Dahsyat! Menperin Agus Sukses Bawa Industri Manufaktur RI Konsisten di Level Ekspansif Sepanjang 2022

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Januari 2023 - 09:31 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sepanjang tahun 2022, sektor industri manufaktur di tanah air konsisten berada dalam level ekspansif.

Menurut Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita hal tersebut tercermin dari capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang berada pada posisi di atas poin 50.

Dimana berdasarkan hasil survei yang dirilis S&P Global, PMI Manufaktur Indonesia berhasil bertengger dalam fase ekspansif selama 16 bulan berturut-turut sejak September 2021.

Menperin mengemukakan sejatinya kinerja positif ini menunjukkan geliat industri manufaktur nasional yang terus mengalami perbaikan dan semakin pulih setelah terkena dampak pandemi Covid-19 serta kondisi ekonomi global yang tidak menentu akibat ancaman resesi.

“Alhamdulillah, capaian PMI Manufaktur Indonesia pada Desember 2022 tetap ekspansif, yang sesuai juga dengan capaian Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Desember 2022 yang sudah kami rilis sebelumnya, yang sama-sama berada dalam level 50,9 dan juga naik dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Menperin Agus di Jakarta seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id, Kamis (12/1/2023).

Sekadar informasi, untuk bulan Desember 2022, PMI Manufaktur Indonesia ditutup pada tingkat 50,9 atau berhasil naik dibandingkan perolehan bulan sebelumnya November yang menyentuh di angka 50,3.

Tak hannya itu, hebatnya lagi, PMI Manufaktur Indonesia pada Desember lalu mampu melampaui PMI Manufaktur negera-negara industri besar dunia seperti Jerman (47,4), Jepang (48,8), Australia (50,4), Myanmar (42,1), Belanda (48,6), Prancis (47,4), Korea Selatan (48,2), Inggris (44,7), Amerika Serikat (46,2), dan Zona Eropa (47,8).

Berbekal kinerja ciamik tersebut, Menperin Agus optimistis, deru mesin sektor industri manufaktur di Indonesia masih bergemuruh pada tahun kelinci air, dengan kata lain, produktivitas industri di tanah air berjalan baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

“Kami meyakini, kinerja industri manufaktur kita akan semakin tumbuh di tahun 2023 ini, seiring dengan berbagai kebijakan strategis yang sedang disiapkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Lebih lanjut Menperin mengemukakan bahwa pihaknya kini tengah mematangkan strategi untuk mengatasi sejumlah hambatan yang masih ada di sektor industri.

Salah satunya persoalan ketenagakerjaan di sektor padat karya seperti tekstil, alas kaki, dan furnitur.

“Kami sedang menyiapkan kebijakan stimulus tersebut, di antaranya adalah larangan terbatas impor, penyesuaian pemeriksaan post border menjadi border, dan fleksibiltas jam kerja. Itu yang kami minta untuk direlaksasi, paling tidak sampai kondisi normal,” paparnya.

Di samping itu, sambung Menperin, kebijakan lain yang akan digulirkan di sektor industri manufaktur lainnya ialah pemberian insentif untuk kendaraan listrik, kebijakan tersebut sedang masuk dalam tahap finalisasi.

“Kebijakan ini diambil untuk mendorong percepatan dalam pengembangan industri berbasis listrik di Indonesia. Tidak hanya mobil, tidak hanya sepeda motor, tetapi juga bus. Syaratnya satu, harus memiliki fasilitas. Artinya, dia harus punya pabrik di Indonesia,” ungkapnya.

Tak melulu soal produktifitas, Menperin juga meyakini realisasi penanaman modal dan kontribusi ekspor di sektor industri masih akan tumbuh signfikan ditahun 2023 ini.

Optimisme ini menurut Menperin pada ujungnya akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja di tengah kondisi menurunnya pesanan global saat ini.

“Masuknya sejumlah investasi di beberapa sektor diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Adapun terkait realisasi investasi dari industri manufaktur di tahun ini, Menperin memperkirakan akan tumbuh mencapai Rp450 hingga 470 triliun atau naik 7 persen dibandingkan tahun ini yang diproyekskani sebesar Rp439,33 triliun.

“Seiring dengan itu, nilai ekspor industri pengolahan nonmigas pada 2022 diproyeksikan mencapai USD210,38 miliar, dan pada 2023 ditargetkan sebesar USD225 -245 miliar,” tandas Menperin.

Di samping itu, peningkatan investasi di sektor industri juga akan mendongkrak serapan tenaga kerja. Pada tahun 2022, total serapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 19,11 juta orang, sedangkan pada 2023 sebanyak 19,2-20,2 juta orang.

“Oleh karena itu, pemerintah bertekad untuk memperkuat hilirisasi di sektor industri manufaktur. Sebab, selama ini telah memberikan bukti nyata terhadap multiplier effect bagi perekonomian nasional, antara lain adalah meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri, menarik investasi masuk di tanah air, menghasilkan devisa besar dari ekspor, dan menambah jumlah serapan tenaga kerja,” ujar Menperin.

Sementara itu, menanggapi hasil PMI Manufaktur Indonesia pada Desember 2022, Jingyi Pan selaku Economics Associate Director S&P Global Market Intelligence menyampaikan bahwa sektor manufaktur di Indonesia PMI mengarah pada kondisi yang lebih baik.

Menurutnya, membaiknya sektor manufaktur Indinesia ini lantaran ada kenaikan permintaan yang mendukung kenaikan produksi. Hal ini juga mengerek aktivitas pembelian dan juga penciptaan lapangan pekerjaan.

"Ekspansi lebih cepat pada output dan penjualan dan juga berkurangnya tekanan harga merupakan perbaikan yang diharapkan," ujar Jingyi.

Perlu diketahui, dalam laporannya, produksi manufaktur Indonesia mengalami ekspansi pada kisaran lebih cepat pada bulan Desember.

Hal ini didorong oleh kenaikan permintaan atas barang-barang produksi Indonesia. Kondisi permintaan ini menyebabkan kenaikan pesanan baru pada bulan Desember.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…