Mowilex Resmikan Pabrik Baru Di Cikande. Terapkan Teknologi Baru, Dan Serap Ratusan Tenaga Kerja

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 21 Maret 2023 - 23:36 WIB

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Inventasi/BKPM Nurul Ikhwan resmikan pabrik baru Mowilex di Cikande, Serang, Banten.
Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Inventasi/BKPM Nurul Ikhwan resmikan pabrik baru Mowilex di Cikande, Serang, Banten.

INDUSTRY.co.id - Cikande, Serang, Banten – Produsen cat dan pelapis premium PT Mowilex Indonesia akhirnya resmi punya pabrik baru di kawasan Modern Cikande, Kabupaten Serang, Banten. Pabrik tersebut menggantikan pabrik Mowilex saat ini di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Pabrik Mowilex di Cikande dirancang dengan konsep bangunan hijau (green building) untuk mengurangi emisi karbon hingga 7%. Dan diharapkan mampu menyerap ratusan tenaga kerja di Kabupaten Serang.

Peresmian pabrik Mowilex di Cikande ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Inventasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Nurul Ikhwan pada Rabu 21 Maret 2023.

Deputi BKPM Nurul Ikhwan didampingi jajaran petinggi Mowilex seperti Direktur PT Mowilex Indonesia Novina Tjahjadi, dan Chairman Asia Coating Enterprises Reza Safavi.

Peresmian tersebut sekaligus merayakan 53 tahun Mowilex sebagai anak perusahaan Asia Coating Enterprises, telah memproduksi cat dan pelapis premium dan turut andil dalam pembangunan Indonesia.

Pabrik baru Mowilex menggabungkan teknologi yang secara signifikan meringankan dampak lingkungan. Pada arsitekturnya terdapat skylight yang akan memotong penggunaan listrik untuk penerangan dan menurunkan suhu interior.

Teknologi kaca ganda (double glass) mengurangi kebutuhan akan pendingin ruangan. Sistem pengolahan air tanpa limbah (Zero Waste Water) memproses dan membersihkan air yang digunakan dalam produksi, hasil penyulingan digunakan kembali untuk mengairi 37% lanskap pabrik.

Mowilex juga beralih dari menggunakan forklift versi diesel menjadi forklift versi elektrik. Pada pabrik Cikande, Mowilex menciptakan lab luar ruangan untuk mendukung tes dan pengembangan formula baru berkualitas tinggi.

Chief marketing Mowilex Indonesia Anna Yesito Wibowo mengatakan, pabrik berkonsep green factory atau ramah lingkungan ini mulai dibangun 2020, kemudian pada November 2021 melakukan produksi pertama, Januari 2022 mulai beroperasi produksi secara massal dan September 2022 beroperasi penuh.

“Hari ini kita secara resmi membuka pabrik di Cikande, kami sudah melakukan rekruitmen sebanyak 150 karyawan khusus untuk warga Kabupaten Serang,” kata Anna kepada wartawan.

Dijelaskan Anna, di tahun 2023 ini, penyerapan tenaga kerja dilakukan rutin setiap bulan untuk penempatan di Pabrik Mowilex Cikande maupun di pabrik pusat.Informai perekrutan secara resmi bia didapat di website resmi Mowilex Indonesia.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Inventasi/BKPM RI Nurul Ichwan menilai, keberadaan PT Mowilex di Kabupaten Serang ini merupakan investasi yang menguntungkan bagi pemerintah daerah. Tak hanya menyumbang pajak, tapi juga menyerap tenaga kerja setempat.

Selain itu, Nurul Ichwan juga mengapresiasi pengembangan pabrik Mowilex dengan teknologi terbaru yang ramah lingkungan.

“Kami sangat mendukung atas inovasi yang dilakukan oleh Mowilex untuk mengembangkan pabriknya dengan konsep green factory. Dengan konsep ini, perusahaan juga mampu mengurangi emisi karbon hingga 7%. Kami berharap inovasi tersebut bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam upaya mencapai emisi nol karbon di Indonesia pada tahun 2060,” kata Nurul Ichwan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…