Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah Regional Investment Forum

Oleh : Irvan AF | Kamis, 20 Juli 2017 - 14:05 WIB

Tempat Wisata di Sumatera Barat (Keren Su/Getty Images)
Tempat Wisata di Sumatera Barat (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah kegiatan Regional Investment Forum pada 15-17 Oktober 2017, sebagai agenda rutin Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam menggenjot investasi.

"Kami berterima kasih sekali atas kepercayaan BKPM dengan menunjuk Kota Padang selaku tuan rumah. Investasi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi di Sumatera Barat," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dalam Rapat koordinasi persiapan yang dilakukan di Padang, Rabu (19/7), Irwan mengatakan Sumatera Barat memiliki berbagai potensi pariwisata yang dapat menarik bagi investor asing yang tertarik menanamkan modalnya.

"Salah satunya adalah Pantai Mandeh yang menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat," lanjutnya.

Pariwisata menjadi sektor prioritas yang ditampilkan dalam kegiatan Regional Investment Forum yang merupakan inisiatif BKPM. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan di Bali pada Februari 2017.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga menambahkan dalam proses persiapan ini, pemerintah akan memfasilitasi konsultan internasional serta menjajaki beberapa investor yang menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modalnya di Sumatera Barat.

"Regional Investment Forum di Padang ini akan dimanfaatkan untuk memaparkan peluang investasi dari destinasi wisata dari kampanye 10 Bali baru oleh pemerintah," katanya.

Ke sepuluh destinasi wisata tersebut diantaranya Kepulauan Seribu, Danau Toba, Borobudur, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang dan Bromo.

"Selain itu, beberapa destinasi Sumatera Barat lainnya juga ditawarkan seperti Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Taman Laut Mandeh. Investasi yang diharapkan masuk adalah investasi di infrastruktur penunjang pariwisata seperti hotel dan bidang usaha lainnya," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan koordinasi tersebut Sekretaris Utama BKPM, walikota/bupati dan perwakilan kabupaten/kota di Sumatera Barat, serta perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan Regional Investment Forum di Padang, Sumatera Barat akan didukung oleh berbagai instansi di antaranya Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia.

Kegiatan tersebut akan dimasukkan dalam agenda "Voyage to Indonesia" yang merupakan serangkaian kegiatan tambahan menjelang pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Indonesia tahun depan.

Dengan memilih lokasi penyelenggaraan di Padang, Sumatera Barat, pemerintah berupaya untuk meningkatkan realisasi investasi di luar Pulau Jawa.

Berdasarkan data BKPM per triwulan pertama 2017, porsi investasi di luar Pulau Jawa mencapai 45,4 persen sebesar Rp75,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya yakni 44,9 persen atau sebesar Rp65,8 triliun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…