Beam Hadirkan Manfaat yang Berkelanjutan untuk Bogor

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Januari 2023 - 12:51 WIB

Beam Hadirkan Manfaat yang Berkelanjutan untuk Bogor
Beam Hadirkan Manfaat yang Berkelanjutan untuk Bogor

INDUSTRY.co.id - Bogor- Sejak hadir 3 bulan lalu di Bogor, BEAM sangat berterima kasih atas sambutan baik masyarakat terhadap layanan kami. Hingga saat ini, lebih dari 60.000 warga Bogor telah terdaftar dalam layanan mikromobilitasnya BEAM dan BEAM mencatat terdapat sekitar tiga armada yang digunakan untuk perjalanan setiap dua menitnya.

“Kami baru-baru ini bermitra dengan perusahaan riset independen untuk melakukan survei kepada para pengguna kami. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 96% pengguna Beam bersedia untuk merekomendasikan layanan kami kepada orang lain. Selain itu, 99% pengguna Beam juga setuju dengan keputusan Walikota Bogor untuk menghadirkan layanan Beam di Bogor, ujar Ady Muzadi PT. Beam Mobility Indonesia, Selasa (3/1/20230

Pastinya, layanan armada mikromobilitas Beam semakin populer. Selain itu, Beam juga membantu memberikan manfaat yang lebih bagi lingkungan perkotaan.

Menghadirkan Manfaat Keberlanjutan

Beam merupakan satu-satunya layanan yang telah menerima Climate Neutral Certificate di Asia Pasifik. Setiap penggunaan armada Beam dapat mengurangi emisi karbon dan polusi dibandingkan dengan penggunaan mobil atau sepeda motor berbahan bakar fosil.

Dalam survei kami, sebanyak 65% responden pemilik mobil mengatakan akan menggunakan mobil pribadi mereka apabila layanan Beam tidak tersedia. Sentimen yang sama juga dirasakan oleh 67% responden pemilik motor. Fakta ini menunjukkan bahwa Beam mendukung Kota Bogor menjadi lebih hijau ketika lebih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan armada Beam.

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Beam juga membantu menggerakkan perekonomian Kota Bogor. Armada yang disediakan Beam memudahkan masyarakat maupun wisatawan untuk berkeliling Kota Bogor dan lebih leluasa untuk singgah dan membeli makanan atau minuman dari pelaku UKM setempat. Selain itu, dengan banyaknya armada Beam yang tersedia, kebutuhan petugas Beam Ranger semakin bertambah dan membantu penyerapan tenaga kerja lokal. Pemerintah Kota Bogor juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sewa lahan parkir yang digunakan oleh Beam.

Selain itu, sebanyak 33% responden yang menggunakan armada Beam untuk membeli makanan dan minuman di toko lokal maupun pelaku UKM setempat. Ada 27% responden yang menggunakan armada Beam untuk mengunjungi tempat wisata dan 20% untuk berkeliling kota. Seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang kembali mengunjungi Indonesia pada tahun 2023, Beam diharapkan dapat berkontribusi mendorong pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Kota Bogor.

Mengatasi Masalah Terkait Area Parkir

Sebagai penyedia layanan armada mikromobilitas pertama di Kota Bogor, Beam telah mempelajari banyak hal untuk meningkatkan layanan kami secara berkelanjutan.

“Kami menemukan bahwa banyak pengguna yang sering memarkir armada Beam di luar tempat parkir yang sudah ditentukan dimana hal ini mengganggu kenyamanan para pejalan kaki, terutama masyarakat difabel,. Kami tidak ingin layanan Beam mengganggu kenyamanan masyarakat Kota Bogor. Kami memahami bahwa membangun layanan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan memastikan kenyamanan seluruh masyarakat umum dan tak hanya pengguna Beam, “ ujat Ady Muzadi lebih lanjut.

Menerapkan Peraturan Baru

Beam telah mengubah peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengguna Beam. Mulai minggu ini, semua pengguna Beam HANYA BOLEH mengakhiri perjalanan setelah sampai di lokasi parkir yang telah ditentukan di Kota Bogor. Semua pengguna Beam tidak diperbolehkan untuk meninggalkan armada di luar lokasi parkir yang telah ditentukan. Pengguna yang melanggar aturan ini akan didenda sebesar Rp150.000. Pengguna yang terus melakukan pelanggaran tak akan diperbolehkan lagi menggunakan armada Beam.

Apabila ada pengguna Beam yang melanggar aturan dan parkir di luar lokasi parkir, kami mengajak warga untuk aktif melaporkan pelanggaran tersebut dengan memindai QR code yang tertera pada armada. Setelah melakukan pemindaian, tim Rapid Response Rangers kami akan segera datang untuk memindahkan armada tersebut ke lokasi parkir yang benar.

Aturan ini mungkin terasa berbeda bagi para pengguna Beam yang telah terbiasa meninggalkan kendaraan di sembarang tempat. Namun, aturan ini sangatlah masuk akal. Apabila kita menyewa mobil, tentunya kita tidak akan meninggalkan mobil tersebut di tengah jalan setelah selesai menggunakannya. Hal inilah yang mendorong kami untuk menerapkan aturan baru.

Layanan Mikrobilitas Berkelanjutan Untuk Bogor

Mayoritas pengguna Beam memahami perubahan yang diterapkan oleh Beam, meski mengakui manfaat layanan dari Beam, tapi sebagai warga negara, para pengguna juga harus memahami pentingnya bagi semua pihak untuk turut menjaga agar lingkungan perkotaan tetap rapi, dan tidak menghalangi trotoar.

Apabila semua armada Beam ditempatkan di lokasi parkir yang telah ditentukan, hal ini akan memudahkan pengguna lainnya saat ingin menggunakan layanan Beam. Kami juga menambahkan jumlah lokasi parkir di Kota Bogor agar armada Beam menjadi lebih dekat dan mudah diakses sehingga pengguna tidak perlu berjalan kaki lebih dari 2 menit untuk menggunakan layanan kami.

“Semua ini kami lakukan untuk menambah jumlah armada Beam, menjadikan layanan kami lebih mudah diakses, dan mengurangi permasalahan terkait pemarkiran sembarangan yang dapat menganggu kenyamanan masyarakat. Inilah layanan mikromobilitas modern Beam yang layak bagi Kota Bogor. Kami akan menjadi contoh baik bagi kota besar lainnya di Indonesia sehingga mereka terdorong untuk menerapkan solusi kendaraan alternatif yang sama, “ pungkas Ady Muzadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…