Menperin Agus Lakukan Kick Off Gathering PIDI 4.0 Bersama 36 Mitra

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Maret 2023 - 17:56 WIB

Menperin Agus lakukan Grand Launching PIDI 4.0
Menperin Agus lakukan Grand Launching PIDI 4.0

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memulai kick off gathering PIDI 4.0 bersama 36 mitra yang telah menandatangani nota kesepahaman. Sejalan dengan era revolusi industri 4.0, implementasi industri 4.0 pada sektor manufaktur di Indonesia perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing industri. 

Pemerintah Indonesia melalui Making Indonesia 4.0 yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018 mendorong upaya transformasi tersebut. Kemenperin telah melakukan beberapa upaya akselerasi Industri 4.0 melalui implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0. 

"Melalui berbagai program seperti penyusunan Indonesian Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) sebagai acuan bagi Pemerintah untuk membuat kebijakan industri terkait implementasi teknologi 4.0," ujar Menperin.

Selain itu, Pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan one stop solution bagi industri yang akan mengadopsi dan mengimplementasikan teknologi industri 4.0. Rangkaian kegiatan PIDI 4.0 Kick-off Gathering dilaksanakan selama 4 hari mulai 14 Maret sampai 17 maret 2023. 

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Perindustrian dan dihadiri oleh Kepala BSKJI dan Dirjen IKMA serta perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Korea Selatan, Kedutaan Besar Kerajaan Swedia dan beberapa Pemangku Kepentingan termasuk Asosiasi dan Industri yang terkait dengan Industri 4.0. 

Dalam rangkaian acara ini, selain grand launching juga dihelat beberapa kegiatan seperti penyerahan sertifikat INDI untuk BUMN, pembukaan Startup for Industry yang ke-6, peresmian berdirinya Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (Wantri) serta pengukuhan pengurus Wantri masa bakti 2023.

Pada hari pertama dan kedua juga dilaksanakan konferensi dengan tema: “Achieving National Sustainability Through Digital Transformation,” “The Future Digital Transformation – Moving from Now to Next” dan “The Great Digital Transformation: Unlocking a New Era.” Dalam kesempatan ini diselenggarakan pula beberapa kegiatan collaborative diantaranya adalah mini-seminar, demo day dan atau workshop. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Arus Gunawan, menyatakan berbagai kerja sama dilakukan sebagai upaya mempersiapkan SDM industri untuk beradaptasi dengan kebutuhan di era revolusi indstri 4.0. Kolaborasi dijalin dengan industri dan lembaga-lembaga internasional maupun institusi di dalam negeri. 

Selain itu, perkembangan teknologi industri 4.0 terkait IoT, Artificial Intteligent, 3D Printing dan Robotic Automation sangat cepat. "PIDI 4.0 dan mitra perlu memanfaatkan kerja sama untuk mendapatkan transfer teknologi dan pengetahuan terkait industri 4.0 untuk dapat direplikasi dan diterapkan di industri di Indonesia," ujar Arus Gunawan.

Dalam event ini juga dilaksanakan penyerahan sertifikat INDI 4.0 untuk 28 perusahaan BUMN yang telah menyelesaikan rangkaian asesmen INDI 4.0 BUMN sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing dan kompetitif perusahaan BUMN dalam memasuki era industri 4.0. Pada tahun 2021 telah dilakukan MoU pelaksanaan asesmen INDI 4.0 BUMN antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN.

Dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan PIDI 4.0 Kick-Off Gathering, diharapkan PIDI 4.0 dapat mendorong terhubungnya jaringan ekosistem. Dengan adanya collaborative events, para pemangku kepentingan yang terlibat dapat berbagi dan berkolaborasi untuk pelaksanaan program dan kegiatan dalam rangka transformasi industri 4.0 di Indonesia. Para pemangku kepentingan tersebut meliputi industri, Lembaga Pendidikan dan Riset, akselarator (incubator bisnis), start up, komunitas dan asosiasi, service provider, technology provider dan industrial zone. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…