Low Marketing Budget Dengan Memaksimalkan Social Media Marketing (SMM) Sebagai Strategi Pemasaran Digital Bagi Entrepreneur Pemula UMKM

Oleh : Dwi Damawanti | Jumat, 19 Agustus 2022 - 09:04 WIB

Dwi Damawanti
Dwi Damawanti

INDUSTRY.co.id - Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak bermunculan entrepreneur yang membangun bisnis rintisan berskala mikr, kecil maupun menengah (UMKM). Kondisi ini membuat persaingan bisnis menjadi semakin sengit, UMKM baru maupun yang sudah berjalan harus bersaing untuk dapat masuk dan bertahan di market dalam jangka panjang.

Untuk itu sangat penting bagi entrepreneur untuk memiliki strategi pemasaran (SP) yang mumpuni. Jika SP direncanakan dan dilakukan dengan benar, terstruktur serta tepat sasaran dapat menjamin kelangsungan hidup bisnis. Tanpa strategi yang baik, bisnis sebagus apapun sudah bisa dipastikan tidak akan mampu bertahan lama di market.

Namun banyak enterpreneur pemula yang menganggap SP bukan sesuatu yang penting dan cenderung memasarkan produk/jasanya ke market secara langsung tanpa strategi apapun. Mereka berpendapat bahwa menjual itu perkara mudah, hanya perlu membuat produk/jasa layanan dan dijual secara online maupun offline ke konsumen dan voila! produk/jasa layanan tersebut pasti ada yang beli.

Tidak semudah itu, Ferguso! Kenyataannya berjualanpun perlu strategi dan perencanaan agar bisnis dapat bertumbuh dan berkembang sesuai harapan. Hal ini ditambah dengan realitas bahwa UMKM biasanya memiliki anggaran terbatas atau bahkan zero budget untuk aktivitas marketingnya. Disini entrepreneur harus pintar memilah dan memilih SP yang sesuai dengan jenis usaha, sesuai target konsumennya dan juga low budget namun tetap dapat memberikan hasil imbal balik yang menguntungkan, serta mampu mempertahankan bisnis dalam jangka panjang.

Sebelum membahas SP, ada satu hal yang yang perlu dilakukan, yaitu mengetahui siapa target konsumen bisnis Anda. Strategi apa pun tidak akan menghasilkan apa-apa jika Anda bahkan tidak tahu market mana yang akan ditargetkan untuk komunikasi pemasaran Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami target market terlebih dahulu sebelum beralih ke strategi bisnis lainnya.

Semakin detail profil target konsumen akan semakin baik, karena informasi ini akan menjadi dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat yang dapat memberikan hasil maksimal. Pertama, observasi market & survey konsumen untuk mencari tahu segmen konsumen utama bisnis Anda.

Kedua, lakukan review market untuk menemukan cara menggaet konsumen baru. Misalnya mentargetkan jenis konsumen yang benar-benar berbeda dari segmen konsumen saat ini, lakukan micro-targeting pada sub-konsumen yang selama ini belum terjangkau bisnis Anda atau mentargetkan konsumen dari kompetitor Anda.

Bagaimana dengan strategi pemasarannya? Dari banyaknya pilihan strategi pemasaran yang ada, sosial media marketing (SMM) dapat menjadi alternatif pilihan. SMM merupakan salah satu bentuk digital marketing yang fokusnya menciptakan konten marketing melalui kanal sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan sebagainya.

Beberapa kelebihan SMM, yaitu memungkinkan brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk/jasanya dari berbagai aspek yang berbeda, memberikan pengalaman berbelanja serta berinteraksi yang menyenangkan, nyaman dan mudah bagi konsumen.  Mengutip dari jurnal.id, SMM merupakan strategi yang paling fleksibel dan efektif untuk meningkatkan konversi penjualan, memberikan akses lebih luas dan terbuka pada enterpreneur untuk memasuki market dan menumbuh bisnis pada market baru.

Menurut data dari datareportal.com, total pengguna sosial media di Indonesia pada januari 2022 sebesar 191 juta orang atau setara dengan 68.9% dari total populasi penduduk Indonesia. Selain itu biaya pemasaran dengan SMM relatif lebih rendah atau bahkan zero-cost dibandingkan dengan biaya pemasaran konvensional seperti berpromosi melalui TV, Billboard, dan sebagainya.

Inilah alasan tambahan kenapa SMM merupakan pilihan yang tepat bagi entrepreneur dengan low-budget marketing. Walaupun SMM strategi lumayan hemat biaya, namun metode ini menuntut cost dalam bentuk non-materi, yaitu waktu, tenaga komitment dan kreatifitas Anda. Jika tidak memiliki anggaran pemasaran ataupun dedicated marketing/sales team, Anda harus bersedia memberikan waktu dan usaha terbaik untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas Anda. Anda juga dituntut memiliki komitmen kuat untuk membangun hubungan dengan konsumen secara konsisten.

Berikut ini 6 strategi yang dapat diterapkan dalam strategi pemasaran sosial media bagi UMKM:

• Value strategy. Tentukan brand value proposition (VP). Menurut Investopedia.com, VP merujuk pada nilai ekonomi yang dijanjikan brand untuk diberikan pada konsumen jika konsumen membeli produk/jasanya. Dengan memiliki VP yang jelas akan memudahkan dalam membangun message dan menulis konten promosi maupun komunikasi Anda. Tanpa VP, konsumen akan kesulitan menemukan value atau nilai pada brand Anda. VP harus dikomunikasikan secara konsisten diseluruh kanal sosial media yang Anda gunakan. Sebagai contoh VP,  startup Kopi Kenangan mencetuskan VP “More for less” yang menekankan konsep hypervalue dimana konsumen mendapat lebih banyak dengan membayar lebih rendah.

• Channel strategy. Tentukan sosial media platform yang sesuai dengan target segmen bisnis Anda. Masing-masing kanal memiliki karakterisktik pengguna, tipe interaksi dan ekspektasi responses yang bervariasi sehingga menyesuaikan konten dengan sosial media platformnya sangatlah penting. Misalnya jika target konsumen adalah anak-anak muda, maka Instagram dapat menjadi pilihan utama. Facebook atau Youtube dapat menjadi pilihan yang tepat jika tipe konsumennya lebih umum.

• Content Strategy. Buat konten yang menarik, bermanfaat dan berkualitas sekaligus menginspirasi konsumen untuk mengetahui lebih banyak tentang produk dan bisnis Anda. Konten yang berkualitas mampu meng-entertain atau membantu menyelesaikan problem/kebutuhan konsumen. Kebanyakan konten yang memiliki value dan berkualitas tidak akan dianggap spammy oleh konsumen. Keep up dengan current trends dalam membuat konten, seperti promosi konten yang relevan dengan trend yang sedang berlangsung. Anda dapat mempromosikan produk dengan tema khusus dan menjual hanya pada waktu tersebut, misalnya Valentine’s Day, hari raya keagamaan, dan lain-lain.

• Regular posting strategy. Dengan memposting konten secara rutin akan membuat konsumen kembali dan menanti-nantikan informasi terbaru dari Anda. Ini membantu meningkatkan brand awareness dan exposure kepada audiens. Pastikan untuk membuat topik konten yang bervariasi, artinya tidak memposting konten dengan pesan yang sama setiap waktu. Namun jangan juga spammy di newsfeed audiens. Menurut Michael Chen dalam bukunya “The Art of Pemasaran: Innovative Strategies for Entrepreneurs, Startups and eCommerce”, melakukan metode spacing-out reposting schedule yaitu memposting 1 topik dengan jeda waktu terjadwal akan lebih efektif, misalnya: pertama kali posting - hari berikutnya - minggu berikutnya - bulan berikutnya – setelah 6 bulan, dan seterusnya.

• Engagement strategy. Terlibat secara aktif dan engage personally dengan audiens. Taktik ini memberikan kesan yang lebih mendalam dan pribadi kepada konsumen. Mereka dapat merasakan bahwa Anda memiliki empati dan kepedulian terhadap masalah dan kebutuhan mereka. Apapun yang Anda posting usahakan agar memberi kesempatan konsumen untuk berinteraksi. Engagement jika dilakukan dengan baik akan memunculkan kepercayaan dan loyalitas audiens terhadap brand, sehingga mendorong mereka untuk mau memberikan rekomendasi (word-of-mouth) produk/jasa Anda kepada teman serta keluarga lainnya.

• SEO (Search Engine Optimisation) strategy. Belajarlah memahami cara kerja dan tujuan SEO karena dalam pemasaran digital, SEO dapat membantu meningkatkan traffic pada website Anda. Jika dapat memaksimalkan SEO, website Anda akan lebih sering muncul di halaman search engine seperti Google. Salah satu cara untuk optimasi SEO adalah dengan optimasi penggunakan kata-kata (keywords) dalam postingan konten. Akan tetapi jangan juga membuat konten hanya demi SEO tinggi saja, karena hal ini dapat menurunkan kepercayaan dan penilaian terhadap konten Anda. Fokuslah membuat konten berkualitas dan sematkan keywords optimasi yang sesuai dengan topik konten. Usahakan melakukannya dengan seimbang agar hasilnya maksimal.

Perlu diingat bahwa seluruh strategi yang disebutkan di atas merupakan strategi jangka panjang dan berkelanjutan (ongoing). Semakin lama dan konsisten dalam melakukannya, hasilnya akan semakin baik untuk membangun brand dan bisnis Anda. Strategi ini berfokus menarik minat konsumen potensial secara alami dan organik tanpa mengiklankan produk secara langsung (soft selling). Ini strategi tentang membuat orang menemukan produk dan bisnis Anda dengan kemauan mereka sendiri.

Mengutip petuah dari Gary Vaynerchuk, siapapun dapat memiliki ide-ide strategi terbaik tetapi jika tidak dieksekusi ide itu tidak akan membawa hasil apapun. Temukan cara untuk mewujudkan ide-ide Anda, tidak harus menunggu ide yang sempurna untuk dieksekusi karena yang terpenting adalah melakukannya. Tulisan ini diharapkan dapat membantu memberikan actionable SMM strategies bagi para entrepreneur, khususnya para pemula bisnis UMKM.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.