Dukung Digitalisasi Pensiunan, Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara Bersama NETZME Luncurkan Platform Digikop PWRI

Oleh : Kormen Barus | Senin, 29 Mei 2023 - 19:14 WIB

Dukung Digitalisasi Pensiunan, Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara Bersama NETZME Luncurkan Platform Digikop PWRI
Dukung Digitalisasi Pensiunan, Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara Bersama NETZME Luncurkan Platform Digikop PWRI

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara melakukan soft launching platform Koperasi Digital PWRI yang bernama “DigiKop PWRI”. Platform ini memiliki tujuan utama untuk membantu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang saat ini telah mencapai 2,9 juta pensiunan serta tergabung dalam PWRI, melalui beragam program digitalisasi dan juga pastinya platform koperasi digital dari Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara, khususnya dalam era revolusi industri 4.0.

Soft Launching platform DigiKop PWRI ini, juga bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, sebagai salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi nyata terhadap kontribusi para orang lanjut usia (lansia) di Indonesia.

Ketua Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara, Irnanda Laksanawan mengatakan dengan adanya DigiKop PWRI ini dapat menjadi wadah digitalisasi yang handal untuk bisa membantu peningkatan produktifitas kembali serta kesejahteraan para anggota PWRI di seluruh Indonesia secara lebih terukur, yang dimulai dari digitalisasi database keanggotaan PWRI maupun pengembangan berbasis kewirausahaan UMKM secara lebih sistematis. Selain itu platform ini memudahkan Anggota PWRI yang sudah terverifikasi untuk bergabung menjadi Anggota Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara tanpa harus repot mengurus segala bentuk proses administrasi koperasi yang biasanya terjadi.

“Jadi diharapkan kedepannya untuk para anggota tidak perlu repot-repot mengantri untuk melakukan dan menerima semua pelayanan koperasi. Kedepannya setelah soft launching, platform baru ini akan dapat digunakan oleh seluruh anggota Koperasi dan akan terus dikembangkan dengan mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari pengguna agar dapat lebih optimal lagi dalam melayani 2.9 juta Pensiunan ASN,” terang Irnanda.

Platform ini juga bisa membantu anggota koperasi untuk melakukan kegiatan UMKM sehingga dapat mengimplementasikan strategi pemasaran dan promosi yang efektif, mengembangkan program dan kegiatan yang memberdayakan anggota koperasi dalam meningkatkan kualitas hidup, serta memonitor dan mengevaluasi kinerja platform secara berkala untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis.

Selain itu melalui Digikop PWRI ini, anggota koperasi dapat bertransaksi non-tunai mulai dari transaksi PPOB (Payment Point Online Bank) seperti pulsa, data, PLN, PDAM dan lainnya, pembayaran berbasiskan QRIS dan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Sehingga anggota koperasi dapat mengakses dengan mudah secara digital melalui ponsel layanan koperasi yang biasanya dilakukan secara konvensional, guna mendukung transformasi digital PWRI untuk sistem real-time dan online sehingga terhubung dengan mitra - mitra utama PWRI antara lain Taspen, BKN (Badan Kepegawaian Nasional), BPJS Kesehatan, Jamsostek, Bank Mandiri Taspen, BRI dan lainnya.

Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara yang berada dibawah naungan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) merupakan Koperasi Jasa yang harapannya dapat memberikan beragam layanan yang bisa lebih memberdayakan para pensiunan dan masyarakat umum melalui layanan inovatif, inklusif, dan berkelanjutan dalam era digital.

Ketua Umum Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), Prapto Hadi menambahkan bahwa besar harapannya untuk semua pensiunan dapat turut serta dalam digitalisasi dan tetap aktif dalam menggerakan pertumbuhan perekonomian indonesia dengan mulai bergabung menjadi anggota koperasi serta menggunakan platform DigiKop PWRI.

Platform DigiKop PWRI dikembangkan atas inisiasi bersama perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) yang sudah dimulai pada 31 Agustus 2022 lalu.

Pengguna pada platform DigiKop PWRI di bagi menjadi 4 kategori, Kategori 1 (Guest) Pengguna yang baru mengunduh aplikasi PWRI, belum bisa menggunakan fitur, Kategori 2 (Basic) Pengguna yang sudah mendaftarkan akunnya. Pengguna ini sudah bisa menggunakan beberapa fitur seperti top up saldo uang elektronik, dan PPOB (Pulsa, Data, PLN, PDAM, dsb), Kategori 3 (Anggota PWRI) Pengguna yang sudah terverifikasi sebagai anggota atau anggota keluarga PWRI. Pengguna bisa menggunakan semua fitur kecuali pembiayaan dan fitur koperasi, dan Kategori 4 (Anggota DIGIKOP PWRI) Pengguna yang sudah terverifikasi sebagai anggota koperasi dan sudah membayar simpanan pokok dan wajib. bisa menggunakan semua fitur, termasuk semua fitur layanan koperasi secara penuh.

Keunggulan dari DigiKop PWRI ini pengguna dapat melakukan segala bentuk aktivitas dan partisipasi secara aktif dalam Koperasi Jasa Wredatama Mandiri Nusantara secara digital dengan lebih mudah, aman dan transparan serta pastinya juga memiliki beragam fitur layanan transaksi keuangan yang inovatif berbasis QRIS. Semua layanan Digikop PWRI selain melalui web-based juga dapat diakses serta diunduh kapan saja dan di mana saja dalam bentuk aplikasi melalui Google Playstore (Android) dan dalam waktu yang akan datang juga akan segera tersedia di Apple Store (iOS).

CEO Netzme, Vicky G. Saputra mengatakan DigiKop PWRI dirancang dengan interface yang sederhana dan user-friendly tanpa mengurangi kegunaan fitur-fitur unggulannya, sehingga mudah digunakan terutama oleh para pensiunan. Melalui platform ini kami mengharapkan bisa membantu pemberdayaan para Pensiunan secara lebih baik dan mandiri serta berkelanjutan,” tambah Vicky.

Sebelumnya, Netzme berkolaborasi dengan pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta dalam pengembangan dashboard monitoring sistem Jakpreneur serta integrasi QRIS Jakpreneur untuk memberikan fasilitas sistem pembayaran non-tunai yang cepat, mudah, murah, aman dan handal bagi seluruh UMKM binaan Jakpreneur Dinas PPKUKM DKI Jakarta.

Selain itu, Netzme juga berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Barat dan PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) dalam menyediakan layanan dan monitoring sistem berbasis QRIS yang digunakan oleh seluruh UMKM yang terdaftar di Lombok Sumbawa Fair pada event World Super Bike (WSBK) 2023 yang lalu di Mandalika, Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komisaris dan Direksi Danamon Kembali Terima Penghargaan “Infobank 500 Most Outstanding Women 2024”

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:39 WIB

Komisaris dan Direksi Danamon Kembali Terima Penghargaan “Infobank 500 Most Outstanding Women 2024”

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dengan bangga mengumumkan bahwa dua dari anggota Komisaris dan Direksi Danamon menerima penghargaan Infobank 500 Most Outstanding Women 2024. Penghargaan…

Kompetisi Asta Kriya Nusantara 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:20 WIB

Upaya Kemenperin Temukan Perajin Anyaman Inovatif Lewat Kompetisi Asta Kriya Nusantara

Industri kerajinan Nusantara menyimpan potensi besar sebagai sumber penghidupan masyarakat di berbagai daerah, sehingga turutberperan dalam menggerakkan perekonomian negara. Untuk itu, Kementerian…

Investasi Cerdas di Musim Panas: AC Smart Neuva Pro, Hemat dengan Garansi 10 Tahun

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:14 WIB

Investasi Cerdas di Musim Panas: AC Smart Neuva Pro, Hemat dengan Garansi 10 Tahun

Dengan masuknya musim panas, masyarakat Indonesia mulai bersiap-siap untuk menghadapi suhu yang meningkat. Penggunaan AC (air conditioner) menjadi pilihan utama untuk memastikan kenyamanan di…

Kementerian PUPR Rampungkan Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala di Palu Sulawesi Tengah

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:45 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala di Palu Sulawesi Tengah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) untuk mengembalikan fungsi…

Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP-BUMD) DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono (Kiri foto) dan Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini melakukan kunjungan pada booth Bank DKI pada gelaran pembukaan Jakarta Fair 2024 di Jakarta (12/6).

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:39 WIB

Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024

Jakarta – Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan…