Khayangan Senior Living Gelar Sharing Session Bertajuk 'Persiapan Pensiun vs Tidak Ada Kata Pensiun'

Oleh : Ridwan | Sabtu, 15 April 2023 - 09:00 WIB

Sharing Session bertajuk Persiapan Pensiun vs Tidak Ada Kata Pensiun yang digelar Khayangan Senior Living
Sharing Session bertajuk Persiapan Pensiun vs Tidak Ada Kata Pensiun yang digelar Khayangan Senior Living

INDUSTRY.co.id - Cikarang – PT. Jababeka Tbk melalui salah satu anak usahanya Khayangan Senior Living yang juga merupakan bagian dari pilar Jababeka Hospitality, menggelar Sharing Session dan Buka Puasa Bersama pada 13 April 2023 di Care Center Khayangan Senior LIving, Jababeka Cikarang Kabupaten Bekasi. 

Sekadar informasi, Khayangan Senior Living merupakan penyedia hunian terpadu eksklusif untuk lansia yang pelayanannya menyesuaikan kebutuhan individu.

Dalam sharing session tersebut, topik yang menjadi pembahasan adalah fenomena perbedaan pandangan masyarakat yang terjadi saat ini yakni  ada yang merasa harus mempersiapkan pensiun dan ada pula yang justru berpandangan tidak perlu ada kata pensiun.

Acara ini dihadiri lebih dari 50 orang peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang seperti pensiunan, pekerja senior, dan juga praktisi human resource. 

Selain dihadiri peserta yang berasal dari area Cikarang dan sekitarnya, acara ini dihadiri pula oleh peserta dari Jakarta dan Tangerang.

Narasumber pada acara ini Dr. B. Woeryono, SH, MH, MM selaku pakar hukum ketenagakerjaan berpandangan tidak perlu ada kata pensiun. Hal ini dianggap berpengaruh pada pola pikir, semangat dan juga mental seseorang.

“Bila sudah terucap kata pensiun, maka hati, fikiran, mental, fisik juga akan terdampak. Saya sampai saat ini usia 77 tahun tidak pernah  merasa pensiun, masih aktif di berbagai organisasi, akademis dan juga sebagai konsultan hukum untuk beberapa perusahaan. Kondisi yang membedakan mungkin hanya tidak lagi sebagai pekerja formal di suatu perusahaan,” ujar pria yang disapa Pak Wur ini. 

Lebih lanjut lagi, Pak Wur menerangkan bahwa aktifnya beliau ini merupakan bentuk terapi untuk menjaga kualitas kehidupan sosial. Bila sudah berhenti bekerja formal, hal yang tidak boleh berhenti adalah menambah teman, bersosialisasi dan berkomunitas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan sosial. 

Pak Wur juga menambahkan pentingnya aspek spiritual bagi sesorang yang sudah pensiun yakni sebagai penyeimbang bagi kehidupan dunia yang hanya sementara. 

Di tempat yang sama, Penanggung Jawab Khayangan Senior Living, Trisno Muldani menambahkan pentingnya menjaga fisik, mental, sosial dan spiritual pada saat menjelang dan memasuki usia pensiun.

“Fisik, mental, sosial dan spiritual adalah empat aspek yang sangat penting untuk dijaga bagi semua orang, termasuk yang sudah memasuki usia pensiun. Biasanya menjelang penisun, orang hanya fokus pada persiapan finansial, akan tetapi tidak mempersiapkan aktifiitas yang akan dilakukan. Di Khayangan Senior Living, empat aspek tersebut selalu dijaga melalui aktifitas yang dilakukan setiap hari melalui olahraga seperti mini golf, archery, jogging dan lainnya, juga melalui kegiatan terkait hobi seperti karaoke, melukis, handy craft, cooking class dan juga kegiatan lainnya. Hal di berlaku untuk semua member, baik untuk member Senior Club ataupun member yang stay di Khayangan” ujar Trisno.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Jababeka Hospitality melalui unit Khayangan Senior Living yang didukung pula oleh PT Adika Catur Daya dan Advokat dan Konsultan Hukum B. Woeryono & Rekan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…