Baksos Operasi Bibir Sumbing Bersama RSU Syubbanul Warhon

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 06 Mei 2023 - 06:19 WIB

Baksos Operasi Bibir Sumbing Bersama RSU Syubbanul Warhon
Baksos Operasi Bibir Sumbing Bersama RSU Syubbanul Warhon

INDUSTRY.co.id - Magelang – Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon bekerja sama dengan Yayasan Dharma Wulan, Smile Train, dan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrego, mengadakan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing untuk masyarakat di sekitar Kecamatan Tegalrejo, Magelang. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan lebih banyak senyuman di wajah masyarakat, khususnya di daerah Magelang dan sekitarnya. Bakti sosial ini ditujukan untuk masyarakat umum yang kurang mampu, tanpa dipungut biaya apapun.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 4 Mei dengan tahap skrining pasien dan tindakan operasi dilakukan pada tanggal 5 hingga 6 Mei. Dari hasil skrining, pasien dapat menerima satu kali tindakan operasi atau lebih tergantung dari diagnosis dokter atas kondisi pasien. Adapun hingga saat ini, terdapat 18 pasien yang sudah mendaftarkan diri. Semua tindakan operasi bibir sumbing difasilitasi oleh RSU Syubbanul Wathon dan Smile Train, disponsori oleh Yayasan Dharma Wulan (Komunitas Lanjut Usia di Magelang).

RSU Syubbanul Wathon resmi beroperasi pada awal tahun 2019. Rumah sakit ini merupakan hasil kemitraan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Yayasan Syubbanul Wathon dan Kelompok Lippo melalui RS Siloam yang bertujuan untuk membangun rumah sakit di daerah dengan sasaran pemberdayaan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Rumah sakit ini memiliki 100 tempat tidur yang terdiri dari Kelas 3, Kelas 2, Kelas 1, dan VIP. RSU Syubbanul Wathon juga melayani pasien dengan jaminan korporasi, asuransi, dan BPJS, di mana setiap bulannya dapat melayani lebih dari 2,500 pasien rawat jalan. RSU Syubbanul Wathon memiliki klinik rawat jalan yang komprehensif termasuk klinik penyakit dalam, anak, kandungan dan kebidanan, bedah umum dan bedah anak, ortopedi, jantung dan pembuluh darah, paru, urologi, mata, saraf, dan lainnya. Rumah sakit ini juga menyediakan layanan hemodialisis bagi pasien yang memerlukan cuci darah dan dilengkapi dengan layanan laboratorium yang komprehensif serta layanan radiologi 24 jam.

“Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan di kota Magelang, kami turut bangga dan mendukung kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing ini. Kami juga berterima kasih kepada Yayasan Dharma Wulan, Smile Train, dan Pondok Pesantren API sebagai penyelenggara kegiatan ini dan atas kepercayaannya untuk memilih RSU Syubbanul Wathon sebagai fasilitator operasi bibir sumbing. Kami berharap kegiatan bakti sosial ini dapat berkontribusi untuk masyarakat Magelang yang lebih sehat,” tutur CEO RSU Syubbanul Wathon, dr. Ervina Leswandari.

Sementara itu Dr. drg. Andi Setiawan Budihardja SpBM(K) sebagai ketua tim operasi ini menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan karena tingkat kesulitan tindakan operasi setiap pasien berbeda beda, tutur drg. Andi yang sehari harinya dokter spesialis bedah mulut di RS Siloam Hospitals Lippp Village.

Pengasuh Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo, KH. Muhammad Yusuf Chudlori, mengatakan “Kami turut senang dan bangga atas berjalannya kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing ini. Kami juga berterima kasih kepada RSU Syubannul Wathon yang turut memfasilitasi kegiatan ini dan telah memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas tinggi kepada masyarakat di Magelang dan sekitarnya.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…