Siloam Hospital Bekasi Beri Edukasi Kenali Benjolan Payudara

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 25 November 2022 - 10:27 WIB

Edukasi benjolan payudara dari Siloam Hospital Bekasi.
Edukasi benjolan payudara dari Siloam Hospital Bekasi.

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Benjolan payudara masih menjadi momok menakutkan. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan kista, tumor, hingga kanker payudara.dokter Spesialis Bedah dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, Selasa (22/11/2022) memberikan edukasi seputar benjolan payudara, yang disiarkan melalui live Instagram dan aplikasi YouTube.

Benjolan pada organ payudara yang merupakan suatu jaringan abnormal yang tumbuh di dalam payudara dapat diketahui melalui sentuhan. Jaringan abnormal tersebut akan terasa padat atau menggumpal berisi cairan jika diraba.

Dikatakan dr. Leila Lengkong Sp.B., konsistensi benjolan  tergantung pada jenisnya dan umumnya dialami oleh para wanita namun mengacu data penelitian, benjolan juga dapat terjadi di kalangan pria.

Secara harfiah, dapat disebabkan antara lain faktor keturunan, lingkungan tempat tinggal, paparan radiasi, konsumsi makanan yang diawetkan dan lainnya.

"Gejala secara spesifik hampir tidak ada ketika proses benjolan terbentuk. Artinya, deteksi dini adalah penting karena akan diketahui setelah terlihat benjolan atau melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS ( periksa payudara klinis) yang dilakukan berkala", tutur Dokter Leila Lengkong.

Pada sesi tanya jawab dalam rangkaian edukasi, Dokter Leila, memastikan bahwasanya kista merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk akibat penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara, dan merupakan salah satu penyebab.

"Itulah salah satu penyebab utama, benjolan pada payudara dominan dimiliki perempuan karena wanita dapat memiliki lebih dari satu kista, pada satu atau kedua payudara. Dan juga benar, USG juga dapat menentukan ukuran benjolan dan lainnya", ungkap Leila Lengkong.

Sementara akan tumor jinak, yang akan cepat 'terecovery' dengan penanganan medis dan umumnya tidak berbahaya serta beberapa kasus benjolan akan menghilang dengan sendirinya.

Tindakan medis segera akan dilakukan pada benjolan berukuran besar. Hal ini mengacu akan benjolan jika makin membesar akan terasa nyeri disertai luka bahkan cairan keluar dari puting.

"Namun banyak juga tumor dengan keganasan yang sangat mungkin ber komplikasi terhadap kerusakan payudara dan berkembang menjadi kanker apabila terlambat di tangani medis", tutur Leila Lengkong mengingatkan.

Ketika benjolan telah terdiagnosis, rutin konsultasi dengan dokter akan bemanfaat seperti : mengurangi resiko komplikasi, kerusakan jaringan dan infeksi payudara akibat abses.

Selain SADARi dan SADANIS bebarapa hal lain juga mengurangi resiko terkena benjolan payudara. Seperti tidak merokok, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Menutup sesi bincang sehat singkatnya, dr Leila Lengkong Dokter spesialis Bedah di Siloam Hospital Bekasi Sepanjang Jaya. Dengan jadwal praktek yang dapat dilihat di Aplikasi MySiloam.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama saat meninjau KEK Morotai

Sabtu, 26 November 2022 - 16:00 WIB

Resmikan Falila Square, Menparekraf Sandiaga Uno Takjub Keindahan Pariwisata KEK Morotai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara langsung menghadiri Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Kawasan Benteng Van den Bosch

Sabtu, 26 November 2022 - 15:48 WIB

Siap Diresmikan, Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Benteng Pendem Kabupaten Ngawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten…

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan depan) menerima penghargaan pada malam puncak penganugerahan AMH 2022.

Sabtu, 26 November 2022 - 15:42 WIB

Telkom Terima Dua Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Anugerah Media Humas 2022

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih dua penghargaan pada bidang komunikasi di ajang Anugerah Media Humas 2022.

Bhumandala Award 2022

Sabtu, 26 November 2022 - 15:14 WIB

Raih Bhumandala Award 2022, Kementerian PUPR Tingkatkan Pemanfaatan Informasi Geospasial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menerima penghargaan dalam Bhumandala Award 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) di Hotel Borobudur,…