AMMAN Dukung Kreativitas Generasi Muda untuk Dorong Transisi Energi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 01 September 2022 - 20:11 WIB

Energy Transition Youth Forum (ETYF) side events rangkaian Forum G20 Indonesia.
Energy Transition Youth Forum (ETYF) side events rangkaian Forum G20 Indonesia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menjadi salah satu pendukung Energy Transition Youth Forum (ETYF), side events rangkaian forum G20 Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Acara ini diselenggarakan untuk memberikan ruang bagi generasi muda di berbagai negara G20 untuk menyampaikan aspirasi terkait transisi energi, untuk disampaikan secara resmi kepada Energy Transitions Working Group (ETWG). 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dr. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang begitu besar, mencapai 3.700 Giga Watt, dalam berbagai variasi dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. “Dalam upaya mengolah potensi ini, dibutuhkan generasi masa depan yang dapat melakukan berbagai inovasi serta terobosan sehingga dapat kita terapkan dengan baik. Kami berharap melalui kegiatan semacam ini, para generasi muda yang berpartisipasi di dalam forum ini dapat mengomunikasikan pentingnya dilakukan transisi energi dalam jaringannya masing-masing, agar bisa menghadirkan energi yang jauh lebih bersih dan terjangkau untuk masyarakat di masa yang akan datang,” kata Dadan.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), Rachmat Makkasau, yang turut membuka acara tersebut menyatakan bahwa generasi muda sangat kaya akan informasi dan kreativitas. “Generasi muda ini dapat memunculkan berbagai ide dan inovasi proyek untuk transisi energi bersih yang efektif, efisien, dan dapat direplikasi, sehingga gerakan ini bisa menjadi semakin masif. Hal ini sejalan dengan visi AMMAN, yaitu menjadi organisasi transformatif dalam usaha menciptakan warisan terbaik. Dengan mendukung para generasi masa depan ini, AMMAN meyakini bahwa bersama-sama kita dapat membuat bumi yang lestari bagi generasi yang akan datang,” kata Rachmat melalui keterangan tertulisnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, pada Kamis (1/9/2022).

Sebagai perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, AMMAN juga telah memulai transisi energi. Salah satunya adalah dengan membangun fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar PV) berkapasitas 28.6 Megawatt peak. Pembangkit listrik ini merupakan fasilitas ground-mounted Solar PV terbesar di Indonesia hingga saat ini, yang digunakan untuk operasional pertambangan. Tak hanya itu, AMMAN juga akan memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga gas, sumber energi yang lebih bersih dengan emisi karbon yang lebih rendah, dengan kapasitas 450 MW. 

Acara Energy Transition Youth Forum (ETYF) ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian ESDM, Sustainable Energy For Indonesia’s Advancing Resilience (SINAR) – USAID, New Energy Nexus Indonesia (NEX) dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN). Dalam ETYF, generasi muda di bawah usia 25 tahun juga ditantang untuk berkompetisi menyampaikan ide dan prototipe energi bersih, di mana pemenang berkesempatan untuk mengimplementasikan ide tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senin, 26 September 2022 - 19:48 WIB

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari? Cobalah Hitung dengan Metode Ini

Jakarta– Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama" dan kata ini dipilih karena alasan yang bagus.

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…