Menperin Agus Lakukan Kick Off Gathering PIDI 4.0 Bersama 36 Mitra

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Maret 2023 - 17:56 WIB

Menperin Agus lakukan Grand Launching PIDI 4.0
Menperin Agus lakukan Grand Launching PIDI 4.0

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memulai kick off gathering PIDI 4.0 bersama 36 mitra yang telah menandatangani nota kesepahaman. Sejalan dengan era revolusi industri 4.0, implementasi industri 4.0 pada sektor manufaktur di Indonesia perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing industri. 

Pemerintah Indonesia melalui Making Indonesia 4.0 yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018 mendorong upaya transformasi tersebut. Kemenperin telah melakukan beberapa upaya akselerasi Industri 4.0 melalui implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0. 

"Melalui berbagai program seperti penyusunan Indonesian Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) sebagai acuan bagi Pemerintah untuk membuat kebijakan industri terkait implementasi teknologi 4.0," ujar Menperin.

Selain itu, Pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan one stop solution bagi industri yang akan mengadopsi dan mengimplementasikan teknologi industri 4.0. Rangkaian kegiatan PIDI 4.0 Kick-off Gathering dilaksanakan selama 4 hari mulai 14 Maret sampai 17 maret 2023. 

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Perindustrian dan dihadiri oleh Kepala BSKJI dan Dirjen IKMA serta perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Korea Selatan, Kedutaan Besar Kerajaan Swedia dan beberapa Pemangku Kepentingan termasuk Asosiasi dan Industri yang terkait dengan Industri 4.0. 

Dalam rangkaian acara ini, selain grand launching juga dihelat beberapa kegiatan seperti penyerahan sertifikat INDI untuk BUMN, pembukaan Startup for Industry yang ke-6, peresmian berdirinya Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (Wantri) serta pengukuhan pengurus Wantri masa bakti 2023.

Pada hari pertama dan kedua juga dilaksanakan konferensi dengan tema: “Achieving National Sustainability Through Digital Transformation,” “The Future Digital Transformation – Moving from Now to Next” dan “The Great Digital Transformation: Unlocking a New Era.” Dalam kesempatan ini diselenggarakan pula beberapa kegiatan collaborative diantaranya adalah mini-seminar, demo day dan atau workshop. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Arus Gunawan, menyatakan berbagai kerja sama dilakukan sebagai upaya mempersiapkan SDM industri untuk beradaptasi dengan kebutuhan di era revolusi indstri 4.0. Kolaborasi dijalin dengan industri dan lembaga-lembaga internasional maupun institusi di dalam negeri. 

Selain itu, perkembangan teknologi industri 4.0 terkait IoT, Artificial Intteligent, 3D Printing dan Robotic Automation sangat cepat. "PIDI 4.0 dan mitra perlu memanfaatkan kerja sama untuk mendapatkan transfer teknologi dan pengetahuan terkait industri 4.0 untuk dapat direplikasi dan diterapkan di industri di Indonesia," ujar Arus Gunawan.

Dalam event ini juga dilaksanakan penyerahan sertifikat INDI 4.0 untuk 28 perusahaan BUMN yang telah menyelesaikan rangkaian asesmen INDI 4.0 BUMN sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing dan kompetitif perusahaan BUMN dalam memasuki era industri 4.0. Pada tahun 2021 telah dilakukan MoU pelaksanaan asesmen INDI 4.0 BUMN antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN.

Dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan PIDI 4.0 Kick-Off Gathering, diharapkan PIDI 4.0 dapat mendorong terhubungnya jaringan ekosistem. Dengan adanya collaborative events, para pemangku kepentingan yang terlibat dapat berbagi dan berkolaborasi untuk pelaksanaan program dan kegiatan dalam rangka transformasi industri 4.0 di Indonesia. Para pemangku kepentingan tersebut meliputi industri, Lembaga Pendidikan dan Riset, akselarator (incubator bisnis), start up, komunitas dan asosiasi, service provider, technology provider dan industrial zone. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…