Absen Kehadiran Lebih Mudah dengan Aplikasi Absen Mobile dari Mekari.com

Oleh : Hariyanto | Kamis, 29 September 2022 - 09:58 WIB

Attendance Management
Attendance Management

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Absensi mobile adalah salah satu dari penggunaan sistem absensi yang juga pastinya saat ini sudah sering terdengar penggunaannya. Terlebih lagi, saat ini sudah masuk pada era serba digital karena teknologi yang sudah berkembang sangat pesat.

Penggunaan aplikasi berbasis digital yang bisa diakses dengan sangat mudah pun menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah satunya ialah perkembangan pada metode absensi karyawan dari sebuah perusahaan yang kini telah menerapkan sistem absensi mobile.

Cara ini dipandang jauh lebih praktis serta efisien jika dibandingkan dengan melakukan absensi dengan metode manual. Penggunaan aplikasi absensi mobile ini sendiri sebenarnya baru diperkenalkan seiring dengan adanya koneksi internet yang sudah bisa dijangkau oleh setiap orang.

Ada begitu banyak kelebihan yang ditawarkan dengan penggunaan aplikasi absensi mobile, jika dibandingkan dengan metode absensi sebelumnya seperti penggunaan fingerprint atau pun mesin check lock. Apalagi, untuk saat sekarang ini koneksi internet sudah dapat dengan mudah dijangkau oleh siapa saja, baik itu dari segi harga maupun aksesnya.

Oleh sebab itu, penggunaan metode absensi mobile sendiri dinilai menjadi salah satu pilihan terbaik yang banyak diaplikasikan. Tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan, bidang pemerintahan pun kini sudah mulai menerapkan sistem absensi mobile ini. Apakah anda sudah mengenal absensi mobile? Berikut akan kami jelaskan absensi mobile dengan lebih detail untuk Anda.

Aplikasi Absensi Mobile, Apakah Itu?
Seperti yang telah Anda ketahui bahwa secara umum pengertian absen adalah merupakan suatu tanda kehadiran yang telah dikenal sejak masa sekolah dulu. Ketika metode ini digunakan di sekolah, biasanya guru akan memanggil nama siswa satu per satu.

Namun, jika hal seperti ini dilakukan pada suatu perusahaan tentu saja hal tersebut sangatlah tidak mungkin. Apalagi ketika perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak, bahkan hingga ratusan atau bahkan ribuan karyawan.

Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan dan membuat waktu menjadi lebih banyak terbuang. Padahal waktu tersebut bisa saja digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya. Oleh sebab itu, dengan digunakannya aplikasi absensi mobile ini dinilai lebih efektif dan lebih efisien karena metode yang digunakan praktis sehingga tidak memerlukan waktu yang banyak seperti metode absensi yang lain.

Karyawan hanya perlu mempunyai sambungan internet dan aplikasi absensi mobile yang telah terinstall pada perangkat ponsel. Saat karyawan perusahaan akan melakukan check in absensi pada aplikasi, maka karyawan harus sudah mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya perusahaan bisa mengetahui di mana lokasi karyawan mereka saat sedang melakukan absensi mobile.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Mobile
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan absensi mobile ini memiliki banyak sekali manfaat jika kita bandingkan ketika menggunakan absensi karyawan dengan metode lain, misalnya saja sidik jari atau check lock. Salah satu hal yang membuat penggunaan absensi mobile karyawan menjadi begitu populer adalah absensi mobile ini sangat praktis dalam penggunaannya, mudah, dan efisien sehingga berhasil menarik banyak perhatian perusahaan dan mencobanya.

Namun, keunggulan dan manfaat yang diberikan metode absensi karyawan yang satu ini tentu tidak hanya itu. Karena masih banyak lagi manfaat-manfaat dari absensi mobile yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi, apa saja keunggulan dan manfaat lain dari penggunaan metode absensi mobile ini? Berikut merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan metode absensi ini:

Penggunaan yang Lebih Fleksibel
Saat ini Indonesia memiliki begitu banyak jenis industri ataupun perusahaan yang telah berdiri. Tentu saja, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Karena keragaman ini lah yang membuat perusahaan-perusahaan tersebut pada akhirnya tidak bisa menggunakan metode absensi konvensional yang sama seperti halnya penggunaan absensi sidik jari maupun check lock. Karena tidak semua perusahaan cocok dengan penggunaan metode absensi tersebut.

Salah satu contoh, jika ada sebuah perusahaan di mana para pekerja mereka lebih banyak bekerja di lapangan dibandingkan bekerja di dalam kantor. Melihat kondisi tersebut, penggunaan metode absensi konvensional seperti halnya mesin sidik jari tentu menjadi tidak praktis, baik untuk perusahaan ataupun para karyawan mereka.

Saat metode absensi ini masih digunakan, maka karyawan tersebut harus terus pulang-pergi ke kantor hanya untuk melakukan absensi. Hal seperti ini tentu saja sangat tidak efisien dan mengganggu jam kerja para karyawan.

Padahal bisa saja pada saat perjalanan pulang dan pergi itu, karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan pekerjaan mereka yang lain. Selain tidak efisien dan juga membuang waktu karyawan, lambat laun hal tersebut dapat mengganggu produktivitas perusahaan. Hal ini akan berbeda ketika perusahaan menggunakan sebuah metode absensi melalui mobile yang akan jauh lebih praktis.

Para karyawan perusahaan yang memiliki pekerjaan di lapangan bisa melakukan absensi dari mana saja dan kapan saja selama karyawan memiliki aplikasi absensi pada ponsel mereka dan terhubung dengan koneksi internet yang baik.

Dengan absensi melalui mobile ini, juga akan memfasilitasi kebutuhan kerja yang jauh lebih fleksibel. Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 berlangsung ada begitu banyak perusahaan yang mengambil jalan untuk melakukan WFH alias sistem kerja di rumah ataupun WFA (Work From Anywhere) alias sistem kerja dari mana saja.

Tentu jika perusahaan mengambil langkah untuk menggunakan metode absensi secara konvensional, hal tersebut akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan kerja. Apalagi dalam sistem kerja saat ini banyak dilakukan di luar kantor.

Dapat Menghemat Anggaran Perusahaan ataupun Lembaga
Metode absensi melalui mobile ini tidak membutuhkan suatu perangkat maupun pemasangan yang dilakukan mandiri oleh perusahaan. Misalnya saja mesin sidik jari atau check lock, kedua hal ini butuh sebuah mesin agar dapat digunakan. Padahal, dengan memasang sebuah perangkat mesin atau pun melakukan instalasi tentu saja masuk dalam satu paket, di mana dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini membuat perusahaan harus menyiapkan anggaran lebih sehingga mencapai jutaan rupiah. Apalagi saat perusahaan ingin menggunakan sistem sidik jari atau check lock dalam jumlah yang besar.

Tidak hanya menyiapkan biaya untuk membeli perangkat mesinnya, tapi perusahaan juga harus mempersiapkan dana tambahan untuk biaya perawatan mesin. Ini akan sangat berbeda ketika perusahaan menggunakan metode absensi mobile. Perusahaan hanya butuh melakukan pendaftaran dan mengunduh aplikasi absensi tersebut pada ponsel atau laptop dan juga tablet yang digunakan.

Melakukan absensi online ini juga akan sangat memudahkan para karyawan perusahaan yang pekerjaannya berada di lapangan atau bekerja dari jarak jauh jika dibandingkan dengan pada saat perusahaan menggunakan metode absensi konvensional seperti mesin sidik jari. Tidak hanya penggunaannya yang memiliki efisiensi rendah, tetapi metode tersebut juga memerlukan anggaran biaya yang jauh lebih besar dan perawatan yang tidak murah.

Data Lebih Akurat
Mungkin sebagian orang khususnya pekerja yang telah mengetahui bahwa daftar hadir kerja ini dapat mempengaruhi perhitungan gaji bersih dan juga hak karyawan. Tentunya hal ini menjadi sangat penting. Dan, penggunaan metode absensi mobile dianggap memudahkan perusahaan khususnya staff HR dimana mereka memiliki tanggung jawab untuk melakukan perhitungan serta rekap data daftar hadir.

Dengan penggunaan sistem absensi mobile ini, perhitungan pada daftar hadir karyawan perusahaan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Perhitungan pun akan lebih akurat karena menggunakan teknologi yang melakukan perhitungan secara otomatis. Hal ini tentu sangat berbeda ketika perusahaan tetap metode absensi secara manual.

Di mana staf HR harus melakukan perhitungan ulang, dan tentu saja hal tersebut lebih berisiko menimbulkan data yang tidak akurat. Dengan bantuan teknologi absensi melalui mobile ini, sistem akan membuat data masuk langsung tersinkronisasi dengan otomatis pada data lainnya sehingga perhitungan yang dilakukan bisa lebih mudah.

Memantau Karyawan dengan Real Time
Seperti yang telah dijelaskan bahwa penggunaan metode absensi melalui mobile ini akan secara otomatis terhubung dengan koneksi internet. Hal ini tentu memudahkan sebuah perusahaan dalam melakukan pemantauan data karyawan mereka secara real time.

Karena keutamamaan ini membuat pekerjaan dari staf HR perusahaan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Bahkan tidak hanya itu saja, setiap data yang berasal dari absensi ini bisa langsung disimpan lalu dilakukan pembaruan secara otomatis melalui sistem cloud. Hal tersebut menjamin keamanan data setiap karyawan perusahaan

Sistem Keamanan Ganda dalam Absensi Mobile
Saat menggunakan sistem absensi konvensional apalagi manual, bukan hal yang tidak mungkin risiko terjadinya kecurangan absensi dapat terjadi. Oleh sebab itu, metode absensi melalui mobile ini jadi satu langkah yang bisa diambil oleh perusahaan untuk mencegah adanya kecurangan daftar hadir karyawan perusahaan.

Sistem absensi melalui mobile ini juga dilengkapi dengan teknologi GPS dan juga biometrik. Sehingga sistem ini memiliki keamanan ganda untuk mencegah kecurangan dapat terjadi.
Cara penggunaan sistem absensi melalui mobile ini juga sangat mudah karena karyawan perusahaan hanya perlu verifikasi kehadiran pada suatu titik yang telah digabungkan dengan foto.

Oleh karena itu lah karyawan perusahaan tidak bisa melakukan manipulasi pada data, karena setiap data yang masuk pada sistem akan langsung terenkripsi dan tersimpan secara aman.
Demikianlah penjelasan mengenai sistem absensi mobile. Sehingga dapat disimpulkan secara sederhana, sistem absensi mobile merupakan suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh karyawan perusahaan melalui perangkat ponsel mereka secara langsung ataupun melalui laptop dengan cara check in juga menggunakan GPS.

Dengan menggunakan sistem absensi mobile ini, operasional kerja yang dilakukan staff HR bisa lebih jauh mudah, cepat serta efisien, tanpa membuang banyak waktu. Untuk memudahkan pengerjaan dari rekap data tiap karyawan, perusahaan bisa menggunakan penambahan tools digital lainnya. Salah satu aplikasi yang  direkomendasikan banyak perusahaan adalah aplikasi absensi mobile dari mekari.com.

Bukan tanpa alasan jika penggunaan aplikasi absensi online mekari.com ini banyak direkomendasikan perusahaan karena fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini sangat lengkap. Selain itu penggunaan sistem absensi satu ini juga sangat mudah. Sehingga bagi perusahaan yang baru saja mencoba untuk mulai menggunakan sistem absensi mobile sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi absensi dari mekari.com.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…