Promosikan Wisata Indonesia dan Dukung UMKM Lokal, Tour of Kemala Digelar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Agustus 2022 - 17:49 WIB

Tour of Kemala Digelar
Tour of Kemala Digelar

INDUSTRY.co.id - Belitung – Yayasan Kemala Bhayangkari lekat dengan pengabdiannya bagi masyarakat Indonesia. Dipimpin oleh Juliati Sigit Prabowo pada tahun ini Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) memiliki misi untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat paska tahun yang penuh tantangan selama pandemi yang lalu. 

Untuk itu, YKB mempersembahkan Tour of Kemala, kompetisi sepeda bertaraf internasional yang diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan serta dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia. 

Didukung penuh oleh Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Tour of Kemala akan diadakan pertama kali di Belitung pada bulan September 2022 dan diawali dengan sederet kegiatan bakti sosial bagi warga masyarakat Belitung juga sesi Test Ride bersama komunitas sepeda pada 29 Juli 2022.

Juliati Sigit Prabowo, Ketua Umum Bhayangkari sekaligus Ketua Pembina YKB mengatakan bahwa momen ini adalah saat tepat bagi YKB berbakti pada masyarakat, dimana masyarakat membutuhkan banyak dukungan untuk bangkit kembali paska cobaan berat pandemi. 

"Tour of Kemala, kompetisi sepeda bertaraf internasional kami hadirkan pertama kali di Belitung dengan mengusung tema ‘Bersinergi untuk Negeri’, tidak hanya untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, namun juga tujuan lebih luas yakni menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul. Harapan kami sangat besar, Tour of Kemala dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor, tidak hanya bagi pecinta olahraga sepeda, namun juga masyarakat Belitung.” kata Julianti.

Winny Agung Budi Maryoto, Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala menuturkan, Tour of Kemala dirancang hadir dengan standar internasional yang sepenuhnya mendapatkan dukungan PB ISSI dan dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia maupun global. 

"Kami memberikan perhatian penuh demi kesuksesan Tour of Kemala yang memiliki sederet rangkaian dari awal hingga akhir, seperti Test Ride, Mini Road gowes bareng di beberapa kota, serta didukung penyebaran informasi digital yang akan melibatkan audience media sosial sehingga dapat turut serta mempromosikan kegiatan ini secara intensif," kata Winny.

Tepat pada tanggal 29 Juli 2022, Test Ride Tour of Kemala diadakan sebagai selebrasi awal untuk membangkitkan semangat warga Belitung, menyatukan para pegiat olahraga sepeda dari beberapa komunitas sepeda nasional seperti untuk melakukan tes rute dan pemanasan sebelum acara puncak pada September.  

“Kami sangat mengapresiasi semangat Kemala Bhayangkari untuk menyelenggarakan Tour of Kemala dan memberikan dukungan 100% demi kesuksesan kompetisi sepeda ini," kata Wakil Sekjen PB ISSI, Adex Yudiswan. SH. SiK., Msi.

Nantinya akan terdapat dua kategori yakni Bicycle Race 125km untuk peserta profesional nasional dan internasional, serta Bicylce Tour 56km yang dapat diikuti peserta non profesional dengan melakukan pendaftaran melalui website tourofkemala yang akan resmi dibuka pada 3 Agustus 2022. Untuk itu kami melakukan sesi test ride demi persiapan maksimal bagi seluruh peserta yang akan hadir dan meramaikan Tour of Kemala Belitung," ungkapnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Pre-Event Tour of Kemala pada akhir Juli 2022, dengan sederet acara bakti sosial yang lekat dengan karakter YKB di berbagai titik lokasi, seperti operasi katarak, khitan masal, bantuan kelengkapan furnitur dan peralatan makan Panti Asuhan, vaksinasi, pengobatan gratis, pemberian makanan bergizi bagi keluarga anak penderita stunting dan pembagian sembako hingga peresmian MCK dan pemberian bubung kepiting untuk warga Juru Seberang.

“Perjalanan menuju agenda utama Tour of Kemala akan didampingi sederet agenda kegiatan positif seperti Mini Road gowes bareng di beberapa kota, serta didukung penyebaran informasi digital yang akan melibatkan audience media social. Kami optimis dan menjalaninya dengan penuh semangat, demi mewujudkan tujuan utama Bersinergi untuk Negeri,” tutup Winny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.