KH Sholeh Iskandar Layak Dapat Gelar Pahlawan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 Januari 2023 - 10:53 WIB

Seminar Kepahlawanan KH Sholeh Iskandar
Seminar Kepahlawanan KH Sholeh Iskandar

INDUSTRY.co.id-Bogor - Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan Seminar Kepahlawanan KH Sholeh Iskandar pada Senin hingga Selasa 23-24 Januari 2023 di Bogor, Jawa Barat.

Acara bertemakan "Sinergi Tiga Pilar Kekuatan Umat (Pesantren, Masjid dan Kampus) dalam Koridor NKRI" itu digelar berkat kerjasama dengan Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

Ketua Umum BKsPPI Prof Dr KH Didin Hafidhuddin mengatakan, ada empat tujuan utama dalam munas tersebut. "Pertama, menguatkan semangat ukhuwah Islamiyah dan kerjasama di antara pesantren, kerjasama tentang berbagai hal yang konkret," ujar Kiai Didin dalam sambutannya saat acara pembukaan di Bogor Icon Ballroom, Selasa (23/1/2023).

Kedua, kata Kiai Didin, yaitu menguatkan sinergitas tiga pilar yaitu antara pesantren dengan masjid dan kampus. "Ketiga, mengkaji dan membahas secara konprehensif tantangan-tantangan dan problematika pesantren dan mencari solusinya secara berjamaah. Kemudian yang keempat, menyampaikan usulan-usulan dan program BKsPPI untuk masa yang akan datang," jelasnya.

Kiai Didin mengungkapkan bahwa BKsPPI didirikan sejumlah ulama besar terdahulu, diantaranya oleh KH Sholeh Iskandar, KH Abdullah bin Nuh, KH Hasan Basri, KH Abdullah Syafii, KH Noor Ali, KH Khoer Affandi, Abdul Halim dan ulama lainnya.

Acara munas dan seminar kepahlawanan tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Agama Dr Zainut Tauhid Sa'adi M.Si. Dalam sambutannya, Zainut menyampaikan kekagumannya atas jasa besar KH Sholeh Iskandar. "Kita semua mengenal nama besar KH Sholeh Iskandar, nama yang diabadikan sebagai penanda sebuah jalan protokol di Kota Bogor," ujarnya.

Tokoh yang wafat pada tahun 1992 itu, kata Zainut adalah seorang ulama, seorang patriot yang menjadi Komandan Hizbullah, Pemimpin Sabilillah di Jawa Barat, tokoh pendidikan dan pemerhati kebangsaan yang berpandangan jauh ke depan.

Pada 27 Desember 1949, KH Sholeh Iskandar menyelesaikan tugas tentaranya, setelah itu beliau mengabdi di masyarakat. "Alhamdulillah karya beliau diantanya berdirinya Pondok Pesantren Darul Falah, Universitas Ibn Khaldun, Pesantren Darul Muttaqin, Rumah Sakit Islam, BPRS Amanah Ummah dan BKsPPI," ungkap Zainut.

"Jadi membaca karya beliau tidak berlebihan saya mengatakan bahwa KH Sholeh Iskandar adalah mutiara berharga dalam sejarah perjuangan bangsa dan umat Islam," jelasnya.

Karena itulah, Mantan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, gelar pahlawan nasional amat layak disandang kepada KH Sholeh Iskandar.

Dalam kesempatan itu, Zainut juga menyampaikan apresiasinya kepada BKsPPI yang selama ini menjadi wadah pemersatu pondok pesantren di Indonesia. "Saya memberikan apresiasi BKsPPI atas peran dan kontribusinya selama ini dalam membangun kerjasama antar pesanten. Organisasi ini juga telah meningkatkan sinergi antara kampus, masjid dan pesantren," ungkapnya.

Kementerian Agama sendiri, kata dia, telah berkomitmen untuk memfasilitasi berbagai program untuk pengembangan dunia pesantren. "Oleh karena itu mari kita terus memberdayakan pesanten sebagai pilar pendidikan nasional yang mampu mewarnai wajah Indonesia ke depan," kata Zainut.

Di akhir sambutannya, ia menyampaikan selamat kepada BKsPPI yang menyelenggarakan munas dan selamat mengambil pelajaran dari keteladanan KH Sholeh Iskandar. "Semoga Allah meridoi perjuangan kita semua, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim munas dinyatakan dibuka," ucap Zainut yang dilanjutkan dengan prosesi ketuk palu dan foto bersama dengan Ketua Umum BKsPPI Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MSc.

Munas BKsPPI dan Seminar Kepahlawanan KH Sholeh Iskandar dihadiri ratusan pimpinan pondok pesantren dan ormas Islam dari berbagai wilayah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…