Amankan Pasokan Batu Bara Untuk PLTU, PLN EPI Pasok 3,4 Juta Ton Untuk 3 PLTU

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Mei 2023 - 13:17 WIB

Jaringan PLN
Jaringan PLN

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) lewat anak usahanya PLN Batubara Niaga (PLN BBN) memasok kebutuhan batu bara untuk tiga pembangkit yang tersebar di Jawa dan Kalimantan yang dioperasikan oleh Independent Power Producer (IPP).

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara menjelaskan PLN Batubara Niaga menjalankan usaha perniagaan batubara untuk pembangkit Independent Power Producers (IPP) dan memastikan pasokan energi primer yang aman untuk pembangkit IPP. Langkah ini dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan batu bara di setiap pembangkit sehingga mencegah risiko krisis energi. Demikian keterangan dari Mamit Setiawan Sekretaris Perusahaan PT PLN Energi Primer Indonesia

"Bisnis ini tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan dua belah pihak semata, namun juga dalam memenuhi kebutuhan energi listrik bagi masyarakat Tanah Air. Saat ini batubara merupakan salah satu bahan baku yang paling murah dalam produksi listrik yang akan berdampak pada tarif listrik serta subsidi dari pemerintah," kata Iwan saat penandatangan Perjanjian Jual Beli Batu Bara antara PLN Batubara Niaga dengan PT Cahaya Fajar Kaltim dan PT Indonesia Energi Dinamika pada Selasa (9/5) bertempat di PLN Kantor Pusat, Jl. Trunojoyo.

Iwan menjelaskan lewat kerjasama ini menunjukan hasil dari transformasi bisnis yang dilakukan PLN EPI mampu membawa kepastian pasokan sehingga mencegah adanya krisis energi. Security of Supply yang saat ini menjadi visi PLN mampu tercukupi dengan baik lewat kontrak jangka panjang.

Tak hanya menjaga tata kelola yang baik, PLN BBN juga memasok batu bara dengan jaminan kualitas terbaik. Spesifikasi kalori batubara  yang disediakan  PLN BBN pun sudah sesuai dengan Certificate of Sampling and Analysis (CoA).

Direktur Utama PLN Batubara Niaga, Kanapi Subur Dwiyanto menjelaskan PLN BBN akan memasok kebutuhan batu bara untuk PLTU Cilacap Unit 3 (660 MW) dan Unit 4 (1000 MW) yang dioperasikan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P). PLN BBN memasok 1,6 juta metrik ton batu bara untuk memastikan kelangsungan produksi listrik di sistem Jawa Bagian Selatan.

"Secara kebutuhan per bulan pembangkit ini membutuhkan 200 ribu metrik ton. Melalui kerjasama ini maka IPP mendapatkan kepastian pasokan sebesar 1,6 juta metrik ton selama satu tahun ini," jelas Kanapi.

PLN BBN memasok batu bara dengan kualitas kalori 3800 kCal/Kg AR. Pengapalan pertama berlangsung pada 7 Mei 2023. PLTU IPP Cilacap 3 dan 4 milik PT S2P akan memasok listrik ke sistem kelistrikan 500 kilo Volt (kV) Jawa-Bali. Pembangkit ini diharapkan memproduksi energi listrik sebesar ±  9.700 Giga Watt hour (GWh) per tahun.

 

Kerjasama kedua, PLN BBN akan memasok kebutuhan Batubara PLTU Kaltim 4 (110 MW) sebesar 1.1 Juta Metrik Ton, PLTU IPP Embalut Unit 1, 2 (2×25 MW) serta PLTU Embalut Ekspansi (30 MW) sebesar 720 ribu Metrik Ton dengan total pengiriman batubara 1,8  juta metrik ton per tahun. PLTU Embalut dioperasikan oleh PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK) dan PLTU Kaltim 4 dioperasikan PT Indonesia Energi Dinamika (Indoeka).

Dalam satu bulan kebutuhan batu bara untuk dua PLTU ini sebesar 155 ribu metrik ton dengan Batubara yang disuplai memiliki kualitas kalori 3800 - 4200 kCal/Kg (AR).

"Langkah ini kami ambil untuk mengamankan pasokan batu bara untuk PLTU IPP Embalut 1, 2 dan Ekspansi serta PLTU IPP Kaltim 4 yang berlokasi di Tanjung Batu, Kutai Kertanegara Kaltim dalam rangka menjaga kelangsungan produksi listrik di sistem Mahakam Kalimantan yang meliputi Samarinda, Balikpapan, Tenggarong dan Bontang," jelas Kanapi.

Direktur PT CFK dan PT Indoeka, Daniel Mahendra Yuniar mengapresiasi kerjasama antara kedua belah pihak. Ia mengatakan sebuah kehormatan dan kepercayaan pihak PLN EPI khususnya PLN Batubara Niaga akan memasok batubara ke pembangkit IPPnya.

"Semoga dengan kerja sama ini PLTU IPP Embalut/Embalut Expansion dan PLTU Kaltim 4 dapat memenuhi kebutuhan energi di wilayah Kaltim yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," tambah Daniel.

Lewat kerjasama ini PLN BBN mewujudkan komitmen PLN EPI untuk memastikan seluruh pasokan energi primer untuk pembangkit aman. Ditengah ancaman krisis energi dan juga fluktuasi harga komoditas, PLN BBN akan terus merumuskan langkah strategis yang mampu meningkatkan efisiensi perusahaan dan meningkatkan ketahanan energi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…