Menanti Kejutan Lain, Setelah FS Tersangka

Oleh : Rommy Edward Pryambada | Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:02 WIB

Rommy Edward Pryambada
Rommy Edward Pryambada

INDUSTRY.co.id - Kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sudah menemui titik terang seiring pengakuan terbaru Bharada E yang mengungkap perintah atasan dan keterlibatan orang lain dalam kasus di rumah dinas bekas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polri pun telah dimintai oleh Presiden Joko Widodo untuk dapat menuntaskan kasus ini secara terang benderang agar marwah kepolisian tidak semakin menurun di mata masyarakat.

Langkah tegas Kapolri Listyo Sigit dengan menetapkan mantan Kadiv Propam Irjen Pol FS serta langsung beliau sendiri yang mengumumkan ke publik sudah sepatutnya diapresiasi. Ketegasan yang diambil oleh Kapolri menepis keraguan yang berkembang di beberapa kelompok masyarakat yang sebelumnya menyangsikan kasus ini akan ditangani secara serius.

Penetapan tersangka Irjen Pol FS menjadi salah satu indikator bahwa Polri bersungguh-sungguh melaksanakan marwahnya sebagai suatu institusi penegak hukum yang tidak pandang bulu dalam menjalankan fungsinya.

Momentum ini dapat menjadi langkah tepat agenda-agenda Polri yang termuat di dalam 16 poin program prioritas Kapolri Listyo Sigit yang dikenal dengan Polri PRESISI yaitu Polri yang Prediktif, Responbilitas, Transparansi, dan Berkeadilan.

Proses hukum masih berlangsung, kita masih menunggu apakah masih ada “kejutan-kejutan” lain terkait kasus ini namun yang terpenting adalah bagaimana kita memberikan dukungan terhadap institusi Polri serta tidak lupa juga memberikan kritik-kritik yang solutif terhadap program-program serta agenda yang ada.

Oleh : Rommy Edward Pryambada, SS, M.IKom, CCPS, CRP - Security Practitioner

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…