IFG Resmi Luncurkan Whistleblowing System, Perkuat Penerapan Tata Kelola

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 November 2022 - 09:33 WIB

Indonesia Financial Group IFG
Indonesia Financial Group IFG

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi kembali menunjukkan komitmennya dalam penguatanimplementasi tata kelola perusahaan yang baik melalui kolaborasi bersama anakperusahaan. Kali ini, IFG meluncurkan sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing system/WBS) yang dinamai “IFG Integritas”.

Resmi diluncurkan pada Rabu, 23 November 2022, IFG Integritas merupakan system pelaporan pelanggaran independen yang diprakarsai oleh fungsi Satuan kerja Audit Internal IFG (SKAI).

Sistem ini dikembangkan, berkolaborasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsim (KPK) dan dikelola secara profesional dan independen oleh PT Deloitte Advis Indonesia.

Sistem ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi stakeholder internal maupun eksternal IFG dan anak perusahaan untuk melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi di lingkungan perusahaan.

Turut hadir meresmikan peluncuran platform IFG Integritas, Wakil Ketua KomisiPemberantasan Korupsi Johanis Tanak mengatakan, “Kami mengapresiasi upaya proaktif IFG untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pencegahan tindak pidana korupsi atau pelanggaran di lingkungan perusahaan khususnya BUMN. KPK berharap bahwa hadirnya IFG Integritas dapat menjadi alat pemetaan titik rawan tindak pidana korupsi (tipikor) sehingga memungkinkan perusahaan dapat menjaga reputasi dan integritas ke depannya.”

Menyambut hal tersebut, Komisaris Utama IFG, Fauzi Ichsan menambahkan, “IFG Integritas merupakan wujud perjanjian kerja sama antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan BUMN. Penerapan WBS adalah bagian dari perkembangan dunia korporasi modern dimana transparansi, reputasi, integritas dan pengelolaan risiko yang prudent, yang didasari nilai AKHLAK BUMN sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Kami yakin bahwa penerapan WBS terintegrasi adalah bagian penting untuk kemajuan kita semua dalam mencapai cita-cita kita ke depan.”

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama IFG Robertus Billitea memaparkan, kehadiran IFG Integritas sangat penting dalam ekosistem IFG. “Jika melihat keadaan industri finansial di dunia, salah satu pemicu utama kegagalan industri dipicu oleh adanya fraud. Dalam komitmen IFG untuk menjadi grup perusahaan yang terpercaya dan prudent, kami berinisiatif untuk mendirikan sebuah sistem whistleblowing yang dinamai IFG Integritas, sebagai salah satu early warning system yang diharapkan dapat membantu dalam menjaga integritas insan IFG dan memperkuat praktik tata kelola perusahaan yang baik.”

Dalam implementasinya, IFG Integritas memungkinkan segenap karyawan IFG dan anak perusahaan, serta para pemangku kepentingan lainnya untuk turut serta mengawasi perusahaan secara proaktif, guna memastikan integritas perusahaan tetap terjaga dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.

Komitmen penguatan tata kelola melalui whistleblowing system ini sejalan dengan koridor transformasi holding beserta anak perusahaan. Sehingga terwujud proses bisnis operasional dan manajemen perusahaan yang prudent, akuntabel dan berkelanjutan. Serta diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan fundamental bisnis di industri keuangan non-bank nasional.

Kepala Divisi SKAI - IFG Yullyan Fuad mengatakan,“Jenis laporan pelanggaran yang bisa dilaporkan dalam IFG Integritas di antaranya adalah dugaan korupsi suap, gratifikasi yang belum dilaporkan, penipuan, serta pelanggaran hukum dan peraturan perusahaan lainnya. Jika karyawan mendapati adanya dugaan pelanggaran, maka mereka dapat melaporkannya melalui 7 (tujuh) saluran pelaporan terintegrasi yang dapat digunakan dalam IFG Integritas : Telepon, Email, Website, Surat, SMS, Whatsapp chat, dan Faksimile.”

Yullyan menambahkan, laporan yang masuk, baik secara anonim maupun tidak, kemudian akan dikirim oleh IFG Integritas kepada tim pelaporan pelanggaran yang telah ditunjuk, untuk kemudian segera diproses untuk ditindaklanjuti. Fleksibilitas dari sistem pelaporan ini diharapkan dapat mendorong IFG dan seluruh anak perusahaan menjadi tempat yang aman, adil dan jujur untuk bekerja.

“Implementasi sistem ini sejalan dengan penerapan value AKHLAK BUMN yang diharapkan akan mendukung implementasi tata kelola perusahaan yang baik di IFG dan anak perusahaan,” tambah Yullyan.

Direktur Utama IFG, Robertus Billitea menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada KPK atas sinergi yang baik dan dukungan serta komitmen kuat bersama untuk implementasi dan pelaksanaan platform IFG Integritas yang telah dibangun. “Saya yakin bahwa rekan-rekan IFG dan anak usaha memiliki komitmen yang kuat untuk memastikan holding dan anak – anak perusahaan terus tumbuh di atas landasan integritas yang kuat,” tutup Robertus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…