Perbaiki Marketing Start-Up Anda Agar Menarik Tidak Hanya Bagi Pelanggan, Tetapi Juga Bagi Investor!

Oleh : Febby Yani Ruchyat | Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:03 WIB

Febby Yani Ruchyat
Febby Yani Ruchyat

INDUSTRY.co.id - Marketing merupakan salah satu faktor terpenting di dalam sebuah bisnis. Sebuah perusahaan tidak akan dapat menjual atau menyediakan produk dan jasa mereka secara optimal kepada customer tanpa bantuan marketing. Akan tetapi, sering kali marketing dikaitkan dengan pengeluaran dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, marketing harus mengaplikasikan strategi-strategi tertentu agar proses pengenalan produk kepada masyarakat berlangsung secara efektif dan efisien. 

Sebelum terjun lebih dalam ke dalam marketing start-up, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu apa itu start-up. Start-up atau dalam bahasa harfiah merupakan perusahaan rintisan, adalah istilah yang berkaitan dengan suatu perusahaan yang sedang merintis bisnisnya dalam periode waktu yang belum lama. Perusahaan-perusahaan start-up sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam jenjang penelitian dan pengembangan ide dengan adaptasi tehnologi yang mumpuni untuk menemukan target pasar yang tepat.
Start-up’s Marketing Strategy for Customer
Customer merupakan salah satu major point agar perusahaan bisa sustain. Pada paragraph ini akan dibahas marketing strategi yang cocok bagi perusahaan start-up untuk menarik Pelanggan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa start-up erat kaitannya dengan tekhnologi.
1. Digital Marketing 
Di masa modern kali ini salah satu strategi paling penting dan efektif adalah dengan mengoptimalkan penggunaan IOT atau internet of things. Maka dari itu hal ini berkaitan dengan digital marketing. Digital marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan social media untuk memasarkan produk dan service melalui media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik target pasar yang cocok. Dengan metode ini, perusahaan juga dapat meminimalisir biaya pengiklanan sebuah produk atau jasa.
Digital marketing terdiri dari beberapa point penting seperti:  
• pembentukan brand
• penggunaan social media sebagai marketing platform
• trends adjustment
• specialise digital marketing strategy
2. Ekslusif Beta 
Eksklusif Beta merupakan salah satu strategi marketing yang menargetkan potential customer. Dalam kiat ini, ekslusif beta menawarkan beberapa keuntungan spesial dan menarik terbatas hanya kepada beberapa pengguna atau pembeli awal dari sebuah produk atau jasa. Dengan penawaran ini, potential customer akan berlomba-lomba mendapatkan promo agar dapat memperoleh keuntungan dari perusahaan. Dengan mengundang potential customer, strategi ini dapat menyebarkan juga word of mouth dan membuat produk lebih dikenal di pasaran.
3. First in First out (Referral Program) 
Strategi ketiga yang cukup ampuh untuk menarik pelanggan maupun calon pelanggan adalah referral program atau biasa disebut first in first out. Dalam strategi ini perusahaan mendorong Pelanggan untuk mengajak pelanggan baru lainnya bergabung atau menggunakan produk atau jasa dengan imbalan tertentu. Dalam arti kata, konsumen disini berperan penting dalam proses pemasaran suatu produk. Perusahaan dapat memberikan imbalan pada pelanggan yang berkontribusi dengan memberikan insentif, maupun reward terkait dengan jumlah target yang tercapai.
Start-up’s Marketing Strategy for Investor
Seringkali perusahaan memfokuskan visi dan misi mereka hanya terhadap pencapaian target market dan customer, akan tetapi, khususnya untuk perusahaan start-up, pencarian investor merupakan salah satu hal penting untuk pendanaan dan perkembangan perusahaan. Berikut merupakan beberapa strategi efektif untuk menarik agar investor menanamkan dananya di start-up Anda!
1. Good Pitching Presentation 
Presentasi pitching merupakan salah satu poin utama dalam menarik perhatian para investor. Anda wajib membuat sebuah presentasi mengenai perusahaan Anda secara garis besar. Tidak hanya menjelaskan keuntungan yang didapat dari menanamkan uang di perusahaan, akan tetapi Anda juga harus menjelaskan strategijalan keluar yang akan perusahaan lakukan apabila bisnis tidak berjalan dengan lancar. Semua ini harus dijelaskan secara singkat dan jelas dalam sebuah presentasi dengan durasi tidak lebih dari 7 menit.
2. Staregi relasi umum untuk mendapatkan exposure maksimal oleh investor 
Selain itu, perusahaan juga harus memiliki strategi dalam relasi umum agar mendapat exposure yang cukup besar dan dapat menarik para investor. Beberapa cara dapat dilakukan agar mendapatkan exposure yang tepat diantaranya dengan menghadiri beberapa events terkait dengan pitch investor. Bisa dengan mengikuti kompetisi untuk mendapatkan modal sehingga perusahaan Anda dapat menyampaikan stratefi dan konsep bisnis kepada para calon investor di wadah yang tepat.
3. Memahami kebutuhan investor 
Salah satu hal terpenting adalah dengan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh investor. Memperkerjakan beberapa profesional di bidangnya dapat menunjukkan seberapa serius perusahaan Anda dalam menjalankan bisnis. Selain itu, pendataan performa bisnis dan juga perkembangan perusahaan harus dijabarkan secara rinci kepada investor dengan maksud untuk memenuhi apa yang diinginkan investor. Profit merupakaan alasan utama mengapa para investor menanamkan modalnya di start-up Anda. Buat mereka mengerti bagaimana perusahaan Anda berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi keinginan investor dan dapat bertahan di dalam industri dalam jangka waktu yang lama.
 
Oleh: Febby Yani Ruchyat, B.Acc., B.Sc.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:57 WIB

Presiden Jokowi Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu, 5 Oktober 2022, untuk melihat kondisi…

Watsons B16 Anniversary Salebration

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:50 WIB

Gelar B16 Anniversary Selebration, Watsons Berikan Kejutan Diskon 60% Hingga Liburan Gratis

Memperingati hari ulang tahun ke-16, PT. Duta Intidaya Tbk (Watsons Indonesia) menghadirkan serangkaian kemeriahan kampanye Watsons B16 Anniversary Salebration.

Maritsen Darvita, VP of Marketing Bank Neo di acara Bali Pharmacy Festival 2022.

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:47 WIB

Bank Neo Commerce dan Ikatan Apoteker Indonesia Bersinergi Berikan Edukasi Literasi Keuangan

BNC turut mendukung rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022 sebagai salah satu sponsor yang hadir untuk memberikan edukasi finansial dan berbagai informasi program menarik lainnya.

Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar/ foto: jatengprov.go.id

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:01 WIB

Keren! Ini Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar

Klaten – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo benar-benar peduli dengan produk lokal. Beras Srinuk yang merupakan produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten pun, pernah dipedulikan Ganjar dengan…

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan membuka secara simbolis pada acara Pelatihan 3 in 1 SDM Industri Perkapalan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:00 WIB

Gelar Pelatihan 3 in 1, Kemenperin Siap Ciptakan SDM Kompeten Industri Perkapalan

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan SDM terampil dan kompeten guna mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing industri perkapalan nasional.