Jababeka Hadirkan Mako Damkar yang Kedua & Pusat Pelatihan Pemadam Kebakaran

Oleh : Ridwan | Selasa, 01 November 2022 - 18:35 WIB

Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur saat peresmian Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue yang kedua di Kawasan Industri Jababeka
Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur saat peresmian Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue yang kedua di Kawasan Industri Jababeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Setelah sukses membangun dan mengelola Kawasan Industri Jababeka, Cikarang menjadi kawasan Industri terbesar se-Asia Tenggara, PT Jababeka Tbk terus mengembangkan wilayah Kawasan Industri Jababeka yang hingga saat ini sudah mencapai fase ke-9.

Perluasan wilayah tersebut diiringi dengan hadirnya fasilitas-fasilitas agar tenant Kawasan Industri Jababeka merasa nyaman dan aman menjalankan usahanya. Salah satunya ialah menghadirkan fasilitas penyelamatan Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue di dalam kawasan Industri Jababeka 1.

Tak puas sampai di sana, baru-baru ini PT Jababeka Tbk melalui salah satu anak perusahaannya, yaitu PT Jababeka Infrastruktur menghadirkan Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue yang kedua. 

Hal itu ditandai dengan peresmian Mako Damkar & Rescue bertempat di Kawasan Industri Jababeka 6, pada Selasa (25/10) lalu.

Adapun peresmian dilakukan langsung oleh Tjahjadi Rahardja selaku Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur, ditandai dengan pemotongan pita dan potong tumpeng. 

Pemotongan pita didampingi juga oleh Agung Wicaksono selaku Managing Director PT Jababeka Infrastruktur, Mayjen (Purn.) TNI, Sumardi selaku Ketua City Council Jababeka dan dihadiri oleh jajaran manajemen PT Jababeka Infrastruktur, perwakilan dari setiap unit Jababeka dan para tenant Jababeka.

Dalam acara peresmian tersebut, tim Damkar & Rescue Jababeka juga memberikan penampilan menarik, yaitu atraksi simulasi penyelamatan saat kebakaran, mulai dari kebakaran rumah tangga, bahan kimia, hingga penyelamatan kebakaran gedung tinggi.

“Tujuan dari dibangunnya Mako Damkar & Rescue Jababeka yang ke-2 ini adalah untuk memperluas cakupan penyelamatan hingga Kawasan Industri Jababeka fase 9 yang tengah dibangun. Selain itu, fasilitas penyelamatan ini juga termasuk untuk area residensial Jababeka,” kata Agung, dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa fasilitas Damkar & Rescue Jababeka diperuntukkan bagi para perusahaan yang berada di Kawasan Industri Jababeka dan bersifat pendukung Dinas Damkar Kabupaten Bekasi. 

“Karenanya, bagi seluruh perusahaan yang butuh pelayanan Damkar & Rescue Jababeka, tim damkar Jababeka selalu siap siaga membantu,” lanjut Agung.

Tak selesai di situ, kegiatan peresmian Mako Damkar & Rescue Jababeka yang kedua sekaligus membuka fasilitas terbaru, yaitu Training Center Pembinaan Ahli K3 Kebakaran & Pelatihan Tenant. Di mana, saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Berbeda dengan fasilitas Mako Damkar & Rescue Jababeka, fasilitas Training Center Pembinaan Ahli K3 Kebakaran & Pelatihan Tenant diperuntukkan untuk umum hingga ke luar Kawasan Jababeka. Salah satu program andalan yang ditawarkan, yaitu Pelatihan Pemadaman Kebakaran bersertifikasi dan lisensi dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan, setiap perusahaan mampu menangani penyelamatan awal saat terjadi kebakaran. Sehingga, kemungkinan terjadinya kebakaran di perusahaan semakin mengecil,” harap Agung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…