Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023, Tampilkan Inovasi Industri Kreatif dan Teknologi Karya Anak Bangsa

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Maret 2023 - 12:27 WIB

Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023
Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023

INDUSTRY.co.id - Austin– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat. SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global. Acara ini akan menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Helma Dahlia, menjelaskan. “Dalam kesempatan ini, Indonesia menghadirkan 9 delegasi dimana 5 delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif berasal dari Jakarta yaitu PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus).”

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk kreatif Indonesia mencapai USD 16,4 miliar pada tahun 2022. Data tersebut menunjukkan bahwa produk-produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri. Produk kreatif Indonesia juga mampu bersaing di pasar internasional dan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Bapak Andhika Permata, menyatakan, "Partisipasi Jakarta dalam acara SXSW 2023 adalah kesempatan emas bagi kita untuk mempromosikan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi dari industri kreatif dan teknologi Jakarta kepada dunia."

“Partisipasi ini juga akan membawa manfaat besar bagi Jakarta, baik dalam hal promosi, investasi, maupun kerja sama internasional, serta membawa inspirasi dan wawasan baru bagi pengembangan kota Jakarta ke depan”, tambah Lucky Wulandari selaku Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga dan Fasilitasi HKI yang juga turut mendampingi delegasi dari Jakarta di SXSW 2023.

Jakarta akan membawa semangat inovasi industri kreatif dan teknologi ke acara SXSW 2023, dan berharap dapat memperluas jaringan kerja sama, meningkatkan kemitraan dengan pelaku industri global, serta membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor produk-produk kreatif Indonesia di pasar internasional sehingga memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreatifitas dan inovasi teknologi di Asia. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).