Djatie Hijabqueen Bersama Ninja Xpress Bagikan Tips Manfaatkan Momentum Ramadan Untuk Tingkatkan Penjualan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 27 Maret 2023 - 22:33 WIB

Djatie Hijabqueen berbagi tips berjualan memanfaatkan momentum Ramadan.
Djatie Hijabqueen berbagi tips berjualan memanfaatkan momentum Ramadan.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tingginya peningkatan daya beli masyarakat di bulan Ramadan khususnya industri tekstil dan pakaian menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku UKM di Indonesia. Salah satu UKM yang sukses memanfaatkan momentum Ramadan dan berhasil meningkatkan penjualan hingga 200% adalah Djatie Hijabqueen.

Djatie Hijabqueen merupakan salah satu shipper Ninja Xpress yang menjual berbagai produk jilbab dengan kualitas tinggi dan memiliki keunikan tersendiri. Putri Amalia Zahara, Manager Keuangan Djatie Hijabqueen berbagi tips bagaimana memanfaatkan momentum Ramadan untuk tingkatkan penjualan dan mendapatkan pendapatan yang maksimal.

Menjual Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Ramadan
Bulan Ramadan, umat muslim akan memperbanyak aktivitas keagamaan, sehingga penting untuk pelaku UKM memahami kebutuhan-kebutuhan dari umat muslim di bulan Ramadan.Beberapa diantaranya seperti peralatan sholat, pakaian muslim dan muslimah, sampai dengan menyediakan set pakaian keluarga sehingga dapat menjual produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan momentum Ramadhan..

Tentukan Target Konsumen
Memiliki target konsumen yang jelas merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berjualan, dengan mengetahui target konsumen, UKM dapat menyasar pasar yang tepat sehingga dapat membantu efisiensi secara sumber daya dan juga biaya. Adapun target konsumen dapat ditentukan berdasarkan gender, usia, daerah, kebiasaan belanja, sampai dengan pendapatan perbulan.

Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Memiliki pelanggan setia adalah harapan setiap pelaku usaha, sehingga penting untuk pelaku UKM untuk membangun interaksi dua arah dengan konsumen, sehingga pelaku UKM tidak hanya fokus pada penjualan dengan mencari calon pembeli baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan loyal dengan menjalin komunikasi dua arah ataupun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli.

Sesekali, UKM juga dapat memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal yang selalu setia berbelanja di toko anda dengan memberikan merchandise atau memberikan kemudahan dengan diskon biaya ongkir untuk pembelian pertama.

Menyiapkan Stok Barang Beberapa Bulan Sebelum Ramadan
Tingginya pembelian pakaian baru ketika Ramadan sejalan dengan tingginya kebutuhan stok produk, sehingga penting untuk para pelaku UKM sudah menyiapkan produk yang akan di jual ketika Ramadan 1-2 bulan sebelum hari raya Idul Fitri, sehingga produk tetap tersedia dan siap untuk dikirimkan kepada pelanggan.
 
Memaksimalkan Promosi Produk Melalui Berbagai Platform
Berdasarkan data dari Suara UKM Negeri vol. 2 Ninja Xpress, satu dari tiga pelaku UKM melakukan live selling untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan interaksi dua arah antara penjual dan juga pembeli. Saat ini platform media sosial dan juga e-commerce sudah menyediakan fitur live selling yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas audiens yang bisa dituju.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan live selling secara profesional, Anda dapat menggunakan layanan Creative Business Solution dari Ninja Xpress.

Tentukan pengiriman yang membantu paket sampai tepat waktu
Pilih partner pengiriman yang terpercaya. Hal ini meliputi beberapa hal seperti, memerhatikan estimasi waktu pengiriman yang diberikan oleh perusahaan pengiriman. Pilihlah layanan yang menawarkan waktu pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda membutuhkan pengiriman yang cepat, Anda dapat memilih opsi pengiriman kilat yang disediakan. Lalu, gunakan layanan pelacakan untuk mengawasi perjalanan paket Anda. Layanan pelacakan dapat membantu Anda memastikan bahwa paket Anda berada di jalur yang tepat dan dapat tiba tepat waktu. Untuk memastikan paket sampai dengan baik dan sesuai, Anda juga dapat menggunakan opsi asuransi juga memastikan alamat pengiriman sudah benar dan sesuai.

“Ramadan merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu, sebagai pelaku usaha khususnya di bidang fashion harus memanfaatkan momentum Ramadhan dengan baik dengan menggunakan strategi yang tepat sehingga dapat meningkatkan penjualan,” kata Putri Amalia, Manager Keuangan Djatie Hijabqueen.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…