Bulan K3 Nasional 2023, Elnusa Petrofin Kuatkan Integritas SDM Untuk Dorong Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Januari 2023 - 15:06 WIB

Peringatan bulan K3
Peringatan bulan K3

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang hadir disetiap tahunnya selalu menjadi momen untuk menjadi pengingat dan refleksi terhadap aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi seluruh pelaku industri termasuk di PT Elnusa Petrofin.

Upaya untuk terus meningkatkan budaya kesehatan dan keselamatan kerja terus menerus dilakukan yang meliputi beragam aspek baik dari sisi Man (SDM), Machine (peralatan dan mesin kerja), Method (cara kerja) serta Teknologi. Selain memperkuat budaya K3 terhadap faktor-faktor eksternal (non SDM) , Elnusa Petrofin juga mendorong penguatan kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat dan berintegritas untuk menunjang terwujudnya kesehatan dan keselamatan kerja yang unggul.

Dalam hal ini, Elnusa Petrofin senantiasa mendorong terciptanya budaya bebas Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba) bagi seluruh pekerja. Diantaranya dengan menggelar pemeriksaan Narkoba kepada 6.589 pekerja sepanjang tahun 2022 melalui tes urine di 64 unit operasi terutama wilayah kerja logistics services seperti Fuel Terminal maupun Integrated Terminal Pertamina yang pendistribusiannya dikelola oleh Elnusa Petrofin. 

Pemeriksaan 6.589 pekerja ini mencakup Awak Mobil Tangki (AMT) atau driver dan para pekerja supporting yang menjalankan aktivitas di wilayah operasi tersebut. Kegiatan ini pun sejalan dengan tema Bulan K3 Nasional K3 tahun 2023 yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja.

“Pemeriksaan Narkoba melalui tes urine ini menjadi salah satu upaya kami dalam memastikan seluruh pekerja Elnusa Petrofin tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan mendorong penguatan K3 di seluruh aktivitas kerjanya. Kami pun melibatkan pihak eksternal untuk menjamin validitas dari tes yang dijalankan.” kata Aditya Budi Prabowo, selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (17/1/2023).

“Kami percaya bahwa kualitas Sumber Daya manusia yang berintegritas dan ungul, menjunjung tinggi budaya keselamatan kerja sehingga mendorong terciptanya operasi yang excellence” tambahnya.

Adapun pihak eksternal yang dilibatkan yaitu Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat sebagai pihak yang menjalankan pemeriksaan tes urine tersebut. Aditya menambahkan bahwa presentase pemeriksaan mencapai 100% diluar yang tidak dapat mengikuti pemeriksaan dikarenakan sakit atau berhalangan saat pemeriksaan berlangsung.

Bagi yang positif terindikasi Narkoba tidak dalam pengobatan, pihak manajemen Elnusa Petrofin memberlakukan sanksi tegas berupa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sanksi ini pun telah di cantumkan dalam peraturan dan kebijakan perusahaan yang telah disosialisasikan setiap tahunnya. Pemberian sanksi PHK ini pun diberikan setelah melewati beberapa penilaian dan dilakukan sebagai efek jera agar para pekerja tetap dalam koridor Health, Safety, Security, and Environment (HSSE).

Atas inisiasi pemeriksaan narkoba melalui urine ini, Elnusa Petrofin mendapatkan apresiasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) di sejumlah wilayah. Seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi, juga dari Badan Narkotika Nasional (BNN) atas peran aktif Elnusa Petrofin dalam mendukung program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika).

Selain melaksanakan tes urine, Elnusa Petrofin tentunya juga melaksanakan berbagai upaya preventif dalam mencegah penggunaan narkoba di lingkup pekerja Elnusa Petrofin. Beberapa strategi di tahun 2023 antara lain menetapkan waktu pemeriksaan narkoba sebanyak dua kali dalam setahun. Pemeriksaan dilakukan pada pertengahan tahun dan di akhir tahun. Atau dapat dilakukan lebih sering pada saat pelaksanaan satuan tugas tertentu ataupun setelah terjadinya insiden.

Selain itu, manajemen juga Melakukan safety briefing dengan tema Narkoba minimal dua bulan sekali. Dan menghadirkan Pihak BNN sebagai pemateri tentang narkoba pada kegiatan Defensive Driving Training. Bukan hanya itu, pihak HSSE juga membuat HSSE Alert mengenai bahaya narkoba melalui Whatsapp Grup (WAG) setiap enam bulan dan melalui email setiap tiga bulan sekali. Ditambah dengan kampenye melalui flyer mengenai narkoba setiap enam bulan lalu menyebarkannya kepada seluruh karyawan.

"Pencapaian dalam pencegahan penggunaan narkoba ini menjadi salah satu upaya Elnusa Petrofin dalam mendukung budaya HSSE dan memperkuat budaya K3 di lingkup perusahaan. Kami berharap strategi yang diterapkan di tahun ini sejalan dengan peringatan bulan K3 dan juga dapat meningkatkan persentase indikasi negatif di tahun 2023. Dan semoga seluruh hal yang dilaksanakan oleh manajemen menjadi komitmen Elnusa Petrofin dalam menjalankan operation excellence di tahun 2023.” pungkas Aditya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.