Groundbreaking Hotel Nusantara, Presiden Jokowi :Dahulukan Investor Dalam Negeri

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 September 2023 - 06:23 WIB

Groundbreaking Hotel Nusantara, Presiden Jokowi :Dahulukan Investor Dalam Negeri
Groundbreaking Hotel Nusantara, Presiden Jokowi :Dahulukan Investor Dalam Negeri

INDUSTRY.co.id - IKN-Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Hotel Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 September 2023. Hotel yang akan dibangun oleh konsorsium pengusaha Indonesia tersebut merupakan komitmen pemerintah mendahulukan investor dalam negeri untuk pembangunan IKN.

"Investor di dalam negeri harus didahulukan. Kalau enggak, nanti saya pasti dikomplain. Pak di dalam negeri ini yang punya duit banyak, Pak. Ngapain cari ke Singapura, ke Malaysia, ke Korea, ke Jepang, ke Uni Emirat Arab? Di sini banyak yang punya duit, Pak. Pasti ada yang berbicara seperti itu," ujar Presiden dalam sambutannya. Demikian keterangan dari  Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan beberapa kali jajak pasar untuk mendorong para investor dalam negeri ikut serta dalam pembangunan IKN. Meski demikian, minat para investor dalam negeri saat itu masih sedikit.

Presiden pun meyakini konsorsium pengusaha Indonesia yang akan membangun Hotel Nusantara akan meningkatkan minat investor lainnya untuk ikut serta membangun IKN. "Inilah yang nanti akan membawa lokomotif pada hari ini akan membawa gerbong di belakangnya akan banyak masuk (investor) ke Nusantara, saya yakin itu," ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi kehadiran para investor di IKN. Menurut Presiden, kehadiran para investor secara langsung di IKN dapat meningkatkan kepercayaan investor lainnya terhadap Nusantara.

"Ini memberikan confidence, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor," ucap Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa selain Hotel Nusantara, pemerintah akan melakukan peletakan batu pertama pada sejumlah proyek infrastruktur di IKN. Mulai dari toko retail, rumah sakit, hingga pusat pelatihan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Ada nanti ndak tahu 6 atau 8 lapangan bola di sini langsung dan selesai kira-kira 6 bulan dan didanai langsung oleh FIFA," tutur Presiden.

Presiden menyebut pendanaan FIFA menunjukkan bahwa proyek IKN telah mendapatkan kepercayaan internasional. Pusat pelatihan tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan prestasi tim nasional Indonesia di tingkat dunia.

"Begitu punya training camp, sepak bola kita saya meyakini kita akan bisa menaikkan level timnas kita ke tingkat yang lebih tinggi," tandasnya

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…

Belanja sayur mayur menggunakan QRIS BRI

Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:50 WIB

Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran kredit kepada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sepanjang Januari hingga Mei 2024, tercatat BRI…