadi perhatian utama khususnya di dunia perbankan. Begitu pun mobile learning BCA mengingat Microsost selalu memberikan perlindungan data bagi setiap pengguna Azure, baik personal maupun korporasi.

Microsoft merupakan perusahaan pertama yang mengadopsi panduan praktis internasional untuk privasi cloud. ISO/IEC 27016. Selain itu Microsoft Azure juga menawarkan fitur auto scaling yang memungkinkan kapasitas penggunaan Azure diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Setelah melihat kedua perusahaan besar ini bermigrasi menggunakan layanan cloud, masih ragu untuk bermigrasi ke layanan cloud indonesia?

Rival Achmad Labbaika adalah Praktisi Media

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…