Jababeka Luncurkan MONIJA, Sistem Pelaporan Lingkungan Hidup Berbasis Website

Oleh : Ridwan | Selasa, 28 Februari 2023 - 06:25 WIB

Soft launching sosialisasi MONIJA
Soft launching sosialisasi MONIJA

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Sebagai pengembang kota mandiri yang berkomitmen ingin memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi tenant dan calon tenant, PT Jababeka Tbk (Jababeka) terus memperkuat layanan digitalnya, khususnya layanan di Kawasan Industri Jababeka-Cikarang.

Hal itu karena perilaku tenant dan calon tenant telah berubah akibat pandemi di mana membuat mereka mengandalkan teknologi digital dalam bekerja atau beraktivitas.

Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh Jababeka dalam memperkuat layanan digitalnya. Terbaru, Jababeka telah merilis sistem pelaporan lingkungan terbarunya, yaitu Monitoring Online Lingkungan Jababeka (MONIJA) pada 21 Februari 2023, di Fablab Jababeka. 

MONIJA merupakan Pelaporan Elektronik Bidang Lingkungan Hidup Bagi Usaha dan/atau kegiatan berbentuk sistem website yang menggantikan pelaporan cetak. Pelaporan Website MONIJA (https://monija.jababekainfra.com) dapat diakses baik melalui computer maupun smartphone.

Perilisan sistem pelaporan lingkungan berbasis website ini sekaligus dilakukan sosialisasi yang dihadiri lebih dari 80 tenant Kawasan Industri Jababeka Cikarang. Kegiatan sosialisasi berjalan interaktif dan kegiatan sosialisasi ini merupakan batch pertama di mana akan dilakukan secara berkala setiap bulannya hingga bulan Juli 2023. 

Vega Violetta selaku General Manager PT Jababeka Infrastruktur menjelaskan, sistem MONIJA ini merupakan bentuk komitmen pengelola kawasan dalam mewujudkan visi sebagai “Perusahaan pengelola infrastruktur dan township modern berbasis teknologi digital 4.0 dengan manusia yang menuju society 5.0”. Salah satu langkah perubahan yang dilaksanakan adalah perubahan sistem pelaporan hard copy menjadi sistem online.

“Sistem telah di-develop sejak tahun lalu dan mulai hari ini kami sosialisasikan. Diharapkan, mulai pelaporan semester 1/2023 pada bulan Juli nanti, tenant kawasan sudah dapat melaporkan hasil pemantauannya lewat MONIJA, ” kata Vega Violetta dalam sosialisasi sistem tersebut.  

“Untuk melakukan pelaporan di sistem MONIJA, tenant wajib mendaftarkan perusahaannya melalui pengelola kawasan untuk mendapatkan akun,” tambah Vega.

Dalam acara tersebut, hadir juga Arnoko Idakto selaku Kabid Penegak Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bekasi sebagai pemateri. 

Ia hadir mendorong tenant Kawasan Industri Jababeka lebih mematuhi peraturan lingkungan dengan materi presentasi “Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup Berdasarkan Undang-Undang Cipta Kerja dan Turunannya”. 

Dalam kesempatan ini, pengelola kawasan industri jababeka juga mensosalisasikan Perubahan Tata Tertib Kawasan Industri Jababeka. 

Selain itu, dalam acara tersebut terdapat kegiatan penandatanganan kerja sama terkait pengelolaan limbah B3 di Kawasan Industri Jababeka antara PT Jababeka Infrastruktur yang diwakili oleh Vega Violetta dengan PT PPLI yang diwakili oleh Tetsuya Yumoto. 

Tujuan dari kerja sama ini, diharapkan akan membantu mendekatkan fasilitas pengelolaan Limbah B3 kepada tenant kawasan. Mulai dari menyediakan tim administrator, armada pengangkutan dan kemasan Limbah B3 di Kawasan Industri Jababeka, membantu pembuatan akun festronik, memastikan pengelolaan sampai dengan pemusnahan Limbah B3 sesuai regulasi. 

Tak hanya pengelolaan limbah B3, Jababeka juga memperkenalkan unit bisnis baru kepada para tenant kawasan yaitu JAMAGGO. 

JAMAGGO merupakan program pengelolaan limbah organik yang menggunakan teknologi biokonversi dengan larva Black Soldier Fly (BSF) atau yang biasa disebut Maggot sebagai upaya mengurangi sampah organik yang menumpuk. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…