Hadiri Peresmian Kantor KIAT, Menteri Basuki: Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia Bidang Infrastruktur

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Mei 2023 - 09:35 WIB

Peresmian kantor baru KIAT
Peresmian kantor baru KIAT

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian kantor baru Indonesia Australia Partnership for Infrastructur atau Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di Menara Standard Chartered, Jakarta, Senin (22/5/2023). 

Hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Australia sudah terjalin dengan baik, sehingga dapat merealisasikan harapan-harapan kedua negara terhadap pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua negara di bidang infrastruktur, di mana Kementerian PUPR bersama KIAT telah bekerjasama di bidang jalan, air bersih, sanitasi, dan skema Kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

"Yang menjadi unik di KIAT ini tidak hanya bermitra dengan membantu Kementerian PUPR dalam physical development program, tetapi juga seperti konsep-konsep regulasi yang baru di introduce kepada kami dibantu oleh KIAT, seperti KPBU dan hibah jalan daerah,” kata Menteri Basuki. 

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga menyampaikan ucapan terima kasih terkait dukungan program percepatan penanganan kerusakan jalan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang telah dikeluarkan oleh Presiden pada bulan Maret 2023. 

“Sebetulnya sudah diusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk menjadi program APBN, tetapi karena banyaknya keluhan kerusakan jalan daerah kepada Bapak Presiden, kami survive dengan Inpres jalan daerah yang segera kita lakukan bulan Juli ini. Kami juga mendapat laporan dari Direktur Jenderal Bina Marga bahwa KIAT juga akan mensupport Inpres Jalan Daerah dalam rangka mutu jalan daerah, terima kasih atas dukungannya,” kata Menteri Basuki.

Sebagai penutup, Menteri Basuki menyampaikan selamat kepada KIAT yang telah meresmikan kantor baru di DKI Jakarta. Menteri Basuki berharap dengan adanya kantor baru tersebut tidak hanya menyediakan ruang kerja bagi pegawai KIAT, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Australia dalam meningkatkan kolaborasi pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan KIAT selama ini, dan untuk future saya kira kita dapat meningkatkan kerja sama ini untuk kemajuan Indonesia,” kata Menteri Basuki. 

Direktur Fasilitas KIAT Steven Chaytor mengatakan sejumlah kerja sama konkrit yang telah dan akan dilakukan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR dengan bantuan pendanaan Pemerintah Australia di antaranya program Provincial Road Improvement and Maintenance yakni program yang menyediakan dana hibah berbasis kinerja dan peningkatan kapasitas untuk pengembangan jalan daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Probolinggo. 

“Kami juga menjalankan Program Hibah Jalan Daerah dengan memberikan bantuan teknis untuk sistem pengelolaan aset jalan dan mendukung kapasitas pemerintah daerah untuk perbaikan jalan,” kata Steven Chaytor.

Selain itu juga tengah disiapkan program pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap yang mengintegrasikan desain tahan iklim, pembangunan instalasi dan jaringan pengolahan air limbah Palembang, program peningkatan kinerja teknis dan finansial BUMD Air Minum, penyelesaian proyek pemeliharaan jalan sub-nasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…