Kemenperin: PIDI 4.0 Dukung Percepatan Transformasi Ekosistem Digital

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Juni 2023 - 16:08 WIB

Dok Kemenperin
Dok Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus menggencarkan penerapan industri 4.0 di Indonesia untuk mewujudkan target dan sasaran dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satu langkah yang ditempuh adalah peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

“Ke depan, kita tidak hanya cukup menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten saja, namun bagaimana mampu menciptakan SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi industri 4.0. Karenanya, PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi digital tersebut,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Dalam rangka penguatan ekosistem industri 4.0, BPSDMI Kemenperin telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penajaman Program dan Kegiatan 2023 di Gedung PIDI 4.0, Jakarta. Beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut, di antaranya adalah evaluasi implementasi program dan kegiatan selama tahun berjalan untuk mendukung output serta key performance indicator (KPI) PIDI 4.0.

“Tercatat lebih dari 20 kegiatan dalam bentuk exhibition, conference, seminar workshop yang telah dilaksanakan oleh PIDI 4.0 bersama industri mitra, antara lain Advantage Software & Cybersecurity Implementation to Support Digital Transformation Journey for Industry, Microcontroller Arduino, Big Data Analyst, dan Blockchain Technology seminar,” ungkapKepala Pusdiklat SDM Industri Kemenperin, Arnes Lukman.

Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan, antara lain diskusi dalam rangka penajaman program dan kegiatan mendatang di tahun 2023. PIDI 4.0 juga mendorong mitra untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam perhelatan besar nasional seperti Seminar Journey To 5G Smart City, Seminar National & Global Light House, serta Transformation Awareness Program.

“Pertemuan Koordinasi ini dilaksanakan secara luring dengan total peserta dari 25 perusahaan yang bergerak di industri manufaktur,” tutur Arnes. Para peserta rapat yang termasuk dalam kategori technology 4.0 user, yaitu PT Indolakto dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Sedangkan industri mitra yang termasuk ke dalam kategori technology provider, yakni PT Telkomsel, PT Jababeka Infrastruktur, PT NEC Indonesia, PT AWASIN, PT Aldik, dan PT TSM.

Selanjutnya, partisipan rapat dari industri yang tergolong ke dalam service dan training provider adalah PT. Jamiko, TUV Rheinland, dan PT Naganaya. Dalam kesempatan tersebut beberapa perusahaan asing yang tergabung dalam ekosistem PIDI 4.0 juga berpartisipasi dalam rapat koordinasi ini, yaitu PT Ericsson, PT Intel, PT SKF, PT FESTO, PT Schneider Electric, PT Omron Electronics, PT Arcstone, serta PT Hexagon.

“Tidak kalah pentingnya pertemuan ini juga diikuti oleh beberapa startup lokal, antara lain PT Bogortech Pratama Internusa, PT Widya Robotics, PT Lanius Inovasi Indonesia, PT UMG Idea Lab, PT MSMB, dan PT SSD,” sebut Arnes.

Salah satu kontribusi nyata dari mitra PIDI 4.0 adalah layanan showcase center PIDI 4.0 dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Fasilitas tersebut telah menerima sekitar 500 kunjungan sejak diresmikan pada awal tahun 2023. Showcase yang dibangun oleh TMMIN akan dimanfaatkan untuk training, dan untuk konsultasi terkait transformasi industri.

Dalam rangka penguatan ekosistem industri 4.0, PT TSM, NEC Indonesia, dan PT Festo bersama PIDI 4.0 juga telah berkontribusi dalam beberapa exhibition tingkat nasional dan global seperti Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 dan Hannover Messe 2023 di Jerman.

Arnes menambahkan, Kemenperin memberikan apresiasi kepada para industri mitra PIDI 4.0 yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan kolaboratif yang dilaksanakan selama dua tahun terakhir sejak diresmikannya gedung PIDI 4.0 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada 2 Desember 2021. 

“Untuk memperkuat peran PIDI 4.0 maka perlu dilakukan audiensi dengan industri manufaktur atau asosiasi industri per sektor untuk mengidentifikasi pain point dan kebutuhan industri dalam melakukan transformasi digital,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.