Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023, Tampilkan Inovasi Industri Kreatif dan Teknologi Karya Anak Bangsa

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Maret 2023 - 12:27 WIB

Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023
Partisipasi Pemprov DKI Jakarta di SXSW) 2023

INDUSTRY.co.id - Austin– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat. SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global. Acara ini akan menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Helma Dahlia, menjelaskan. “Dalam kesempatan ini, Indonesia menghadirkan 9 delegasi dimana 5 delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif berasal dari Jakarta yaitu PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus).”

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk kreatif Indonesia mencapai USD 16,4 miliar pada tahun 2022. Data tersebut menunjukkan bahwa produk-produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri. Produk kreatif Indonesia juga mampu bersaing di pasar internasional dan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Bapak Andhika Permata, menyatakan, "Partisipasi Jakarta dalam acara SXSW 2023 adalah kesempatan emas bagi kita untuk mempromosikan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi dari industri kreatif dan teknologi Jakarta kepada dunia."

“Partisipasi ini juga akan membawa manfaat besar bagi Jakarta, baik dalam hal promosi, investasi, maupun kerja sama internasional, serta membawa inspirasi dan wawasan baru bagi pengembangan kota Jakarta ke depan”, tambah Lucky Wulandari selaku Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga dan Fasilitasi HKI yang juga turut mendampingi delegasi dari Jakarta di SXSW 2023.

Jakarta akan membawa semangat inovasi industri kreatif dan teknologi ke acara SXSW 2023, dan berharap dapat memperluas jaringan kerja sama, meningkatkan kemitraan dengan pelaku industri global, serta membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor produk-produk kreatif Indonesia di pasar internasional sehingga memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreatifitas dan inovasi teknologi di Asia. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…

Belanja sayur mayur menggunakan QRIS BRI

Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:50 WIB

Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran kredit kepada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sepanjang Januari hingga Mei 2024, tercatat BRI…