Waduh, Jumlah Harian Insiden Dunia Maya yang Disebabkan Manusia Meningkat 1,5 Kali Lipat pada Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 27 Mei 2023 - 11:54 WIB

Dok Kaspersky
Dok Kaspersky

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penelitian berdasarkan analisis insiden yang dilaporkan kepada pelanggan Kaspersky Managed Detection and Response (MDR) mengungkapkan bahwa analis Security Operations Center (SOC) menemukan lebih dari tiga insiden dengan tingkat keparahan yang tinggi disebabkan oleh keterlibatan langsung manusia setiap harinya pada tahun 2022.

Efisiensi yang diberikan oleh spesialis eksternal saat menangani solusi keamanan siber dan persyaratan pengetahuan khusus adalah alasan utama bagi perusahaan untuk mengalihdayakan pakar eksternal pada tahun 2022. Untuk mengatasi kurangnya kesenjangan keahlian di antara para profesional Keamanan TI dan memberi mereka wawasan tentang lanskap ancaman saat ini, Kaspersky menganalisis insiden pelanggan anonim yang terdeteksi oleh layanan MDR-nya.

Laporan Analis Deteksi dan Respons Terkelola (Managed Detection and Response) tahunan Kaspersky menunjukkan bahwa insiden dengan tingkat keparahan tinggi membutuhkan waktu rata-rata 43,8 menit untuk dapat dideteksi oleh Kaspersky MDR. Karena peningkatan serangan yang didorong oleh factor manusia, waktu pemrosesan ini meningkat sekitar 6% dibandingkan tahun sebelumnya, karena memakan lebih banyak waktu para analis SOC.

Mengenai tipe-tipe insiden tersebut, 30% di antaranya terkait dengan APT, 26% merupakan serangan malware, dan lebih dari 19% dihasilkan dari “peretasan etis” (pentest, tim merah/red teaming, atau jenis latihan dunia maya lainnya yang dilakukan di ruang lingkup pelanggan baik untuk penilaian keamanan sistem TI maupun pengujian kesiapan operasional layanan MDR). 

Proporsi insiden yang diakibatkan kerentanan kritis secara umum dan deteksi jejak serangan sebelumnya yang melibatkan manusia adalah sekitar 9%. Insiden yang tersisa dihasilkan dari keberhasilan penggunaan teknik rekayasa social (social engineering) atau terkait dengan ancaman orang dalam.

“Laporan MDR menunjukkan bahwa serangan canggih yang digerakkan oleh manusia terus berkembang. Mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk diselidiki dan mereka menyita lebih banyak waktu para analis SOC karena jenis serangan ini cenderung otomatisasi pada tingkat yang lebih rendah. Untuk mendeteksi serangan ini secara efisien, kami menyarankan perusahaan untuk menerapkan praktik perburuan ancaman yang komprehensif yang dikombinasikan dengan pemantauan peringatan klasik,” kata Sergey Soldatov, Kepala Pusat Operasi Keamanan, Kaspersky yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (27/5/2023).

Untuk perlindungan yang lebih baik dari serangan tingkat lanjut, pakar Kaspersky merekomendasikan hal berikut:

• Terapkan solusi yang menggabungkan kemampuan deteksi dan respons serta membantu mengidentifikasi ancaman tanpa melibatkan sumber daya internal tambahan.

• Beri tim SOC Anda akses ke intelijen ancaman terbaru dan pastikan visibilitas mendalam ke ancaman dunia maya yang menargetkan organisasi Anda.

• Berikan staf Anda wawasan keamanan siber yang penting untuk mengurangi kemungkinan serangan yang ditargetkan.

• Terapkan pelatihan pakar Incident Response untuk meningkatkan keahlian forensik digital internal dan tim tanggap insiden Anda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…