Wow Kabar Bahagia! Laporan Trend Gaji, UKM Tawarkan Gaji Lebih Tinggi dibandingkan Perusahaan Besar

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 30 September 2023 - 08:29 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id, Jakarta - JobStreet by SEEK, baru saja meluncurkan laporan eksklusif berjudul “Panduan Gaji 2023” yang memberikan pandangan komprehensif mengenai gaji pasar tenaga kerja Indonesia dan membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

Perusahaan harus memiliki strategi yang tepat karena menurut studi JobStreet by SEEK, 40% pencari kerja di Indonesia merasa penting untuk mengetahui gaji sebelum mereka melamar.

Panduan Gaji 2023 dari JobStreet by SEEK diambil berdasarkan data gaji dari iklan lowongan kerja yang dipasang oleh perusahaan di portal JobStreet Indonesia pada periode April 2022 hingga Maret 2023. Laporan gaji ini menganalisis dan melihat tren gaji untuk membantu perusahaan menyusun strategi agar dapat menawarkan gaji yang kompetitif.

Panduan Gaji 2023 menunjukkan bahwa gaji pekerja di Indonesia stabil, dengan 95,7% industri menunjukkan tidak ada perubahan gaji median yang signifikan dibanding tahun 2022.

Namun terjadi penurunan gaji di atas 3% di industri Media & Periklanan, Pemasaran, dan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions). Hal ini besar kemungkinan disebabkan oleh pelaku usaha mengurangi biaya operasional, yang secara tidak langsung mempengaruhi biaya pemasaran yang kadang dianggap sebagai biaya non-esensial.

Sedangkan tiga industri yang mengalami perubahan gaji dengan kenaikan gaji terbesar di antaranya adalah: Travel & Pariwisata (3.90%), Telekomunikasi (2.22%), dan Hiburan/Entertainment (2.16%).

Dari semua itu, bidang Asuransi merupakan industri yang paling menjanjikan, dengan peningkatan gaji pada tiga jabatan pekerjaan: Supervisor, Manajer, dan Senior Manajer.

Dengan meningkatnya pertumbuhan pariwisata setelah pandemi, jabatan Manajer pada industri Pariwisata mengalami kenaikan gaji tertinggi hingga 19,1%. Di lain sisi, industri Komputer/TI mengalami penurunan gaji pada empat jabatan pekerjaan, menjadikannya industri yang paling berisiko, termasuk level Manajer Senior dengan penurunan gaji hingga 28,8%.

Sawitri, Country Marketing Manager - Indonesia, JobStreet by SEEK, mengatakan, Lanskap rekrutmen di Indonesia saat ini mencerminkan tren persaingan usaha yang meningkat, sehingga perusahaan fokus pada pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Untuk itu, perusahaan membutuhkan talenta terbaik guna mendorong profitabilitas dan peningkatan layanan pelanggan di saat bersamaan. Kompetisi dalam merekrut talenta dengan produktivitas tinggi di bidangnya menjadi tantangan terbesar perusahaan, terutama untuk spesialisasi tertentu yang sulit diisi. Di sini lah gaji menjadi faktor penting dalam menarik kandidat terbaik, maupun untuk menjaga talenta yang sudah ada di perusahaan.

Laporan eksklusif ‘Panduan Gaji 2023’ menunjukkan industri Komputer/IT menghadapi iklim ekonomi yang menantang, menyebabkan beberapa perubahan paket kompensasi yang cukup signifikan, khususnya bagi Manajer Senior di wilayah Jabodetabek, yang mencapai -28.6%. Perusahaan dapat mempertimbangkan memberikan fasilitas atau manfaat tambahan agar tetap bersaing di pasar kerja.

Meskipun terdapat variasi gaji, posisi Manajer dalam bidang Teknik tetap memiliki gaji tertinggi sebesar Rp 13,8 juta. Sementara itu, jabatan Manajer Senior dalam bidang Akuntansi/Keuangan mencatatkan kenaikan gaji tertinggi, yaitu Rp 20,0 juta (50,0%). Posisi Manager dalam bidang Komputer/TI memiliki gaji tertinggi sebesar Rp 16,50 juta, dan Supervisor dengan spesialisasi Teknik mengalami kenaikan tertinggi sebesar Rp 250.000 (3,7%).

Kenaikan gaji yang signifikan terjadi dalam bidang Manufaktur (7,7%) dengan jabatan sebagai Supervisor dan dalam bidang Teknik (4,4%) sebagai Manajer. Di sisi lain, Manajer dalam bidang Hotel/Restoran mengalami penurunan gaji sebesar Rp 500.000 (6,3%). Tidak jauh berbeda, Junior Eksekutif dalam bidang Jasa juga mengalami penurunan yang tinggi, yaitu sebesar Rp 1,08 juta (17,2%). Selain itu, Jabatan Supervisor dalam spesialisasi Komputer/TI memiliki gaji tertinggi sebesar Rp 9,60 juta.

Sementara itu untuk wilayah di luar pulau Jawa, Sulawesi tercatat mengalami peningkatan gaji median sebesar 25,0%, terutama dalam bidang Sains dengan gaji mencapai Rp 10,500,000 pada tahun 2023 dari Rp 8,400,000 di tahun 2022. Selain itu, sektor Perhotelan di wilayah Bali & Nusra mengalami kenaikan gaji sebesar 23,7%, mencapai Rp 11,750,000 dari Rp 9,500,000. Perlu diperhatikan, tercatat bahwa Kepulauan Maluku memiliki gaji tertinggi sebesar Rp 8,400,000. Hal tersebut menekankan adanya pertumbuhan yang signifikan di sektor yang beragam bagi wilayah tertentu di Indonesia

"Gaji bukan satu-satunya faktor utama bagi pencari kerja Indonesia—cuti berbayar, asuransi, tunjangan, dan manfaat lainnya turut menjadi faktor yang dipertimbangkan—perusahaan perlu mempersiapkan strategi rekrutmen yang tepat guna menarik talenta terbaik bagi usahanya, termasuk penawaran gaji yang transparan, serta kesesuaian dengan standar masing-masing industri dan spesialisasi. Kami harap dengan studi mengenai tren gaji di berbagai industri, peran, dan posisi, perusahaan akan lebih siap dalam menyusun strategi rekrutmen, memungkinkan perusahaan untuk menarik serta mempertahankan kandidat yang tepat," tutup Sawitri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok. Kemenko Perekonomian)

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:56 WIB

Hadiri Simulasi Program Makan Siang, Menko Airlangga Berharap Gizi Anak-Anak Terpenuhi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang mengadakan simulasi program makan siang bernama Anak Sehat dan Sejahtera (Aksara)…